Tips

Ingin Menangkan Persaingan Bisnis? Pelajari Kompetitor Anda dengan 4 Cara Ini

menangkan-persaingan-bisnis

Dalam bisnis pastinya akan ada kompetisi atau persaingan. Dari persaingan inilah maka seorang pebisnis harus berusaha dan berjuang untuk bisa memenangkan persaingan. Dengan memenangkan persaingan maka bisnis Anda akan menjadi yang terdepan hingga mampu meraih sukses. Namun untuk bisa memenangkan persaingan tentu saja tidaklah mudah. Sebab harus ada perjuangan dan kerja keras yang harus dilakukan dengan dukungan strategi yang tepat. Selain itu mempelajari strategi yang dilakukan kompetitor juga akan sangat membantu Anda untuk bisa memenangkan persaingan bisnis. Tapi bagaimana caranya untuk bisa mempelajari kompetitor? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Kunjungi Toko Kompetitor

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa mempelajari kompetitor dan memenangkan persaingan adalah dengan mengunjungi toko kompetitor. Dengan mengunjungi toko kompetitor maka Anda akan memiliki padangan mengenai bisnis yang dijalankan. Meski tidak mengetahui rahasia perusahaan, tapi setidaknya ada beberapa hal yang bisa Anda telusuri dari bisnis yang dijalankan kompetitor seperti bagaimana kondisi tempat usahanya, bagaimana pelayanannya atau juga apa saja produk-produk yang dijualnya. Bila Anda dan pesaing adalah rival yang mungkin dari kedatangan Anda bisa menimbulkan kecurigaan, maka Anda bisa mengutus seseorang yang bisa dipercaya untuk mengunjungi toko kompetitor. Dari penjelasan orang yang Anda utus tersebut, Anda bisa mendapatkan gambaran strategi kompetitor dan kemudian melakukan langkah yang lebih baik untuk bisa memenangkan persaingan.

  1. Ikuti Media Sosial Kompetitor

Berikutnya, cara untuk bisa memenangkan persaingan bisnis adalah dengan mengikuti media sosial milik kompetitor. Saat ini media sosial memang akan selalu dijadikan andalan setiap pebisnis untuk bisa menjalankan strateginya. Nah dari sinilah Anda sebagai pebisnis yang ingin memenangkan persaingan harus mengetahui langkah-langkah dan strategi yang dijalankan pesaing di media sosial. Tapi untuk bisa melihat dan mengetahui apa-apa strategi yang dijalankan pesaing di media sosialnya, Anda terlebih dulu harus mem-follow akunnya. Dengan mengetahui strategi pesaing di media sosial maka Anda bisa lebih cermat untuk menentukan dan menempuh langkah-langkah untuk bisa mengatasi strategi pesaing dalam merebut pasar. Tapi bila Anda tidak mengikuti akun media sosialnya maka Anda tidak akan bisa mengetahui strategi yang dijalankan pesaing. Dari sini maka Anda pun lebih sulit untuk bisa menaklukkan pasar.

  1. Perhatikan Iklan Kompetitor

Hal berikutnya yang bisa kita perhatikan dari kompetitor untuk memenangkan persaingan adalah iklan. Bila kompetitor menjalankan strategi iklan, maka Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah bahan pertimbangan dan analisis kebijakan bisnis. Iklan sendiri memang memuat apa-apa yang ditawarkan sebuah bisnis kepada konsumen. Entah itu kelebihan, penarawan diskon, reward dan hal-hal lain yang mampu membuat konsumen tertarik membeli. Beberapa iklan bisnis juga ada yang memberikan informasi mengenai event yang akan diselenggarakan. Dari sini maka iklan kompetitor baik di ada di media massa atau media online akan bisa membuat Anda menjadikannya sebagai senjata untuk memukul balik tentunya dengan strategi yang lebih jitu dan ampuh guna memenangkan persaingan.

  1. Tanyakan Tanggapan Pelanggan Mereka

Selanjutnya, cara untuk memenangkan persaingan bisnis dengan cara mempelajari kompetitor yang dapat dilakukan yaitu dengan menanyakan tanggapan pelanggan. Tanggapan pelanggan dari kompetitor memang akan menjadi sebuah informasi berharga bagi bisnis Anda jika Anda mampu mendapatkannya. Jadi bila Anda bisa menemukan beberapa pelanggan dari kompetitor cobalah untuk melakukan wawancara dan bertanya beberapa hal berkaitan dengan bisnis kompetitor. Dari jawaban yang mereka berikan maka Anda akan bisa mendapatkan informasi yang berharga untuk Anda jadikan bahan pertimbangan penyusunan strategi bisnis yang lebih efektif hingga memenangkan pasar.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mempelajari kompetitor dan memenangkan persaingan. Setelah Anda mengetahui beberapa hal dari bisnis kompetitor maka supaya dapat memenangkan persaingan, Anda harus berbuat sesuatu. Sebab apa yang Anda lakukan ketika mengamati kompetitor ini hanya bersifat mencari informasi saja. Jadi Anda harus memikirkan dan rencanakan strategi yang lebih tepat dan efektif dibanding kompetitor dari informasi-informasi mengenai bisnis kompetitor yang telah didapat sebagai bahan pertimbangan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top