Tips

Ingin Artikel Anda Dapat Banyak Share? Ikuti 4 Tips Ini

share-artikel

Artikel yang banyak di-share dari blog atau website tentu akan sangat menguntungkan. Sebab, dengan semakin banyak artikel yang di-share maka akan membuat peluang Anda untuk mendapatkan feedback semakin terbuka lebar. Namun untuk membuat artikel bisa dibagikan atau di-share oleh banyak orang ini tidaklah mudah. Sebab, ada beberapa usaha yang perlu Anda lakukan untuk bisa membuat artikel di-share banyak orang. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk tujuan tersebut.

  1. Gunakan Judul yang Membuat Penasaran

Pertama, tips agar artikel mendapat banyak share adalah dengan menggunakan judul yang membuat penasaran orang lain. Keberadaan judul memang sangat penting. Sebab judul adalah hal pertama yang akan dilihat, dibaca dan di-share orang. Jika judul sudah terlihat tidak menarik maka orang pun akan malas untuk membagi artikel Anda. Alih-alih membagi (men-share) artikel Anda, dengan judul yang buruk, orang pun akan malas membacanya. Jadi begitu pentingnya judul, Anda harus memikirkan dengan baik saat membuatnya. Buatlah judul semenarik mungkin dan juga bisa membuat orang penasaran untuk meneruskan membaca dan membagi artikel tersebut. Trik membuat judul yang menarik orang lain untuk meneruskan membaca dan membaginya ini disebut trik clickbait. Namun agar tak dianggap lebay maka Anda harus bisa membuat judul menarik dan membuat penasaran ini dengan tetap mempertahankan kesesuaian dengan isi.

  1. Lengkapi dengan Visual yang Menarik

Agar membuat orang lebih betah membaca artikel dan kemudian membaginya maka Anda bisa menampilkan visualisasi dalam artikel. Wujud visualisasi dalam artikel sendiri bisa berupa gambar atau video. Dengan adanya tambahan gambar atau video sebagai perwujudan visualisasi maka Anda akan bisa membuat pembaca lebih betah membaca. Dan saat membaca diakhir artikel, para pembaca tadi akan lebih tertarik untuk membaginya ke media lain. Lebih besarnya peluang pembaca untuk melakukan share pada artikel bervisualisasi ini dikarenakan manusia yang lebih tertarik dengan konten visual. Tapi agar konten visual yang Anda hadirkan tidak membuat pembaca menjadi tidak respect, maka Anda harus bisa menampilkan gambar atau video yang sesuai dengan isi artikel. Jangan lupa juga pastikan Anda untuk menampilkan gambar ata video yang menarik untuk dilihat.

  1. Buat Tulisan yang Panjang

Berikutnya, tips untuk bisa mendapatkan share yang banyak pada artikel yang kita buat adalah dengan membuat tulisan yang panjang. Tulisan panjang memang akan lebih menarik untuk dibaca dan dibagikan. Sementara itu tulisan pendek akan terkesan seperti bukan seperti artikel. Selain itu konten atau artikel yang pendek juga mengesankan sesuatu yang tidak serius. Sebab namanya artikel tentu butuhk beberapa paragraf yang bisa menjelaskan sesuatu. Artikel dengan tulisan yang panjang juga memberi kesan bahwa Anda memiliki banyak ide yang ingin disampaikan. Sebaliknya artikel yang pendek akan dipandang oleh pembaca bahwa Anda tidak punya banyak ide untuk dibagi. Namun meski pembaca lebih suka membagi artikel dengan tulisan panjang, tapi jangan lupakan untuk membuat konten yang benar-benar mendalam atau tidak hanya asal tulis.

  1. Artikel Harus Bermanfaat

Terakhir, tips untuk membuat artikel mendapatkan banyak share adalah menghadirkan artikel yang bermanfaat. Ini memang inti dari cara untuk bisa mendapatkan share. Sebab bila pun artikel Anda sudah memiliki judul yang membuat penasaran, tulisan panjang dan dilengkapi visualisasi tapi isinya tidak bermanfaat maka hal ini akan sia-sia saja. Sebab bila artikel sudah dianggap tidak bermanfaat maka pembaca tidak akan memiliki ketertarikan untuk membagi ke media lain. Maka dari itu pastikan Anda untuk membuat artikel yang bermanfaat bila ingin artikel Anda di-share banyak orang. Artikel bermanfaat ini juga jangan subjektif atau hanya ditinjau berdasarkan keyakinan Anda saja. Tapi artikel bermanfaat ini haruslah ditinjau berdasarkan keyakinan orang banyak. Jadi sebelum membuat artikel, cobalah untuk memandang secara umum atau general pada permasalahan di masyarakat. Setelah itu barulah Anda buatkan solusinya dengan sebuah konten artikel. Dari sinilah maka Anda sudah bisa membuat atau menghadirkan konten atau artikel bermanfaat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top