Peluang Usaha

Ingin Berbisnis Kue Kering Jelang Lebaran? Simak 6 Tips Menjalankan Usaha Ini dengan Menguntungkan

Saat ini, peluang bisnis di bidang kuliner sangat menjanjikan dan memiliki potensi serta keuntungan yang cukup besar. Salah satu bisnis kuliner yang cukup menjanjikan adalah bisnis kue kering. Bisnis kue kering ini memang memiliki potensi yang cukup besar, mengingat permintaan konsumen yang selalu tinggi. Apalagi, memasuki masa bulan puasa hingga menjelang lebaran. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha kue kering yang menguntungkan, maka Anda bisa menyimak beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum dan saat memulai usaha kue kering menjelang lebaran berikut ini.

  1. Memilih Jenis Kue Kering yang Akan Dijual

Sebelum memulai bisnis kue kering, sebaiknya Anda harus memiliki jenis atau macam-macam kue kering yang akan dibuat atau yang akan dijual. Dalam memilih kue kering, Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan, tren makanan kue kering yang sedang laku dipasaran, mudah atau sulitnya resep adonan kue kering, hingga harga yang terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa membuat kue kering dengan variasi baru. Dengan membuat kue kering yang variasinya baru, tentu hal ini menjadi nilai plus bagi produk kue kering Anda.

  1. Menciptakan Sesuatu yang Unik dan Baru

Saat ini, sudah banyak jenis makanan kue kering dengan menyuguhkan rasa, bentuk dan tampilan yang sama, serta tidak memiliki ciri khas tertentu. Hal seperti ini, tentu membuat banyak orang menjadi bosan karena tampilan dan rasa kue yang sama dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, buatlah kue kering dengan menciptakan sesuatu yang baru. Misalnya tampilan yang berbeda, rasa dan terobosan resep baru dengan rasa yang lebih enak, unik dan menarik. Anda bisa membuat kue kering yang unik dan menarik untuk pasar tententu, seperti kue kering untuk penderita diabetes atau pelaku diet yang ingin memakan kue kering tanpa gula berlebih. Dengan memiliki produk yang unik, maka kue kering Anda akan selalu dicari oleh para penikmat kue kering.

  1. Menampilkan Tampilan Kue Kering yang Menarik

Meskipun, Anda membuat kue kering yang biasa saja. Namun jika Anda menambahkan tampilan yang menarik, maka akan membuat kue kering buatan Anda menjadi lebih terlihat lebih mahal dibandingkan kue kering lainnya. Misalnya, menambahkan tampilan kemasan yang lucu dan menarik atau mengubah bentuk kue menjadi suatu yang terlihat artistik. Dengan tampilan yang unik, maka akan menarik minat para konsumen untuk membeli  kue kering Anda.

  1. Memperhatikan Masa Kadaluwarsa Produk Kue Kering

Makanan kue kering, seperti cupcake dan kue kering lainnya memang mempunyai masa kadaluwarsa. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui kapan batas kadaluwarsa setiap kue kering yang akan Anda jual dan yang akan Anda buat. Selain itu, pastikan Anda juga membuat label atau mencantumkan tanggal batas kadaluwarsa dari setiap produk kue kering yang Anda jual. Hal ini penting dilakukan, agar tidak merugikan kedua belah pihak antara Anda sebagai pebisnis dengan para konsumen.

  1. Membidik Pasar

Jika Anda masih seorang pemula dalam berbisnis kue kering, maka sebaiknya bidiklah pasar yang berada di sekitar Anda terlebih dahulu. Anda bisa memulainya dari teman, tetangga ataupun warga di sekitar rumah Anda. Tawarkan produk kue kering Anda kepada mereka, dengan memberikan sedikit semple kue kering untuk dicicipi di suatu event seperti reuni atau pengajian. Jika mereka menyukai produk kue kering Anda, tentu mereka akan membeli produk Anda. Bahkan, mereka akan sukarela membantu Anda untuk mempromosikan produk kue kering kepada orang lain secara gratis.

  1. Aktif Memasarkan Produk Melalui Media Sosial

Media sosial, kini menjadi tren penjualan produk yang banyak disukai masyarakat. Hal ini, terbukti dengan bermunculannya para pengusaha yang sukses berjualan melalui media sosial. Dengan memasarkan produk melalui media sosial, maka Anda bisa mempromosikan produk kue kering dengan jaringan cepat dan luas. Sehingga, banyak orang yang mengetahui produk kue kering yang Anda jual.

Biasanya, bisnis kue kering bersifat musiman. Namun, jika Anda pintar membidik pasar maka bisa saja bisnis kue kering Anda menjadi bisnis sepanjang musim. Semoga dengan membaca 6 tips menjalankan bisnis kue kering ini, usaha Anda berjalan dengan sukses dan lancar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: