Tips

Ingin Liburan di Akhir Tahun? Rencanakan dengan 5 Tips Liburan Tanpa Membuat Dompet Jebol Ini Yuk!

Untuk Anda yang memiliki kesibukan super padat karena harus bekerja siang hingga malam, tentu saja libur panjang menjadi suatu momen terbaik untuk melepas penat dan stress bukan? Liburan kemanapun akan terasa berharga apalagi bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, bahkan pasangan. Mengingat bahwa akhir tahun sebentar lagi, maka Anda perlu merencanakannya dari sekarang. Mulai dari merencanakan tujuan berlibur, menyusun itinerary perjalanan, hingga budget yang dibutuhkan. Dengan demikian, Anda bisa mulai menabung dan merencanakan segalanya dari sekarang agar liburan Anda menyenangkan dan tidak serba dadakan. Pasalnya biaya seperti sewa kendaraan, pesawat dan hotel selalu mengalami kenaikan harga saat liburan panjang akhir tahun. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan keuangan dengan matang agar liburan maksimal tanpa membuat dompet jebol. Nah, jika Anda mempunyai agenda untuk liburan di akhir tahun ini. Simaklah 5 tips merancang liburannya berikut ini.

  1. Tentukan Waktu Liburan

Saat merencanakan liburan akhir tahun, hal pertama yang perlu Anda rencakan adalah menentukan waktu keberangkatan dan berapa lama Anda akan menghabiskan waktu di sana. Waktu keberangkatan yang tidak terencana dengan baik akan berdampak pada tujuan, tiket perjalanan, hingga hotel yang di sewa selama liburan. Begitupula dengan waktu kepulangan dari liburan, menentukan waktu sangatlah penting direncanakan. Apabila Anda memesan tiket pesawat atau moda transportasi lain dan hotel secara dadakan, pasti akhirnya akan berpengaruh terhadap biaya liburan. Dari sini, dompet Anda bisa jebol bahkan mungkin tidak akan tersisa sama sekali. Bukannya happy, Anda malah sedih karena memikirkan keuangan setelah liburan.

  1. Susun Budget yang Diperlukan untuk Sebelum dan Sesudah Keberangkatan

Setelah menentukan waktu keberangkatan, kepulangan serta lamanya liburan. Hal yang harus Anda rencanakan selanjutnya adalah menyusun budget yang diperlukan, baik untuk sebelum maupun sesudah keberangkatan. Rincilah mulai dari kebutuhan anggaran seperti untuk membeli tiket pesawat atau moda transportasi lain, biaya penginapan atau hotel, sewa kendaraan, tiket masuk ke lokasi wisata, hingga kebutuhan lainnya. Usahakan untuk tidak melebihi target dan total budget liburan yang sudah ditentukan, supaya Anda tidak melebihi defisit keuangan pasca liburan. Jangan memaksakan liburan mewah, lebih baik pilih liburan yang sesuai dengan kemampuan budget Anda saja.

  1. Pilih Destinasi Wisata yang Akan Dikunjungi

Pastikan untuk memilih destinasi wisata yang terbaik, namun sesuai dengan budget yang sudah ditentukan. Lakukan riset terlebih dahulu, baik melalui internet maupun bertanya kepada teman-teman yang sudah pernah berkunjung ke tempat wisata tersebut. Jika Anda memiliki target budget yang besar serta waktu berlibur yang panjang, maka Anda bisa memilih destinasi wisata yang lokasinya jauh bahkan sudah menjadi incaran. Sebaliknya, jika Anda memiliki budget yang minim maka bisa memilih destinasi wisata yang dekat namun tetap seru. Dengan demikian, Anda bisa liburan dengan menyenangkan tanpa harus membuat dompet jebol.

  1. Siapkan Transportasi Jauh-Jauh Hari

Transportasi atau akomodasi juga sangat penting direncanakan jauh-jauh hari lho. Hal ini dikarenakan, biasanya tiket pesawat dan hotel lebih murah dibandingkan sebelum mendekati hari libur panjang. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari resiko kehabisan tiket maupun penginapannya. Anda pasti tahu sendiri bukan bagaimana padatnya orang yang saling berlomba membeli tiket dan akomodasi di waktu yang berdekatan dengan hari libur panjang? Pihak transportasi dan akomodasi pun pasti tidak mau melewatkannya untuk mendapatkan keuntungan. Tidak heran, banyak pihak transportasi dan akomodasi selalu mengalami kenaikan harga di akhir tahun menjelang libur panjang. Nah, jika tidak mau anggaran Anda membengkak maka pesankan transportasi dan akomodasi dijauh hari.

  1. Mulai Menabung untuk Mengumpulkan Budget Liburan

Setelah semua rencana disusun dengan matang, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mulai menabung untuk mengumpulkan budget liburan. Persiapkan sejak dini, agar Anda terhindar dari kebocoran dana. Untuk memulainya, alokasikan saja 10% dana dari gaji Anda per-bulan. Tidak hanya menabung, Anda juga bisa mengumpulkan uang dengan cara berinvestasi secara berkala. Semakin cepat memulai, maka akan semakin banyak dana yang bisa terkumpul untuk liburan di akhir tahun.

Jika Anda ingin liburan seru dan menyenangkan tanpa perlu takut dompet jebol, maka rencanakanlah segala kebutuhannya dengan sebaik mungkin. Jangan tunda-tunda lagi, rencanakanlah sebelum tanggal liburan yang sudah ditentukan. Konsisten dalam menabung juga sangat penting, agar tabungan Anda bisa mencapai target. Apabila sudah terkumpul, Anda pun bisa liburan dengan nyaman tanpa stress memikirkan keuangan. Selamat berlibur!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top