Keuangan

Ingin Kondisi Finansial Selalu Sehat? Waspadalah dengan 5 Tipe Teman Seperti Ini

tipe-teman-pembuat-uang-bangkrut

Bagi Anda yang suka bergaul dan berteman dengan siapa pun, ada hal yang perlu diwaspadai. Apalagi bila Anda adalah orang yang menginginkan selalu memiliki finansial atau keadaan keuangan yang baik. Teman memang bisa saja menjadi orang yang menemani Anda. Tapi ternyata dalam kenyataan tidak semua teman bisa membuat finansial Anda selalu berada dalam kondisi baik. Tentu teman yang dapat membuat keuangan jadi berantakan bukanlah seseorang yang perlu dipertahankan. Tapi tipe teman dan sahabat yang seperti apakah yang sebaiknya diwaspadai karena bisa membuat keadaan keuanganmu jadi amburadul? Inilah daftarnya.

  1. Si Mulut Manis

Pertama, tipe teman yang dapat membuat keuanganmu jebol sehingga perlu diwaspadai adalah si mulut manis. Dengan mulut manisnya Anda memang bisa terbujuk oleh apapun yang dia katakan. Termasuk saat si mulut manis ini memuji dan membesarkan Anda dengan mengatakan bahwa suatu barang cocok Anda pakai. Tipe teman seperti ini sangat mahir sekali merayu dan meyakinkan seseorang. Bila Anda sering bergaul dengan si mulut manis maka sangat mungkin uang belanja akan cepat habis. Untuk mengantisipasinya, bila Anda tidak bisa menghindari jalan bersama dia, psatikan saja Anda tidak membawa uang lebih.

  1. Si Kompetitif

Saling pamer harta memang sesuatu yang tidak baik. Sebab hal ini akan membuat seseorang jadi selalu terpacu untuk terus berkompetisi menjadi yang paling kaya. Jika sudah demikian maka hal ini akan membuat keadaan keuangan atau finansial Anda jadi berantakan. Pemicu finansial yang tidak sehat karena faktor pamer kekayaan ini sendiri juga berlaku bila Anda memiliki teman yang bersifat sama. Teman yang suka pamer harta dan kemudian disebut si kompetitif ini memang bisa mempengaruhi Anda untuk berbuat hal yang sama. Dan jika hal ini terjadi, tentu ancaman serius bagi keuangan Anda jadi memburuk bisa saja terjadi.

  1. Si Ingin Tahu

Rasa ingin tahu seseorang atau teman memang bisa menjadi positif bila keingintahuannya tertuju pada ilmu pengetahuan. Tapi bila keingintahuan tersebut tertuju pada hal pribadi atau privasi seseorang tentu hal ini sangat merepotkan dan membuat membuat masalah. Hal ini karena rasa ingin tahu terhadap hal pribadi dapat membuat Anda keteter, termasuk pada kondisi keuangan Anda. Sebab bila mereka atau teman Anda ini mengetahui seluk-beluk kondisi finansial Anda maka hal tersebut akan membuat mereka bisa melorotin Anda.

  1. Si Borjuis

Memiliki teman yang berduit memang ada dua sisi yang bisa Anda dapatkan. Hal menguntungkan bisa Anda dapatkan bila memang mereka mau royal dan selalu mentraktir Anda. Tapi hal sebaliknya yakni hal negatif akan terjadi bila kemudian Anda terbawa terbawa gaya hidup mereka. Sebab ketika Anda terbawa gaya hidup teman si Borjuis yang serba mewah, maka keuangan Anda bisa menjadi bermasalah. Ini karena saat bersama-sama mereka Anda akan terus-menerus dipaksa mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar.

  1. Si Tukang Pinjam

Terakhir, teman yang perlu diwaspadai karena akan membuat keadaan finansial Anda memburuk adalah si tukang pinjam. Meminjam barang teman sebenarnya tak menjadi masalah bila memang tidak sering dan kemudian dikembalikan. Tapi bila teman ini tergolong si tukang pinjam dan selalu meminjam barang Anda maka berhati-hatilah. Sebab bila mereka sering meminjam, maka kemungkinan, akibat buruk yakni tidak kembalinya atu hilangnya barang harus Anda tanggung. Si tukang pinjam memang bisa saja berdalih akan mengembalikan barang Anda. Tapi sebaik-baiknya mereka mengembalikan barang, akan ada saja barang yang terselip dan akhirnya lenyap. Nah jika hal ini terjadi maka tentu keadaan tersebut akan mempengaruhi keuangan Anda. Barang-barang yang hilang akan membuat Anda harus mengganti dan membeli lagi barang itu. Dari sini tentu hal tersebut akan menjadikan kondisi finansial Anda jadi tak karuan karena harus membeli barang-barang yang seharusnya tidak dibeli.

Itulah beberapa teman yang perlu Anda waspadai bila ingin kondisi keuangan Anda tetap sehat. Tentu saja meski ada teman-teman seperti yang telah disebutkan, Anda tak perlu selalu menaruh curiga pada setiap teman atau bahkan menutup diri untuk pertemanan. Tetap saja terbuka dan berteman dengan mereka. Anda hanya perlu mewaspadainya dengan cara tidak terlalu dekat bersama mereka.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top