Lainnya

Ingin Klien Selalu Mengingat Anda? Lakukan 5 Hal Ini

menelepon-klien

Klien adalah orang akan membantu dan mendukung Anda untuk menjalankan bisnis serta perusahaan. Dari sini maka Anda sebagai pemilik usaha harus bisa membuat klien selalu ingat pada Anda. Bila klien selalu mengingat Anda maka akan ada kerjasama demi kerjasama yang akan terjalin. Dari kerjasama demi kerjasama dengan klien ini maka Anda akan bisa meraih keuntungan untuk semakin menumbuhkan bisnis. Tapi bagaimana cara untuk bisa membuat klien selalu mengingat kita? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk tujuan tersebut.

  1. Pastikan Klien Merasakan Kepuasan dengan Bisnis Anda

Pertama, hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat klien selalu mengingat Anda adalah dengan memastikan klien merasakan kepuasan dengan bisnis Anda. Ini memang hal yang paling penting dan paling utama untuk membuat Anda selalu diingat oleh klien. Bahkan dengan cara ini Anda tak perlu melakukan usaha lain supaya klien mengingat dan mau lagi bekerjasama dengan Anda. Ini karena ketika klien merasakan kepuasan bersama bisnis Anda maka mereka akan semakin percaya dan yakin untuk terus bermitra dengan Anda. Untuk bisa memuaskan klien, Anda bisa menempuh berbagai macam cara seperti meningkatkan kualitas atau mutu atau juga meningkatkan pelayanan. Jangan lupa juga ukur tingkat kepuasan konsumen dengan cara bertanya atau juga dengan memberikan lembar tingkat kepuasan. Dengan cara ini Anda bisa memantau tingkat kepuasan klien dan dapat langsung memperbaikinya bila ada yang salah.

  1. Biarkan Klien Tahu Aktivitas Bisnis Anda

Anda yang ingin membuat klien terus mengingat Anda maka pastikan mereka mengetahui aktivitas bisnis Anda. Bagaimana caranya? Caranya Anda bisa memfollow akun media sosial mereka dan meminta mereka memfollow balik akun media sosial Anda. Dengan akun media sosial yang saling terhubung ini maka Anda pun bisa membuat klien bisa mengetahui aktivitas bisnis Anda sehingga kemudian teringat pada Anda. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan strategi email marketing dimana ajak klien untuk berlangganan email bisnis Anda. Dari sini maka klien Anda akan bisa mengetahui berita mengenai bisnis Anda dalam email sehingga mereka dapat selalu mengingat Anda. Selain kedua cara sebelumnya, Anda bisa membuat klien mengingat Anda dengan cara sering membuat story mengenai bisnis di WhatsApp sehingga klien berkesempatan untuk selalu mengingat Anda.

  1. Telepon atau Kirimkan Pesan Padanya

Anda yang memiliki nomor handphone klien tentu akan sangat membantu Anda untuk membuat mereka mengingat Anda. Caranya adalah dengan menelepon atau mengirimkan pesan singkat pada mereka. Dengan menelepon atau mengirimkan pesan singkat pada mereka maka Anda akan bisa membuat klien kembali lagi teringat pada Anda. Anda tak perlu langsung bertanya pada hal-hal yang utama seperti apa mereka mau bekerjasama lagi. Tapi hanya dengan menanyakan kabar saja maka mereka akan bisa kembali mengingat Anda dan kemudian ingin melakukan kerjasama lagi dengan Anda pada akhirnya.

  1. Peringati Momen Spesialnya

Selanjutnya, hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat klien mengingat Anda adalah dengan memperingati momen spesialnya. Memperingati momen spesial klien tidak berati Anda harus mengadakan pesta untuk klien. Tapi dengan memberikan ucapan selamat pada momen spesialnya mereka akan terkesan dan kembali mengingat Anda untuk kemudian menjalin kerjasama lagi. Beberapa momen spesial dari klien yang bisa Anda peringati antara lain hari ulang tahun, hari pernikahannya atau hari berdirinya bisnis mereka.

  1. Berikan Hadiah di Hari Raya

Terakhir, hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat klien mengingat Anda adalah dengan memberikan hadiah di hari raya. Hadiah tentu akan menjadi pemberian yang spesial untuk klien Anda. Apalagi bila hadiah tersebut Anda berikan pada waktu hari raya besar dari klien Anda maka mereka pastinya akan terkesan dan akan selalu mengingat Anda. Namun untuk membuat pemberian hadiah Anda menjadi hal yang tidak dianggap sogokan, maka pastikan Anda memberinya dengan tulus tanpa pamrih. Bila pun Anda kemudian mendapat tawaran kerjasama lagi itu adalah bonus. Sebab, harapan Anda dengan memberikan hadiah hanya ingin membuat klien ingat kepada Anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top