Tips

Ingin Dapatkan Karyawan Terbaik? Jangan Lupa Terapkan 5 Cara Berikut Ini

cara_dapatkan_karyawan_terbaik

Bagi pebisnis, memiliki karyawan yang bekerja dengan baik adalah sebuah dambaan. Hal ini karena dengan mempunyai karyawan terbaik akan membuat entrepreneur memiliki peluang untuk membuat bisnisnya cepat bertumbuh. Namun untuk bisa mendapatkan karyawan terbaik ini tidaklah mudah. Pasalnya, ada beberapa usaha dan pekerjaan yang harus Anda lakukan. Karena karyawan terbaik ini juga merupakan aset penting bagi bisnis dan perusahaan, maka sudah seharusnya Anda tak perlu ragu lagi untuk melakukan usaha. Lalu bentuk usaha apa saja yang bisa Anda lakukan sebagai seorang pebisnis untuk bisa mendapatkan karyawan terbaik? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Pilih CV dan Resume Terbaik

Pertama, cara yang bisa Anda jalankan sebagai pebisnis untuk memperoleh karyawan terbaik adalah dengan memilih CV dan resume terbaik. Saat membuka rekrutmen tentu persyaratan melampirkan resume dan CV sudah harus menjadi hal umum yang perlu Anda cantumkan. Nah nantinya dari persyaratan tersebut Anda akan mendapatkan beberapa CV dan resume dari para pelamar kerja. Selanjutnya, untuk mendapatkan karyawan terbaik, maka Anda harus memilih resume dan CV yang paling terbaik dari yang baik. Resume dan CV terbaik sendiri bisa dikenali dari studi yang tinggi dan juga pengalaman kerja yang mumpuni. Resume dan CV terbaik sendiri memang belum menjamin 100% mencerminkan pelamar tersebut akan bekerja dengan baik. Maka dari itu Anda harus melanjutkan usaha Anda ke cara lainnya di nomor-nomor di bawah ini.

  1. Jalankan Tes Tulis

Setelah menyeleksi dan memilih resume dan CV terbaik, maka usaha selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghadirkan tes tulis. Untuk memperoleh karyawan yang mempunyai wawasan serta pengetahuan luas maka tes tulis memang akan jadi solusinya. Selain akan mendapatkan karyawan yang memiliki wawasan luas, dengan tes tulis ini juga Anda akan bisa melihat bagaimana sikap mereka akan bekerja. Sebab tes tulis ini sama artinya Anda memberikan pekerjaan dalam bentuk soal kepada para calon karyawan. Namun agar usaha ini membuahkan hasil optimal maka Anda harus membuat soal tes tulis yang sesuai dengan bidang bisnis Anda.

  1. Lakukan Psikotes

Agar Anda bisa mengetahui sifat dan karakter para calon karyawan, tes psikologi atau psikotes akan menjadi cara selanjutnya yang harus dilakukan. Meski saat ini sudah banyak bocoran soal psikotes di pasaran, Anda tetap tak boleh menyepelekannya. Anda hanya perlu membuat soal atau jenis psikotes terbaru yang belum ada di pasaran. Dengan cara ini maka Anda akan bisa benar-benar mendapatkan karyawan terbaik dengan sifat dan karakter yang mumpuni. Bila Anda tidak bisa membuat psikotes yang baru dan yang belum ada di pasaran, maka Anda bisa bekerjasama dengan lembaga psikologi ternama di kota Anda.

  1. Lakukan Wawancara

Berikutnya, usaha dan langkah yang dapat Anda lakukan untuk bisa memperoleh karyawan terbaik adalah dengan melakukan wawancara. Jadi bila seorang pelamar sudah melewati beberapa hal di atas, maka wawancara akan menjadi cara Anda untuk mengetahui kepribadian mereka. Dengan melakukan wawancara maka Anda akan bisa mendapatkan banyak hal dari seorang pelamar seperti informasi diri, sifat dan karaketer dan juga wawasan mereka. Beberapa hal ini tentu bisa diperoleh jika Anda memang mengajukan pertanyaan yang sesuai pada pelamar. Sama seperti psikotes yang sudah banyak diulas, pertanyaan wawancara juga sudah banyak yang menghadirkan jawabannya. Nah untuk menghindari Anda mendapatkan karyawan yang salah karena pertanyaan wawancara yang sudah umum, maka hadirkan pertanyaan lain yang berbeda dari biasanya.

  1. Berikan Tantangan atau Tes Praktik

Terakhir, cara untuk bisa mendapatkan karyawan terbaik adalah dengan memberikan tantangan atau tes praktik. Bila pekerjaan yang Anda berikan memungkinkan untuk diberikan tes maka cobalah untuk menghadirkan tes praktik. Tes praktik mengerjakan pekerjaan yang dilamar ini tentu akan menjadi sesuatu yang paling nyata bagi Anda untuk melakukan penilaian. Pasalanya dari tes inilah Anda bisa membayangkan bagaimana kualitas yang dapat dijalankan karyawan Anda nantinya. Tapi meski memiliki gambaran yang nyata, Anda tidak boleh mendasarkan penilaian perekrutan hanya pada tes praktik ini. Tapi Anda juga harus melihat penilaian dari cara-cara lain yang telah disebutkan sebelumnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top