Tips

Ingin Menaikkan Harga Tapi Takut Ditinggalkan Oleh Konsumen? Simak 5 Strategi Jitu Ini Agar Usaha Anda Tidak Merugi!

Sebagai penjual ataupun pembeli, Anda pasti merasa resah bila semua harga barang mengalami kenaikan. Apalagi, sebagai pelaku usaha Anda juga pasti akan merasa kesulitan bukan jika harga barang baku serba naik. Dengan adanya alasan tersebut, maka harga jual produk Anda pun akan ikut serba naik. Hal ini, tentu saja akan membuat para pelanggan menjadi komplain dan kabur dari usaha Anda. Untuk mengatasi masalah seperti ini, apa saja yang perlu Anda lakukan jika memang harga harus terpaksa naik? Yuk, simak 5 strategi jitu untuk menaikkan harga tanpa takut ditinggalkan oleh konsumen berikut ini.

  1. Melakukan Sosialisasi Kepada Konsumen

Strategi pertama yang harus Anda lakukan untuk menaikkan harga adalah melakukan sosialisasi kepada konsumen. Karena, bagaimana pun konsumen harus tahu apa yang sedang Anda rencanakan mengenai naiknya harga barang tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan, agar ketika rencana Anda nanti telah diterapkan maka konsumen tidak akan merasa kecewa dengan keputusan Anda. Apalagi, jika ada para konsumen yang sudah setia kepada usaha Anda selama bertahun-tahun lamanya. Oleh karena itu, beritahukan rencana ini kepada mereka jauh-jauh hari sebelum Anda merealisasikannya. Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan aplikasi media sosial dengan menyebarkan berita ini kepada masyarakat. Selain itu, Anda juga bisa memasang pemberitahuan di tempat usaha Anda agar konsumen dapat melihatnya secara langsung.

  1. Jujur dan Terbuka Kepada Konsumen

Jika tahap pertama sudah Anda lakukan, maka lakukanlah tahap selanjutnya yaitu terbuka kepada konsumen. Maksud dari kata terbuka di sini adalah Anda harus senantiasa bersikap jujur mengenai apa alasan Anda dalam menaikkan harga barang. Dengan sikap jujur dan terbuka, maka para konsumen pun dijamin akan memahami keadaan Anda. Bahkan, mereka akan menjadi sangat percaya serta terus loyal dengan usaha Anda.

  1. Memberikan Bonus Kepada Konsumen

Ketika konsumen mengunjungi tempat usaha Anda yang produknya sedang mengalami kenaikkan harga, maka bukan hal yang tidak mungkin mereka akan mengurungkan niatnya kembali untuk membeli produk Anda tersebut. Hal seperti ini, memang tidak jarang terjadi. Walaupun mereka bersedia membeli produk, namun pada akhirnya mereka akan mengeluh dan memutuskan untuk tidak membeli lagi di tempat usaha Anda. Maka dari itu, agar dapat mengantisipasi hal tersebut Anda perlu melakukan sebuah inovasi yang lebih kreatif untuk mengatasinya. Salah satu caranya, yakni memberikan bonus kepada konsumen. Dengan cara ini, maka konsumen tidak akan merasa terbebani dengan adanya kenaikan harga tersebut. Justru sebaliknya, dengan memberikan sebuah bonus mereka akan merasa diuntungkan. Karena, pada umumnya konsumen sangat menyukai hal-hal yang berbau bonus, hadiah atau kado. Dari sini, kepercayaan para konsumen pun terhadap usaha Anda akan kembali tumbuh dengan baik.

  1. Melakukan Strategi Bundling

Strategi selanjutnya yang bisa Anda terapkan untuk menaikkan harga produk adalah melakukan strategi bundling. Bundling merupakan strategi pemasaran yang menawarkan produk dengan paket tertentu. Misalnya konsumen membeli produk teh sebanyak dua box, di sini konsumen mendapatkan bonus satu bungkus teh. Dengan menjalankan strategi ini, maka akan memberikan kesan kepada konsumen bahwa kenaikkan harga yang Anda terapkan tersebut tidak terlalu besar dan merugikan mereka.

  1. Mengupgrade Mutu dan Layanan

Tips yang terakhir untuk menaikkan harga tanpa takut ditinggalkan konsumen adalah mengupgrade mutu dan layanan. Misalnya, dengan memperbaiki kemasan produk supaya tampilannya lebih menarik. Selain itu, Anda juga bisa membuat layout toko offline menjadi lebih fress lagi. Dengan cara seperti ini, maka mutu layanan Anda akan terlihat lebih responsive, ramah dan care. Jika cara mengupgrade mutu dan layanan ini sudah direalisasikan, selanjutnya Anda tinggal menaikkan harga tanpa takut konsumen kecewa dengan keputusan yang Anda buat.

Ingat, jika Anda tetap memaksakan untuk menjual produk dengan harga yang lama maka hal ini justru akan sangat mempengaruhi kondisi usaha Anda. Karena, selain keuntungan yang didapatkan akan sangat sedikit namun usaha Anda pun akan mengalami penurunan yang sangat cepat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: