Peluang Usaha

Hobi Nulis? Tulis dan Jual E-book Anda

Hobi Nulis? Tulis dan Jual E-book Anda – Jika anda memiliki hobi menulis, ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Menulis bisa menjadi pekerjaan utama atau pekerjaan sampingan anda. Banyak hobi yang bisa mendatangkan uang bagi kita tergantung pada cara kita mengelolanya dan menulis adalah salah satunya. Anda bisa menjadi jurnalis, penulis lepas dan banyak sekali pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan.

Anda dapat berbagi pengetahuan dengan orang lain melalui menulis. Anda juga bisa mendapatkan pasive income dengan tulisan yang anda buat. Anda mungkin telah berpikir untuk mengarang sebuah buku, namun untuk menjadi penulis yang bukunya diterbitkan oleh penerbit bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor yang menjadi penilaian penerbit hingga buku anda layak untuk diterbitkan.

Anda juga bisa memilih dengan menerbitkan buku anda sendiri. Ada banyak pihak yang menerima untuk mencetakkan buku anda dan menerbitkannya, namun anda perlu cukup modal untuk melakukannya. Salah satu cara yang bisa anda lakukan secara gratis adalah dengan memanfaatkan internet. Anda bisa mulai menulis dan menjual buku dalam bentuk e-book.

Diluar sana ada banyak program affiliasi yang menawarkan komisi menarik jika anda membantu menjual e-book tersebut, akan tetapi banyak keunggulan jika anda menulis ebook sendiri. Anda akan merasa lebih puas ketika e-book anda terjual dan orang senang untuk membacanya. Anda juga bisa menulis topik apapun yang anda sukai tanpa ada tekanan dari pihak lain.

Menjual e-book sendiri di internet dapat menghemat pengeluaran anda. Berbeda dengan buku cetak, e-book tidak membutuhkan biaya untuk mencetak buku. Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memproduksinya. Anda hanya memerlukan topik dan bahasan yang menarik bagi pembaca. Anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini untuk memulai bisnis jual beli e-book anda:

  1. Carilah ide mengenai jenis e-book yang akan dijual

Anda bisa memilih ide yang anda kuasai atau paling tidak anda sukai. Menulis topik yang anda kuasai atau sukai akan lebih mudah dibandingkan jika anda tidak banyak mengetahui informasi mengenai topik tersebut. Pengetahuan yang anda simpan bisa anda tuangkan dengan mudah kedalam e-book. Jika anda tidak menyukai topik tertentu, anda akan kesulitan menulis bahkan anda bisa kesulitan mencari bahan yang diperlukan.

Anda juga perlu menyesuaikan apa yang anda kuasai dan topik yang banyak menarik bagi orang lain. Cobalah mencari topik yang sedang trend di masyarakat. Biasanya buku tentang bisnis dan motivasi banyak dicari oleh orang.

  1. Mulailah mengumpulkan informasi dan data yang anda butuhkan

Jika anda telah menemukan topik yang sesuai, langkah selanjutnya anda perlu mengumpulkan informasi dan berbagai data yang anda butuhkan untuk menyusun e-book. Anda bisa mencari banyak informasi melalui internet serta berbagai media lain seperti buku, majalah dan sebagainya. Ada ribuan website di internet yang bisa membantu anda dalam menyediakan informasi yang anda butuhkan. Anda juga bisa mencari narasumber yang ahli didalam bidangnya untuk mendapatkan data dan informasi yang tepat.

  1. Tulis dan buat buku anda

Langkah ketiga jika anda telah mendapatkan informasi yang dibutuhkan maka anda harus mulai menulis. Buatlah tulisan yang menarik untuk dibaca. Jika anda memiliki hobi dan passion menulis tentu ini bukanlah hal yang sulit. Anda mungkin telah banyak memiliki pengalaman menulis sebelumnya. Desain sampul juga menjadi hal yang perlu anda perhatikan. Banyak orang yang menilai kualitas buku dari sampul yang menarik. Jika anda tidak mahir dalam desain grafis anda bisa memanfaatkan jasa desain untuk membuat sampul yang bagus.

  1. Mulai menjual e-book

Anda bisa memanfaatkan internet untuk melakukan penjualan e-book. Anda bisa membuat website sendiri untuk menjual produk anda ini atau memanfaatkan platform jual beli e-book seperti Lulu atau PayDotCom. Forum jual beli seperti kaskus juga bisa anda gunakan.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: