Bisnis Online

Ingat Fitur Ini Wajib Ada Di Toko Online Anda

Ingat Fitur Ini Wajib Ada Di Toko Online Anda – Perkembangan teknologi komunikasi saat ini sangat pesat. Internet saat ini kegunaanya sudah bukan sebagai pemenuhan kebutuhan tersier saja, namun sudah hampir menjadi kebutuhan sekunder. Hal ini karena hampir seluruh komponen penunjang kehidupan sehari-hari berhubungan dengan internet. Ini juga yang membuat pengguna internet selalu memburu kemudahan.

Mau tidak mau kita harus ikut dalam era touch in action ini. Tujuannya tentu agar terhindar dari ketinggalan informasi. Dengan berkembangnya internet sebenarnya tidak selalu memiliki dampak yang buruk saja. Beberapa diantaranya, internet juga memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan memperoleh barang sampai jasa.

Online shop atau toko online adalah salah satu perwujudan nyata dampak pemenuhan kebutuhan melalui internet yang sudah sangat menjamur saaat ini. Online shop adalah toko online yang menjual barang-barang fisik sampai jasa. Barang-barang fisik ini juga beragam mulai dari pakaian hingga alat elektronik. Internet dipilih dalam salah strategi penjualan karena cara ini dianggap paling cepat dalam penyampaian informasi kepada calon konsumen.

Selain koneksi internet yang kuat, fitur di dalam website online shop yang kita miliki juga harus menunjang. Ini manfaatnya agar para pengunjung meras betah ‘berselancar’ di toko online yang kita miliki. Setidaknya ada 10 fitur penting yang harus anda miliki di toko online anda. Apa saja fitur tersebut? Ini dia.

  1. List katalog produk dan tampilan – dalam toko online barang yang kita jual hendaknya memiliki tampilan dan penyusunan yang rapi. Tujuannya agar pengunjung mudah dalam mengamati produk yang kita tawarkan. Ketika pelanggan yang mengunjugi toko online kita masuk dalam toko, maka ia akan mudah menemukan barang yang dibutuhkan dan ketika ia melihat list barang yang tersusun rapi dengan tampilan yang indah tidak menutup kemungkinan membuat pelanggan tertarik membeli barang yang lainnya.
  2. Fitur pencarian produk – Kolom pencarian adalah fitur kedua yang harus ada. Ini juga tujuannya untuk memudahkan pembeli menemukan barang yang ia cari. Ini akan sangat membantu ketika toko online anda sudah memiliki banyak produk yang di display. Letakkan barang dengan kata kunci yang mudah ditemukan.
  3. Fitur shoping chart – Fitur ini manfaatnya untuk meningkatkan konversi pada sebuah website toko online. Gunakan fitur chart yang simple dan mudah digunakan.
  4. Fitur widget testimonial – Toko online dijalankan dengan prinsip kepercayaan oleh pembeli dan penjual. Hal ini dikarenakan toko online tidak memiliki tempat fisik yang bisa dikunjungi, walaupun beberapa diantaranya memang ada. Oleh karenanya untuk meningkatkan kepercayaan pembeli, widget testimonial ini perlu di sediakan.
  5. Cara membayar – Toko online harus menyediakan cara pengiriman. Ini juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada toko online yang kita miliki.
  6. Fitur cek ongkir (ongkos kirim) – Dalam bisnis toko online, agar barang bisa sampai ditangan konsumen tentu dengan menggunakan jasa pengiriman. Sediakan fitur cek biaya jasa pengiriman atau ongkos kirim. Ini akan memudahkan pelanggan dalam mengkalkulasikan seluruh pengeluaran diluar harga barang yang dibeli. Ini juga akan membantu penjual jika ada pembeli yang sewaktu-waktu menanyakan ongkos kirim.
  7. Privasi dan chekout toko online yang aman – Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa prinsip kerja toko online adalah kepercayaan. Jika pelanggan sudah percaya dan mau membeli barang di toko online yang kita miliki maka kita juga harus bisa menjaga privasi mereka. Gunakan SSL atau web yang sudah terverifikasi aman untuk menjaga data privasi pelanggan yang masuk di website kita.
  8. Jaringan sosial – Karena prinsip kerja secara online, maka semua hal memang harus memadai dalam bidang online. Dalam hal promosi misalnya, kita juga harus merambah bidang online. Sediakan fitur jaringan sosial agar memudahkan komunitas mengetahui produk yang kita tawarkan.
  9. Kolom artikel terkait – Untuk menunjang kegiatan promosi toko online yang kita miliki, sediakan artikel yang diminati oleh pembaca. Sesuaikan atikel dengan produk yang kita jual. Sehingga ketika pembeli membutuhkan informasi seputar barang tersebut selain kita menyediakan infomasinya, juga meyediakan barangnya.
  10. Info kontak – Fitur yang terakhir, pajang kontak yang bisa dihubungi. Usahakan yang bisa fast respon sehingga pelanggan merasa mudah menghubungi kita ketika tertarik dengan produk yang kita jual
Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: