Tips

Ingin Dipercaya Atasan di Kantor? Begini Langkah dan Caranya!

dipercaya-atasan

Menjadi karyawan yang disukai dan dipercaya di kantor memang akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Sebab tidak semua karyawan bisa mendapatkan kepercayaan dari atasan. Nah dari sinilah Anda yang sedang bekerja di perusahaan, membuat atasan percaya pada Anda adalah sesuatu yang perlu Anda perjuangkan. Dengan mendapatkan kepercayaan dari atasan sendiri banyak hal yang bisa Anda peroleh. Salah satu hal penting yang bisa Anda peroleh adalah karir yang berpeluang untuk terus maju. Tapi untuk bisa dipercaya oleh atasan ini, Anda tidak bisa berdiam diri saja. Anda harus berjuang meraih simpati dan kepercayaan dari atasan. Tapi ingat ya, jangan melakukan usaha yang curang seperti cari muka untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari atasan. Nah, berikut ini adalah beberapa cara tepat dan baik yang bisa Anda jalankan untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari atasan.

  1. Bahas Pekerjaan Bersama

Pertama, cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari atasan adalah dengan membahas pekerjaan secara bersama-sama. Atasan memang sangat senang bila menemukan orang yang bisa diajak membahas pekerjaan bersama secara serius. Pandangan atau visi atasan yang ingin memajukan usaha dianggap jadi lebih berarti bila ada yang mau membantunya. Nah bila Anda ingin menjadi orang yang berarti tersebut, pastikan Anda bisa diajak untuk membahas pekerjaan bersama dengan serius. Ketika membahas pekerjaan bersama dengan atasan pastikan Anda memang sudah sangat serius dengan pekerjaan dan karir yang Anda ambil. Hal ini penting bagi Anda karena bisa membuat Anda melakukan cara ini dengan setulus hati. Dengan melakukan cara ini setulus hati, Anda memang akan bisa meraih hasil yang terbaik dari cara pertama ini. Sebab, bila Anda hanya setengah hati dan bertujuan cari kesempatan saja ketika mencalankan cara ini, tentu atasan akan segera tahu dan bahwa Anda tidak tulus.

  1. Ciptakan Tujuan yang Jelas dan Masuk Akal

Setelah Anda bisa membuat atasan membahas pekerjaan secara bersama, maka langkah berikutnya yang harus Anda jalankan adalah menciptakan tujuan yang jelas dan masuk akal. Saat berdiskusi dengan atasan mengenai pekerjaan atau perusahaan maka Anda harus mengkomunikasikan bagaimana cara Anda mencapai tujuan. Sampaikan cara yang akan Anda jalankan ini dengan jelas dan masuk akal. Atasan memang sangat menyukai karyawan yang bisa memberikan solusi dan juga pandangan tentang apa yang terbaik untuk perusahaan di masa depan. Nah bila Anda bisa melakukan langkah kedua ini dengan baik, kepercayaan dari atasan akan segera datang.

  1. Berinisiatiflah

Atasan memang sangat menyukai karyawan yang memiliki inisiatif. Tentu saja inisiatif yang dilakukan karyawan ini bisa saja setelah melalui persetujuan dari atasan. Inisiatif memang menjadi cara untuk bisa membuat pekerjaan cepat selesai dan perusahaan jadi lebih cepat bertumbuh. Jadi apapun yang Anda rasa memang baik untuk pekerjaan dan perusahaan, taka salahnya untuk berinisiatif dengan langsung mengerjakannya. Bila pun Anda masih ragu untuk langsung mengerjakannya, Anda tak perlu sungkan untuk mendiskusikannya dengan atasan. Dari inisiatif yang sering Anda jalankan, maka atasan akan cepat menaruh kepercayaannya pada Anda.

  1. Kreatiflah

Selain sering berinisiatif, atasan juga sangat menyukai dengan pekerja atau karyawan yang kreatif. Di tengah persaingan bisnis yang ketat dan kebuntuan cara untuk mengatasi persaingan usaha, kreativitas memang menjadi cara terbaik. Nah dari sinilah maka Anda yang ingin mendapatkan kepercayaan dari atasan maka menjadi pekerja yang kreatif adalah cara yang bisa Anda lakukan. Tentu untuk menjadi karyawan yang kreatif di kantor ini tidaklah mudah. Pasalnya untuk menghadirkan daya kreativitas dibutuhkan kebiasaan mengasah pikiran dan otak. Tapi bila Anda benar-benar berusaha, bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi karyawan yang kreatif.

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Terakhir, cara untuk bisa dipercaya oleh atasan di kantor adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Saat berdiskusi dengan atasan, pastikan Anda tidak memotong pembicaraan. Dengarkan dulu apa yang disampaikan atasan hingga selesai untuk kemudian Anda mulai berbicara. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kontak mata saat berkomunikasi dengan atasan. Dengan cara menjadi pendengar yang baik inilah maka atasan akan respect kepada Anda dan akan memberikan kepercayaannya kepada Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top