Lainnya

Ingin Bertahan Selalu di Pekerjaan Pertama? Lakukan 5 Hal Ini

bertahan-di-pekerjaan-pertama

Saat awal mula mendapatkan pekerjaan pertama seringkali kita merasa senang tak terkira. Namun seiring perjalanan, perasaaan gembira tersebut perlahan menghilang dan berganti dengan rasa gelisah karena merasa bosan ingin mencoba petualangan di perusahaan lain. Perasaan yang berkecamuk tersebut akan berdampak buruk bila Anda menurutinya dan ternyata Anda tidak mendapatkan hal diinginkan di perusahaan baru. Nah maka dari itu ketika Anda ingin pindah pekerjaan maka sebaiknya Anda memikirkan dengan baik apa yang akan Anda putuskan. Apalagi memang bila Anda memang sudah merasa nyaman bekerja di perusahaan pertama, maka sebaiknya Anda berpikir seribu kali untuk pindah perusahaan. Nah agar Anda bisa tetap bertahan di pekerjaan pertama maka ada beberapa hal yang harus dilakukan.

  1. Bergaul dan Bersosialisasilah dengan Baik

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan untuk bisa bertahan di pekerjaan pertama adalah dengan bersosialisasi dengan baik. Tak jarang memang hal yang membuat pekerja tidak betah di kantor dan kemudian memutuskan resign adalah karena sosialisasi yang buruk. Ketika seorang pekerja tidak bisa bersosialisasi dengan baik maka memang membuat mereka tidak memiliki kawan dan akhirnya memunculkan perasaan tidak betah. Saat perasaan tidak betah di kantor ini sudah muncul maka akan sulit bagi pekerja untuk bertahan. Maka dari itu Anda yang ingin tetap bertahan di pekerjaan pertama Anda lakukanlah sosialisasi yang baik dengan membuka diri serta berteman dengan semua rekan kerja dan juga semua orang di kantor.

  1. Bekerjalah dengan Baik dan Buatlah Prestasi

Hal lain yang sering membuat pekerja tidak betah di kantor adalah kinerja yang buruk. Ketika Anda membuat kinerja yang buruk di kantor maka Anda akan tidak disukai oleh bos. Saat bos tidak menyukai kinerja Anda, maka jajaran pimpinan perusahaan akan merasa malas untuk mempertahankan Anda. Dan bukan tidak mungkin saat bos ini sudah tidak menyukai kinerja Anda maka mereka akan berusaha membuat Anda tidak betah untuk segera meninggalkan kantor. Tapi sebaliknya bila Anda bekerja dengan baik dan juga membuat prestasi, maka bos dan pemimpin perusahaan akan senang. Jika para bos ini sudah menyukai pekerjaan Anda, maka mereka akan berusaha untuk terus membuat Anda supaya betah dan bertahan. Dengan demikian maka saat Anda merasakan kehangatan dari para bos, keinginan untuk resign pun akan menjauh.

  1. Lekas Naikkan Karir Anda

Bila Anda memiliki karir yang bagus di kantor maka otomatis jabatan Anda juga akan cepat naik. Lalu apa hubungannya dengan bertahan di pekerjaan pertama? Tentu saja jika karir Anda bagus dan cepat naik maka Anda akans semakin mendapatkan kebahagiaan dan kenyamanan. Meski tidak semua kebahagiaan bisa diukur dengan jabatan, tapi sebagian besar dan pada umumnya, saat jabatan naik maka akan ada hal menguntungkan nan menyenangkan yang bisa didapatkan. Saat karir cepat naik, hal ini juga akan membuat Anda akan menyayangkan bila melepasnya. Dari sini maka keinginan untuk resign dan berpindah ke perusahaan lain akan berkurang.

  1. Jangan Melihat Lagi Lowongan Lain

Selanjutnya, untuk bertahan di pekerjaan pertama, Anda juga harus berjanji untuk tidak lagi melirik lowongan pekerjaan lain. Adanya lowongan pekerjaan lain memang bisa jadi penyebab dan pemicu seorang pekerja jadi memikirkan untuk resign. Hal ini dikarenakan pada lowongan pekerjaan bisa jadi ada beberapa hal seperti gaji yang membuat pekerja tertarik dan akhirnya memikirkan resign. Jadi bila Anda ingin bertahan di pekerjaan pertama maka hindarilah melihat lowongan pekerjaan lain.

  1. Jangan Tanggapi Ajakan Resign

Terakhir, hal yang harus Anda lakukan untuk bisa bertahan di pekerjaan pertama adalah dengan tidak menanggapi ajakan resign. Beberapa teman atau rekan sekerja di kantor memang tak jarang bergosip dan juga mengajak atau membujuk untuk resign. Nah bila Anda bertemu dengan teman yang seperti ini maka Anda harus segera menghindar. Bila pun Anda tak bisa menghindari maka segala bujukan atau ajakan resign dari mereka, tidak perlu Anda tanggapi.

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top