Lainnya

Ingin Jadi MUA Profesional dan Jalankan Bisnisnya dengan Baik, Ini Kunci Suksesnya

make-up-artis-profesional

Seperti kita tahu, profesi Make-up Artis atau MUA saat ini memang sedang menjadi pilihan banyak pihak yang menarik untuk dijalani. Dengan besarnya peminat yang ingin wajah dirias dengan cantik, membuat profesi MUA banyak dicari dan berpotensi besar mendatangkan profit yang lumayan. Munculnya beberapa Make-up Artist profesional menjadi tanda bahwa profesi ini sedemikian rupa telah mendapatkan tempat tersendiri dalam kehidupan masyarakat. Nah untuk Anda yang juga ingin menjadi seorang Make-up Artist profesional dan sukses menjalankan bisnisnya, maka ada beberapa kunci suskes yang perlu dipahami dan Anda terapkan. Berikut beberapa kunci sukses menjadi MUA profesional tersebut.

  1. Tidak Berhenti Belajar untuk Mendapatkan Ilmu

Pertama, untuk menjadi MUA profesional, Anda harus memiliki sifat haus akan ilmu dan tak pernah lelah untuk belajar. Ilmu make-up yang terus berkembang memang mengharuskan seorang MUA untuk terus belajar tanpa henti. Semakin banyak ilmu make-up yang Anda dapatkan, maka akan semakin banyak referensi variasi tata rias yang bisa Anda tawarkan dan aplikasikan pada klien. Ketika Anda dikenal sebagai seorang MUA yang memiliki beberapa referensi variasi tata rias, maka akan membuat Anda banyak diminati konsumen. Untuk mendapatkan ilmu make-up sendiri ada banyak cara yang bisa Anda pilih. Selain dari sekolah kecantikan dan tempat kursus, Anda juga bisa memperolehnya dari majalah atau tabloid, workshop make-up atau juga dari tutorial di YouTube dan Instagram.

  1. Terus Belatih

Setelah mendapatkan ilmu dan teori dari beberapa sumber yang ada, Anda harus segera mempraktikkannya. Untuk menjadi seorang MUA profesional, Anda memang harus sudah terlatih. Layaknya seorang atlit yang akan bertanding, seorang MUA juga wajib selalu berlatih guna menghasilkan riasan paling menarik dan membuat klien puas. Semakin banyak Anda berlatih, maka akan semakin terbuka lebar peluang Anda untuk menjadi seorang MUA profesional. Untuk berlatih tata rias ini Anda bisa mencari orang yang mau wajahnya dirias. Jika Anda kesusahan mencari orang untuk dirias, maka cobalah meminta bantuan dari orang-orang terdekat agar mau Anda rias.

  1. Rajin Bereksperimen dengan Berbagai Make-up serta Jenis Wajah dan Kulit

Perlengkapan make-up saat ini memang sangat beragam dan terus berkembang. Nah dari sini Anda harus bisa mengeksplorasi kemampuan Anda untuk menggunakan berbagai perlengkapan make-up tersebut. Jika ada alat make-up baru maka Anda harus segera meng-update kemampuan Anda untuk menggunakan alat make-up baru tersebut. Sebab untuk menjadi MUA profesional, Anda harus terus mengikuti perkembangan zaman, termasuk perkembangan produk atau alat make-up. Selain harus bereksperimen dengan berbagai alat make-up, Anda juga harus rajin berkesperimen dengan berbagai jenis wajah. Dalam menjalankan profesi sebagai MUA, Anda memang bisa saja akan berhadapan dengan banyak klien. Nah klien-klien ini tentu sangat mungkin memiliki beberapa jenis wajah dan kulit. Nah dari sinilah Anda juga harus terus berlatih dan bereksperimen untuk bisa menerapkan kreasi make-up Anda pada semua jenis wajah atau kulit. Jika Anda sudah mampu menerapkan hasil kreasi make-up yang menarik pada semua jenis wajah dan kulit maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan klien dan juga meraih sukses.

  1. Rajin Membuat Portofolio

Terakhir, kunci sukses untuk bisa menjadi seorang MUA profesional adalah dengan rajin membuat portofolio. Portofolio memang akan selalu menjadi pedoman klien untuk menentukan dan memilih MUA yang akan digunakannya. Jika klien cocok dengan portofolio tertentu setelah melihatnya, maka mereka pasti akan menghubungi MUA tersebut untuk diminta merias wajahnya. Sebaliknya jika klien setelah melihat portofolio kemudian tidak cocok, maka bisa dipastikan mereka akan mencari MUA lain. Portofolio seorang MUA sendiri adalah hasil make-up dari orang-orang yang telah Anda rias. Nah untuk bisa menarik orang agar mau memakai jasa rias Anda maka mau tak mau Anda harus menampilkan portofolio yang terbaik. Tempat atau media menampilkan portofolio riasan atau make-up sendiri saat ini terbilang banyak. Selain secara offline dengan membuat katalog, Anda juga bisa menampilkan portofolio Anda secara online via website, media sosial atau YouTube.

Itulah beberapa kunci sukses untuk bisa menjadi seorang MUA profesional. Tentu satu hal lagi yang tak boleh Anda lupakan yakni kerja keras dan berjuang dengan sungguh-sungguh. Sebab, hanya dengan kesungguhan dan ketekunanlah Anda bisa meraih kesuksesan dibidang apapun, termasuk MUA.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top