Tips

Ingin Memulai Bisnis Sendiri Saat Remaja? Lakukan Saja 5 Tips Mudah Ini!

Di zaman sekarang yang serba modern ini, hampir semua masyarakat di Indonesia menggunakan teknologi untuk melakukan segala hal termasuk menjalankan bisnis. Tidak hanya dewasa, namun di usia remaja yang berstatus pelajar atau mahasiswa pun memilih untuk membuka bisnis yang banyak menggunakan teknologi sebagai modal utamanya. Pasalnya, masyarakat di era modern sekarang ini pasti memiliki smartphone bukan? Memiliki smartphone, tentu harus dilengkapi dengan internet sebagai akses agar mereka bisa menjalankan bisnisnya. Salah satu bisnis di dunia internet yang banyak dikelola oleh masyarakat adalah bisnis online. Tidak hanya mudah dilakukan, namun bisnis online ini juga minim modal. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis sendiri saat remaja, yuk lakukan 5 tips mudahnya berikut ini.

  1. Tentukan Jenis Usaha

Tips pertama, Anda harus menentukan jenis usaha apa yang sesuai dan cocok dijalankan oleh Anda. Usahakan, bisnis tersebut sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Jika Anda menjual barang yang sesuai dengan keinginan, tentu saja saat menjualnya pun akan terbawa semangat bukan? Namun, sebaiknya pilihlah jenis usaha yang akan laku di pasaran dan mempunyai peluang keuntungan yang lumayan. Apalagi bisnis online saat ini semakin marak dimana-mana, maka Anda harus pintar-pintar memilih jenis usaha apa yang akan selalu diminati oleh konsumen.

  1. Berani Menawarkan Produk

Agar bisnis online Anda semakin banyak peminatnya, maka Anda harus berani untuk menawarkan produk yang dijual. Mungkin, hal ini akan sulit dilakukan bagi orang-orang yang pemalu. Namun, sebagai entrepreneur yang ingin sukses tentu saja harus mau belajar untuk berani dan siap terjun di dunia bisnis dengan semaksimal mungkin. Anda bisa mulai menawarkan produk kepada teman-teman terdekat atau keluarga, lalu tawarkan kepada teman-teman di sosial media Anda. Agar lebih spesifik, Anda bisa membuat toko online sendiri seperti di Instagram atau bisa membuat akun di Tokopedia, Shopee dan lain-lain. Dengan begini, bisnis online Anda bisa lebih cepat laku bahkan dikenal oleh masyarakat luas.

  1. Teruslah Berinovasi dan Lakukan yang Terbaik

Saat ini orang-orang di belahan dunia semakin canggih dan modern, terlebih lagi di bidang usaha. Oleh karena itu, Anda juga harus pandai membaca peluang dan jangan sampai ketinggalan dalam mengelola usaha. Semakin banyak konsumen yang bergantung kepada online shop, maka akan banyak juga pesaing dengan produk yang sama. Selain itu, Anda juga perlu melakukan survei untuk mencari bahan dasar yang lebih murah. Meskipun bahan dasarnya murah, Anda bisa melakukan inovasi dengan mengembangkan bahan dasar murah tersebut menjadi produk yang bernilai mahal. Jadi, Anda harus memiliki keahlian khusus agar produk-produk yang Anda jual tidak ketinggalan zaman serta akan selalu dilirik oleh para konsumen.

  1. Jadilah Pebisnis yang Jujur

Sebagai pebisnis yang ingin sukses, Anda tidak boleh curang dan hanya mementingkan keuntungan saja. Misalnya, Anda menjual barang yang ternyata ada kecacatan atau kerusakan. Nah, beritahukan saja kepada konsumen mengenai kecacatan tersebut atau segera menggantinya dengan yang baru. Jika konsumen tetap ingin membeli barang yang terdapat kecacatan tersebut, maka Anda bisa menjualnya dengan memotong harga dari harga asalnya. Daripada barang tersebut tidak ada yang membelinya bukan? Selain terhindar dari kerugian yang besar, dengan kejujuran Anda juga akan mendapat kepercayaan yang besar dari para konsumen. Dari sini, mereka akan percaya untuk terus membeli produk-produk Anda di online shop tersebut.

  1. Komitmen dan Terus Berdoa

Terakhir, tips mudah untuk memulai bisnis sendiri saat remaja adalah berkomitmen dan terus berdoa. Komitmen adalah sikap yang benar-benar harus dimiliki oleh seorang pebisnis, terlebih lagi jika Anda merupakan seorang remaja yang tingkat kestabilannya tergolong labil. Dengan komitmen, Anda harus bisa merintis usaha dengan penuh kesabaran serta tidak mudah putus asa dalam menjalankannya. Bukankah ada peribahasa yang mengatakan bahwa “Hasil tidak akan menghianati proses”. Jika Anda terus bersungguh-sungguh untuk bekerja keras, ulet dan tekun dengan apapun usaha yang dijalankan, maka hasil yang Anda peroleh juga akan lebih baik dibandingkan melakukan suatu pekerjaan dengan setengah hati. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa dan bertawakal, karena hakikatnya yang memberikan rezeki itu adalah Allah bukan uang.

Memiliki bisnis sendiri yang dirintis dari nol menjadi suatu kebanggaan dalam pencapaian, terlebih jika Anda merupakan seorang remaja. Jangan pernah merasa malu dengan profesi apapun, selama Anda mencari uang dengan cara yang halal. Justru sebagai kaum remaja yang ingin berusaha sukses dengan cara berbisnis sejak dini, Anda harus bangga serta bersyukur dengan semua ini. Jadi, teruslah berjuang untuk mencapai kesuksesan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top