Lainnya

Ingin Batalkan Niat Karyawan Resign? Lakukan 6 Cara Ini

 

antisipasi-karyawan-resign

Karyawan memang punya hak untuk berhenti atau resign dengan alasan apapun bila sudah tak terikat kontrak kerja. Mungkin Anda sebagai pengusaha akan membiarkan dan merasa biasa saja bila yang resign adalah karyawan yang tidak bisa diandalkan. Tapi bila ada karyawan yang akan resign ini adalah pekerja terbaik Anda, tentu hal ini akan membuat Anda gelisah. Pekerja terbaik di perusahaan memang sudah seharusnya dipertahankan selama mungkin. Tapi bila kemudian mereka berencana mengajukan resgin, hal ini tentu akan membuat Anda cemas. Namun Anda jangan khawatir kalau memang karyawan terbaik akan resign, Anda bisa mencegahnya dengan melakukan 7 hal ini.

  1. Peka Terhadap Tanda atau Gerak-gerik Karyawan

Pertama, cara untuk bisa mencegah atau membatalkan niat karyawan resign adalah dengan peka terhadap tanda atau gerak-gerik karyawan. Cara pertama ini adalah hal paling awal yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengantisipasi karyawan terbaik resign. Umumnya, karyawan yang akan resign memang akan menunjukkan gerak-gerik tertentu seperti performa yang berbeda, pergaulan yang berbeda dan lainnya. Jadi bila seorang karyawan memiliki tingkah laku yang berbeda dari biasanya, bisa jadi itu adalah tanda dirinya berencana untuk resign. Nah ketika Anda terus mengamati gerak-gerik karyawan maka Anda akan bisa sedini mungkin mengantisipasi keinginan karyawan untuk resign.

  1. Buka Percakapan yang Menyenangkan

Setelah Anda mengetahui keinginan karyawan yang ingin resign dari gerak-geriknya, maka langkah selanjutnya Anda harus mengajaknya berbicara empat mata. Saat mencoba mengajak bicara, buka obrolan dengan hal-hal yang menyenangkan terlebih dahulu. Ketika karyawan sudah nyaman dengan obrolan pertama Anda maka Anda bisa melanjutkan topik pembicaraan dengan tema masa depan karir karyawan di perusahaan. Supaya bisa mencegah karyawan untuk mengurungkan niatnya resign, Anda memang harus bisa berbicara dengan mengambil sisi karyawan.

  1. Ungkapkan Kesenangan Anda atas Kinerja Karyawan Selama Ini

Selain membuka percakapan yang menyenangkan, untuk bisa meluluhkan hati karyawan ini Anda juga bisa mengungkapkan rasa senang Anda atas kinerjanya selama ini. Jadi ungkapkan saja bahwa Anda dan perusahaan sangat terkesan dengan performa karyawan selama ini dan sangat senang dengan kehadirkannya di perusahaan. Dengan adanya ungkapan ini maka Anda akan bisa membuat karyawan jadi lebih dihargai. Dan ketika karyawan sudah merasa dihargai maka hati mereka akan menjadi luluh.

  1. Cobalah Saling Terbuka Satu Sama Lain

Berikutnya, hal yang harus Anda lakukan untuk bisa membatalkan niat karyawan resign adalah dengan coba saling terbuka satu sama lain. Saat sudah mulai membicarakan karir karyawan maka cobalah untuk terbuka satu sama lain. Jadi jangan hanya ingin mendengarkan apa yang dikeluhkan karyawan sehingga mereka ingin resign, tapi Anda sebagai pemimpin juga perlu terbuka. Apalagi bila keinginan karyawan untuk resign ini disebabkan oleh keadaan yang terjadi di perusahaan Anda, maka Anda sebagai owner wajib untuk memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya. Jangan ada yang ditutup-tutupi tentang apapun bila karyawan memang membutuhkan informasi yang jelas.

  1. Berikan Jalan Keluar dan Juga Kepercayaan

Selanjutnya, Anda yang ingin membuat karyawan terbaik membatalkan niatnya resign adalah mencarikan jalan keluar dan juga memberikannya kepercayaan. Setelah saling terbuka dalam pembicaraan dan mengetahui masalahnya maka Anda harus bisa memberikan jalan keluar yang terbaik bagi karyawan supaya mengurungkan niatnya resign. Selain itu Anda sebagai pemimpin perusahaan juga harus memberikan kepercayaan pada karyawan tersebut. Jangan biarkan karyawan hanya mendapatkan jalan keluar tanpa ada kepercayaan dari Anda. Kepercayaan memang hal yang penting untuk karyawan agar mereka mau terus bekerja di perusahaan Anda.

  1. Tawarkan Kontrak Kerja Baru

Terakhir, cara untuk mencegah dan membatalkan niat karyawan untuk resign adalah dengan menawarkan kontrak kerja baru. Setelah terjadi kesepakatan dan keyakinan karyawan untuk kembali lagi bekerja maka jangan tunda-tunda lagi untuk menawarkan kontrak kerja baru. Memberikan atau menawarkan kontrak kerja baru ini juga akan berguna buat karyawan yang masih memiliki niat untuk resign. Tentu kontrak kerja baru ini harus dibarengi dengan apa-apa yang diharapkan karyawan setelah Anda setujui.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top