Tips

Ingin Buka Stand di Bazar? Terapkan Tips dan Trik Berikut Ini

buka-stand-bazar

Salah satu strategi pemasaran atau marketing yang bisa dijalankan seorang pengusaha adalah dengan membuka stand di bazar. Kegiatan bazar yang seringkali diadakan oleh beberapa pihak memang terbilang mumpuni untuk sarana promosi dan penjualan. Apalagi bila bazar yang digelar merupakan kegiatan penting dan ramai pengunjung. Namun karena dalam bazar ini pastinya ada beberapa kompetitor yang ikut membuka stand, maka Anda harus berjuang lebih keras untuk bisa memaksimalkan penjualan. Nah berikut ini ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan untuk membuat stand Anda sukses dalam sebuah bazar.

  1. Lakukan Survei Lapangan

Tips dan trik pertama yang harus Anda lakukan untuk mensukseskan stand Anda di bazar adalah dengan melakukan survei lapangan. Jadi di sini sebelum Anda memutuskan untuk membuka stand, Anda harus mendatangi dulu lokasi bazar dan melihat bagaimana potensinya. Jika memang potensi dan prospeknya bagus, maka lanjutkan dengan mensurvei lokasi stand yang akan Anda jadikan tempat berjualan. Pastikan Anda mendapatkan tempat yang strategis agar stand banyak dikunjungi pembeli. Namun untuk mendapatkan lokasi stand yang strategis, biasanya Anda diharuskan untuk membayar harga yang lebih besar. Nah dari sini Anda juga harus menyesuaikan dengan budget atau anggaran marketing Anda.

  1. Kenali Penyelenggaranya

Tips yang juga tak boleh dilupakan adalah mengenali siapa penyelenggaranya. Penyelenggara atau Event Organizer (EO) memang sangat mempengaruhi bagaimana prospek dan potensi sebuah bazar. Coba cari dan telusuri treck record dari EO tersebut dalam menyelenggarakan bazar. Jika memang EO sangat berpengalaman dalam menyelenggarakan bazar, maka Anda bisa mengikutinya. Tapi ingat juga anggaran yang Anda miliki. Pasalnya EO yang berkualitas dan sudah punya pengalaman baik dalam sebuah penyelenggaraan bazar biasanya akan mematok tarif yang cukup mahal.

  1. Dekor Stand Anda

Jika sudah deal dengan EO, maka saatnya menjalankan tips yang ketiga yakni mendekor stand. Ya, agar bisa menarik pembeli datang, Anda memang harus mendekorasi stand semenarik mungkin. Selain mendekor stand dengan menarik, Anda juga tak boleh melupakan display produk. Pastikan Anda mendisplay produk dengan rapi dan tepat sesuai dengan kelompok atau golongannya. Supaya tidak membosankan, pastikan display produk ini Anda ganti setiap 3 hari sekali atau 5 hari sekali.

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Selanjutnya, tips dan trik untuk sukes membuka stand di bazar adalah dengan memberikan pelayanan terbaik. Jadi ketika ada pengunjung yang datang ke stand, pastikan Anda melayaninya dengan baik dan ramah. Walau mereka hanya datang untuk melihat-lihat saja, pastikan Anda tetap melayaninya dengan baik. Sebab dengan pelayanan yang baik dan ramah maka para pengunjung Anda jadi senang. Dan bukan tidak mungkin, pengunjung yang awalnya ingin melihat-lihat saja kemudian akan membeli produk Anda entah itu pada saat itu atau di esok harinya. Dalam hal melayani konsumen sendiri Anda tak harus terus mengikuti atau menguntit mereka. Sebab bila Anda terus mengikuti pengunjung saat berada di stand, mereka juga akan merasa risih dan tidak nyaman. Jadi layani saja sewajarnya. Jangan lupa juga berikan senyuman yang manis ya saat ada pengunjung yang datang ke stand Anda.

  1. Sebarkan Informasi Identitas Anda

Terakhir, tips dan trik membuka stand di bazar adalah dengan membagikan identitas Anda kepada para pengunjung. Bazar yang sifatnya tidak permanen atau berjangkan waktu tertentu memang membuat Anda harus melakukan hal ini. Jadi stand Anda di bazar hanya bersifat sementara dan akan kembali nantinya ke toko semula. Maka dari itu untuk mengenalkan bisnis Anda untuk jangka panjang, maka Anda harus menyebarkan identitas Anda kepada para pengunjung dan pembeli yang datang. Identitas yang paling memungkinkan untuk Anda sebar adalah kartu nama. Tapi memberikan hal lain seperti brosur juga bisa saja Anda lakukan. Dengan menyebarkan identitas Anda kepada pengunjung, maka Anda akan bisa menghubungkan bisnis Anda dalam waktu yang lebih lama (jangka panjang).

Itulah beberapa tips dan trik untuk Anda yang akan membuka stand di bazar. Dengan menjalankan beberapa tips dan trik tersebut maka Anda akan lebih berpeluang untuk bisa sukses mendapatkan pengunjung dan pembeli yang banyak. Tapi ada satu syarat agar tujuan tersebut tercapai yakni Anda harus menerapkannya dengan serius dan sungguh-sungguh.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top