Peluang Usaha

Ingin Melipat Gandakan Gaji Bulanan? Yuk, Buka Bisnis Sampingan yang Cocok Dijalankan untuk PNS Ini

PNS merupakan pekerjaan yang terhormat, bahkan lebih sering dipandang baik di mata masyarakat. Dibalik pekerjaannya yang terhormat tersebut, ternyata penghasilan Pegawai Negeri Sipil tidaklah selalu berada diatas gaji para pekerja wiraswasta. Memang, stigma pekerja sebagai karyawan pemerintahan lebih menjanjikan dari pada profesi lainnya. Namun, kenyataannya pendapatan dari para pekerja PNS tidak bisa cepat kaya raya dan bebas finansial. Bahkan, ada sebagian pekerja PNS yang gajinya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja. Oleh karena itu, seorang PNS harus menekuni bisnis sampingan yang tepat agar penghasilannya bisa bertambah. Bisnis sampingan yang akan dijalankan tersebut, tentu saja harus dikerjakan diluar jam kerja. Sehingga, pekerjaan Anda di kantor tidak terganggu karena bisnis sampingan. Bagi Anda seorang pekerja PNS dan ingin menjalankan bisnis sampingan. Yuk, simak 6 bisnis sampingan yang cocok untuk dijalankan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) berikut ini.

  1. Bisnis Toko Busana

Bisnis pakaian merupakan usaha yang tidak akan pernah sepi pembeli. Hal ini dikarenakan, pakaian adalah kebutuhan pokok manusia dan akan selalu dibutuhkan sepanjang hidupnya. Bisnis ini memang sangat menguntungkan, apalagi menjelang lebaran. Sebab, pada saat lebaran setiap orang khususnya umat muslim berbondong-bondong membeli baju atau pakaian baru. Hal inilah yang membuat bisnis toko busana menjadi sangat menguntungkan. Untuk memulainya, Anda bisa membuka bisnis toko busana dengan cara online shop atau membuka toko seperti distro, butik dan bentuk lainnya. Jika Anda mempunyai modal yang besar, maka Anda bisa merekrut karyawan sebagai pengelola bisnis toko busana milik Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot mengurus toko busana seorang diri.

  1. Bisnis Kursus dan Bimbingan Belajar

Ilmu adalah investasi, banyak orang yang rela mengeluarkan uang hanya untuk mendapatkan ilmu. Jika Anda mempunyai bakat dan pengetahuan tertentu, maka membuka peluang usaha bimbel bisa dijadikan pilihan yang tepat sebagai bisnis sampingan bagi seorang PNS. Misalnya Anda menguasai cara menyetir mobil, maka manfaatkanlah kemampuan Anda tersebut untuk menjalankan bisnis kursus stir mobil. Ataupun dibidang lainnya seperti kursus komputer, kursus menjahit, kursus bernyanyi, bimbingan belajar bahasa asing, pelatihan usaha, bimbel alat musik, kursus menyanyi dan lain sebagainya. Untuk menjalankannya, Anda bisa memanfaatkan waktu luang sepulang kerja di kantor. Jika Anda mempunyai kerabat atau teman yang bisa diajak kerjasama, maka Anda bisa merekrutnya untuk bekerja di bisnis kursus dan bimbingan belajar Anda.

  1. Bisnis Kuliner

Selain bisnis pakaian, bisnis kuliner juga merupakan usaha yang tidak akan pernah sepi pembeli. Karena, makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang akan selalu dibutuhkan setiap harinya. Bagi Anda seorang Pegawai Negeri Sipil, sebaiknya bukalah bisnis kuliner yang bersifat praktis dan tahan lama. Misalnya menjual berbagai macam cemilan, oleh-oleh khas daerah dan lain-lain. Sehingga, daya konsentrasi Anda terhadap pekerjaan tidak terpecah belah karena menjalankan 2 pekerjaan sekaligus.

  1. Menjadi Penulis dan Blogger

Menjadi penulis adalah pekerjaan yang paling menyenangkan, khususnya bagi pekerja PNS yang memiliki hobi menulis. Selain pendapatannya yang sangat besar, menjadi seorang penulis atau blogger dapat dikerjakan kapanpun dan dimanapun sesuai jam kerja yang Anda inginkan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat blog, lalu mengisi artikel-artikel berkualitas. Jika trafik blog Anda perlahan-lahan terus naik, maka pada saat itu blog bisa dijadikan mesin uang dengan cara dijual lewat forum atau mengikuti publisher adsense google, PPC lokal, popcash, yahoo ads dan lain-lain.

  1. Bisnis Minimarket

Bagi seorang Pegawai Negeri Sipil membuka bisnis minimarket waralaba seperti alfamart, indomaret, yomart dan lain-lain merupakan pilihan yang tepat sebagai bisnis sampingan. Sebab, usaha franchise minimarket tidak terlalu menghabiskan banyak waktu. Untuk urusan perekrutan barang, pengelolaan operasional usaha, desain barang, hingga pembagian perhitungan keuntungan usaha dan lain sebagainya sudah dikelola oleh pihak manajemen waralaba pusat. Di sini, Anda hanya tinggal mendapatkan keuntungan dari minimarket setiap bulannya. Namun modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka bisnis minimarket ini terbilang cukup besar, yaitu mencapai ratusan juta rupiah. Jangan khawatir, bagi Anda yang sangat berminat untuk membuka bisnis minimarket waralaba ini maka solusinya adalah meminjam uang untuk modal kepada Bank dengan menggunakan jaminan SK atau gaji bulanan.

  1. Usaha Agen

Untuk lebih memperluas pangsa pasar, seringkali sebuah bisnis membentuk agen di beberapa daerah tertentu. Misalnya agen gas elpiji 3 kg, agen kerupuk, agen pupuk pertanian, agen asuransi, agen tiket pesawat, agen produk kecantikan oriflame atau sophie martin dan lain-lain. Karena bisnis ini dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar, maka menjalankan usaha agen sangatlah cocok dijalankan sebagai bisnis sampingan untuk Pegawai Negeri Sipil.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: