Peluang Usaha

Ingin Menambah Uang Saku? Lakukan 4 Pekerjaan Paruh Waktu yang Pas Dilakukan Oleh Mahasiswa Ini!

Kewajiban utama seorang mahasiswa adalah menimba ilmu di kampus untuk memperoleh nilai yang memuaskan. Bahkan, untuk persoalan uang kebutuhan sehari-hari saja Anda tidak perlu khawatir karena ada orangtua yang masih menanggung kebutuhan Anda. Namun, uang saku yang diberikan oleh orang tua tersebut ternyata seringkali kekurangan untuk mencukupi kebutuhan bulanan. Jika Anda memang ingin hidup yang serba cukup, akan lebih baik berusaha sendiri untuk menambah pundi-pundi rupiah daripada terus menerus berpangku tangan kepada orangtua. Bukannya membanggakan mereka, tapi Anda malah memberikan beban. Nah, tentu saja Anda tidak mau terus menerus menyusahkan orangtua bukan? Oleh karena itu, yuk coba beberapa pekerjaan paruh waktu untuk menambah uang saku sekaligus menambah pengalaman berbisnis berikut ini.

  1. Menjadi Penulis Paruh Waktu

Jika Anda mempunyai bakat di bidang menulis, maka jangan sia-siakan kesempatan ini. Daripada bingung  mencari pekerjaan lain, sebaiknya manfaatkan bakat Anda dalam menulis tersebut untuk meraup keuntungan dari jasa penulis lepas. Lagipula, menjadi penulis lepas tidak akan menyita banyak waktu kuliah Anda kok. Karena, profesi sebagai penulis lepas ini memiliki jam kerja yang fleksibel baik itu waktu maupun tempat. Tidak hanya itu, keuntugan yang bisa Anda raih dari jasa penulis lepas ini juga sangat menggiurkan. Untuk memulainya, Anda bisa mencari info tentang lowongan kerja penulis lepas di internet. Di internet tersebut, banyak sekali website media online yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk menulis artikel-artikel sesuai dengan orderan mereka. Selanjutnya, Anda bisa coba melamar dan mengisi artikel yang sudah ditentukan. Jika tulisan yang Anda tuangkan bagus, maka Anda juga bisa berkesempatan untuk menjadi penulis tetap di web tersebut.

  1. Jasa Guru Les Privat

Selain untuk mencari uang, tentu Anda juga ingin bekerja untuk berbagi ilmu bukan? Nah, jika Anda merupakan mahasiswa dari jurusan MIPA maka cobalah menjadi guru les privat. Atau Anda mungkin memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik? Kenapa tidak mencoba untuk melamar kerja di tempat kursus bahasa asing saja? Tentu saja peluang usaha ini menggiurkan, karena di era sekarang ini anak-anak sekolah sangat membutuhkan jasa guru les privat. Bahkan, para orangtua pun rela mengeluarkan uang banyak agar anak-anak mereka bisa mendapatkan bimbingan khusus. Jadi, sebagai guru les privat Anda harus memiliki kesabaran yang ekstra untuk menghadapi para peserta didik. Saat Anda berbagi ilmu kepada mereka, di sini Anda pasti menemukan kepuasan yang tidak ternilai dengan uang lho. Namun, ada pengalaman dan tambahan ilmu yang begitu berarti daripada nilai uang yang Anda peroleh.

  1. Menjadi Penyiar Radio

Selanjutnya, pekerjaan paruh waktu yang bisa Anda coba adalah menjadi penyiar radio. Pasalnya, banyak juga penyiar radio yang ternyata masih berstatus mahasiswa lho. Jika Anda penggemar setia radio dan memiliki kemampuan yang baik di bidang ini, maka jangan takut untuk mencoba jadi penyiar radio. Untuk memulainya, Anda bisa melamar di radio yang memiliki segmentasi dan positioning yang sesuai dengan diri Anda. Agar tidak mengganggu kuliah Anda, sebaiknya mintalah untuk siaran radio pada jam-jam di luar jadwal kuliah. Nah, jika Anda sudah cukup bagus menjadi penyiar radio selanjutnya Anda juga akan sering ditawari menjadi MC di event-event yang seru. Wah, menarik yah.

  1. Kerja Paruh Waktu dengan Menjadi Barista

Banyak mahasiswa yang sering menghabiskan waktu di coffee shop. Daripada cuma nongkrong dan menghabiskan uang di coffee shop, lebih baik Anda mencari peruntungan dengan menjadi barista di coffee shop langganan tersebut. Apalagi jika Anda kuliah di kota besar, pasti ada banyak coffee shop bertebaran dimana-mana. Ada beberapa coffee shop yang membuka lowongan kerja bagi mahasiswa untuk kerja part time sebagai barista. Nah, melihat kesempatan ini cobalah untuk melamar kerja sebagai barista di tempat tersebut. Lagipula, para pemilik coffee shop biasanya memberikan keringanan jam kerja untuk para barista yang masih kuliah kok. Jadi, jam kerjanya bisa disesuaikan agar tidak bentrok dengan jadwal kuliah Anda.

Nah, selain 4 pekerjaan di atas masih banyak lagi pekerjaan paruh waktu yang pas dijalankan oleh mahasiswa. Di sini, Anda harus bisa melihat peluang dan memanfaatkan kesempatan serta keahlian yang sesuai dengan Anda. Dengan bekerja paruh waktu, Anda tidak hanya akan mendapatkan uang saja namun masa kuliah Anda juga akan semakin bermakna. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top