Tips

Ingin Jadi Distributor Sembako? Terapkan 5 Tips Sukses Ini

distributor-sembako

Sembako (sembilan bahan pokok) adalah kebutuhan bagi setiap manusia yang tak bisa dikesampingkan. Dari pentingnya sembako inilah maka siapa pun yang menjualnya akan punya peluang besar untuk bisa mendapatkan keuntungan atau laba besar. Untuk bisa menjual sembako ini ada beberapa metode yang bisa dilakukan seperti menjadi distributor. Menjadi distributor atau penjual besar tentu tidak sama dengan menjalankan bisnis sebagai pengecer. Maka dari itu Anda yang sedang atau ingin menjalankan bisnis sebagai distributor sembako harus memiliki beberapa strategi atau tips sukses untuk menjalankannya. Nah berikut beberapa tips sukses menjalankan bisnis sebagai distributor sembako.

  1. Pastikan Anda Mendapatkan Supplier Terbaik

Tips sukses pertama untuk jalankan bisnis sebagai distributor sembako adalah dengan memastikan Anda mendapatkan supplier terbaik. Untuk mendapatkan sembako sebagai stok toko, Anda memang harus menjalin kerjasama atau kemitraan dengan supplier. Nah supllier inilah nantinya yang memasok stok atau persediaan sembako di toko Anda. Walau mungkin Anda dianggap oleh konsumen Anda yakni toko pengecer sebagai supplier, tapi Anda juga butuh supplier. Karena Anda adalah sebagai distributor, maka supplier ini bisa datang dari pedagang besar atau juga dari produsen langsung. Tapi apapun jenis supplier yang Anda pilih, pastikan mereka yang terbaik. Supplier yang terbaik sendiri yaitu yang memiliki kinerja bagus dalam memasok persediaan serta juga menghadirkan sembako murah dan berkualitas.

  1. Sediakan Produk dengan Pilihan yang Lengkap

Sebagai distributor sembako, tentu Anda akan dianggap para pelanggan menyediakan aneka sembako. Sembako sendiri memang terdiri dari beberapa barang atau produk yaitu beras, minyak goreng atau mentega, gula pasir, telur, susu, daging ayam atau sapi, minyak tanah (gas), jagung dan juga garam beryodium. Nah bila Anda ingin jadi distributor sembako terpercaya maka menyediakan produk sembako yang komplit perlu diusahakan. Mungkin Anda tidak bisa menjual salah satu produk seperti daging karena tempatnya yang tidak memungkinkan. Tapi usahakan saja beberapa produk sembako terpenting seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur dan gas, bisa Anda sediakan. Sebab bila Anda mampu menghadirkan produk sembako yang komplit, maka konsumen akan semakin percaya pada Anda.

  1. Berikan Harga yang Kompetitif

Berikutnya, tips sukses menjadi distributor sembako adalah dengan memberikan harga yang kompetitif. Sebagai distributor atau agen, Anda memang akan menjual sembako ke pedang-pedangan tingkat pengecer. Nah dari sinilah maka Anda tidak bisa menjual dengan harga eceran. Sebab bila Anda menjual dengan harga eceran, bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan pembeli. Harga ditingkat distributor atau agen memang berbeda dengan harga ditingkat pengecer. Nah dari sinilah maka Anda sebagai pebisnis distributor sembako harus bisa menghadirkan harga yang lebih murah dari harga pengecer.

  1. Hadirkan Layanan Antar atau Pengiriman

Konsumen yang datang toko Anda kebanyakan akan membeli dalam jumlah banyak. Ini karena mereka yang datang ke distributor biasanya adalah para pedagang yang akan menjual kembali sembako dari Anda. Nah karena akan ada banyak konsumen yang membeli dalam jumlah banyak, maka dengan menghadirkan layanan antar atau pengiriman akan membuat konsumen jadi senang. Memang tidak semua konsumen memiliki mobil untuk mengangkut pembeliannya. Bila Anda kemudian menyediakan jasa antar atau pengiriman, maka para pembeli yang tidak memiliki mobil akan mendapatkan kepuasan berarti ketika membeli di toko Anda. Saat konsumen merasa puas maka mereka akan terus membeli dan berlangganan pada Anda.

  1. Layani Semua Konsumen dengan Jumlah Pembeliannya

Terakhir, tips sukses jalankan bisnis distributor sembako adalah dengan melayani semua konsumen dengan jumlah pembeliannya. Pada banyak kasus memang tidak sedikit distributor yang hanya melayani pembelian dalam partai besar. Pembelian ditingkat distributor atau agen memang kebanyakan dilakukan secara grosir dalam jumlah banyak. Tapi meski demikian, bukan berarti Anda meremehkan dan menihilkan pembelian dalam jumlah eceran. Sebab, dari pembeli dengan jumlah eceran ini bisa muncul keuntungan atau laba tersendiri. Jadi layani saja para pembeli eceran yang datang ke toko Anda. Bila memang sulit bagi Anda menjual semua produk sembako dengan sistem eceran, maka pisahkan saja barang-barang yang bisa dibeli eceran dan yang hanya bisa dibeli secara grosir.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top