Tips

Ingin Kerja Full Time Sambil Berbisnis? Terapkan 6 Trik Ini

 

kerja-sambil-bisnis

Dengan kebutuhan hidup yang semakin tinggi, membuat beberapa orang merasa tak cukup dengan penghasilan utamanya di kantor. Dari sini maka kemudian mereka yang merasa tak cukup dengan penghasilan utamanya, mencari kerja sambilan lain atau juga berbisnis. Pilihan berbisnis sambil bekerja memang menjadi sebuah solusi untuk memperoleh pendapatan tambahan. Tapi sayangnya untuk bekerja sambil berbisnis ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Sebab ada beberapa pekerja yang tidak bisa mengimbangi waktu dengan berbisnis. Hasilnya bisnis yang dijalankan pun jadi terlantarkan dan gagal karena tidak terurus karena minimnya waktu. Tapi kasus seperti ini hanya sebagian, karena sebenarnya dengan menerapkan trik-trik tertentu maka Anda akan bisa bekerja sambil berbisnis. Berikut beberapa trik untuk bisa menjalankan kerja sambil berbisnis.

  1. Pilih Bisnis yang Tepat

Trik pertama untuk bisa bekerja full time sambil berbisnis adalah dengan memilih bisnis yang tepat. Pilihan bisnis memang akan menjadi solusi untuk bisa menjalankan kerja sembari berwirausaha. Bila memang pekerjaan Anda membuat banyak waktu maka Anda harus bisa memilih bisnis yang lebih fleksibel untuk dijalankan. Salah satu contoh bisnis fleksibel yang bisa Anda jalankan sambil bekerja full time adalah bisnis online. Dengan fleksibilitas yang ada pada bisnis online maka Anda pun akan bisa menjalankan pekerjaan full time secara lebih leluasa. Pilihan bisnis lain untuk Anda tetap bekerja full time adalah bisnis waralaba atau franchise. Sebab dengan bisnis waralaba, semua sistem manajemen yang ada telah ada dan Anda tinggal menjalankannya.

  1. Pastikan Tidak Melanggar Kontrak Kerja

Agar Anda bisa merasa aman dan tetap dapat menjalankan bisnis dengan leluasa, maka ada satu prinsip yang perlu selalu dipertahankan yakni tidak melanggar kontrak. Dalam kerja di perusahaan memang akan ada kontrak kerja yang perlu dipatuhi. Nah dengan selalu menjunjung tinggi kontrak kerja maka bila Anda kemudian menjalankan bisnis maka tidak akan menjadi masalah bagi atasan. Jadi apapun bisnis yang akan Anda jalankan, pastikan untuk tidak melanggar kontrak kerja.

  1. Atur Waktu untuk Mengurus Bisnis

Untuk menjalankan bisnis ini memang dibutuhkan waktu. Dan waktu yang dibutuhkan untuk mengurus bisnis ini tidaklah sedikit, tapi banyak. Nah dari sinilah Anda yang ingin sukses bekerja full time dengan berbisnis maka perlu mengatur waktu sebaik mungkin. Pastikan Anda benar-benar bisa mengatur waktu dengan bak agar tidak ada satu dari dua aktivitas tadi yang terlantarkan. Namun bila Anda tidak bisa mengatur waktu dengan baik maka Anda akan sulit untuk meraih sukses berkerja sambil berbisnis.

  1. Tetap Fokus Bekerja di Kantor

Dari dua pilihan yaitu bekerja dan berbisnis maka Anda memang harus memilih salah satu untuk diprioritaskan. Karena pekerjaan di kantor merupakan aktivitas pertama yang Anda jalankan maka Anda harus memfokuskan pekerjaan di kantor. Sementara itu berbisnis anggap saja sebagai aktivitas tambahan. Dalam konsep bekerja sambil berbisnis maka bisnis berada pada urutan kedua. Jadi dari sini Anda mau tak mau harus memfokuskan pada pekerjaan di kantor.

  1. Miliki Orang Kepercayaan di Bisnis Anda

Karena Anda tidak bisa full time menjalankan bisnis karena harus fokus pada pekerjaan di kantor maka orang kepercayaan dalam bisnis perlu dimiliki. Mengapa demikian? Sebab untuk sukses dalam bisnis memang dibutuhkan usaha yang sungguh-sungguh. Karena pada kasus ini Anda harus bisa membagi waktu antara berbisnis dan bekerja yang jadi prioritas maka dengan bantuan orang kepercayaan, bisnis Anda pun akan bisa berjalan dengan baik meski tidak ada Anda. Namun untuk mendapatkan orang kepercayaan ini bukanlah hal yang mudah. Pasalnya orang yang berlaku jujur dan penuh amanat serta tanggung jawab sungguh sulit didapatkan di zaman sekarang ini.

  1. Sediakan Waktu untuk Diri Sendiri

Terakhir, trik menjalankan kerja full time sambil berbisnis adalah dengan menyediakan waktu untuk diri sendiri. Di tengah kesibukan Anda bekerja dan berbisnis memang Anda tidak boleh melupakan untuk me time atau waktu untuk sendiri. Sebab dengan me time ini Anda akan bisa mendapatkan banyak hal seperti kesehatan rohani dan mental yang lebih baik. Dari pentingnya me time tersebut maka Anda tidak boleh lupa meluangkan waktu untuk diri sendiri dalam menjakankan kerja sambil berbisnis.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top