Peluang Usaha

Ingin Mendapat Pekerjaan yang Tetap? Coba 8 Jenis Profesi yang Menjanjikan dan Gak Bakal Punah Oleh Perkembangan Teknologi!

Meskipun perkembangan teknologi di dunia semakin canggih, tetapi tidak semua pekerjaan bisa digantikan oleh kecerdasan buatan manusia alias teknologi. Karena mau secanggih apapun, teknologi juga merupakan ciptaan manusia. Artinya, sampai kapan pun manusia akan menjadi salah satu penentu perkembangan zaman. Lalu, apa saja jenis profesi tersebut? Langsung saja, simak 8 jenis profesi yang menjanjikan dan gak bakal punah karena perkembangan teknologi berikut ini.

  1. Pengajar (Guru)

Profesi pertama yang menjanjikan dan gak bakal punah karena perkembangan teknologi yaitu pengajar atau guru. Meskipun Anda bisa belajar secara online melalui webinar dan lain sebagainya, tetap tidak semua orang bisa melakukannya secara online. Maka dari itu, tenaga pengajar akan menjadi profesi yang tidak akan bisa tergantikan oleh perkembangan teknologi. Pasalnya, pelajar saja membutuhkan jasa seorang guru untuk mengajarinya membaca, menulis dan sebagainya. Begitu juga dengan orang-orang yang memiliki keterbatasan di bidang pengetahuan. Tidak hanya sebatas guru saja, instruktur olahraga ataupun pekerjaan lainnya yang tugasnya mengajari seseorang juga merupakan tenaga pengajar.

  1. Dokter dan Tenaga Medis

Tidak hanya guru atau pengajar, teknologi juga tidak akan bisa selalu bertindak hingga menyentuh ranah dunia medis. Karena, pekerjaan ini bukan profesi sembarangan lho. Menjadi seorang dokter atau tenaga medis, berarti bertugas untuk menyelamatkan makhluk hidup. Oleh karena itu, tentu saja pekerjaan ini akan sangat dibutuhkan oleh manusia atau makhluk hidup yang membutuhkan dan tidak mungkin dilenyapkan. Ada banyak macam pekerjaan dokter diantaranya dokter hewan, dokter umum, dokter anak, dokter spesialis jantung dan masih banyak lagi.

  1. Aparat Keamanan

Jenis profesi yang satu ini juga cukup menjanjikan dan tidak akan punah oleh perkembangan teknologi lho. Sebus saja aparat keamanan, termasuk polisi yang bertugas menjaga keamanan dikalangan masyarakat. Tentu saja yang diamankan oleh aparat keamanan adalah manusia, berarti sudah sepantasnya mereka harus memiliki sifat kemanusiaan. Nah, jika profesi sebagai aparat keamanan ini dihilangkan maka masyarakat tidak akan aman lagi kehidupannya. Oleh karena itu, sangat mustahil kalau aparat keamanan ini dihilangkan.

  1. Pengacara

Perkembangan teknologi di dalam dunia hukum, memang berperan untuk membantu proses penyelidikan suatu kasus. Namun, seseorang yang membutuhkan bantuan proses penyelidikan tetap akan butuh jasa pengacara untuk bisa memenangkan segala gugatan hukum. Hal ini dikarenakan, pengacaralah yang akan berdebat mewakili kliennya nanti. Jadi, peran pengacara sangatlah diperlukan dan tidak akan bisa digantikan oleh tenaga robot.

  1. Seniman

Selanjutnya, profesi yang tidak akan punah karena teknologi adalah seniman. Apapun jenis seninya baik seni lukis, seni musik, sastra, ataupun perfilman tetap tidak akan punah karena teknologi. Fungsi teknologi di sini, justru hanya membantu mereka untuk menciptakan karya seni agar lebih praktis. Misalnya, dulu rekaman masih memakai pita kaset dan jika ada yang salah harus diulang dari awal. Sedangkan, sekarang ini rekaman sudah bisa dilakukan melalui laptop.

  1. Atlet

Jenis profesi ini tidak akan mudah digantikan oleh kecerdasan buatan, karena atlet atau olahragawanlah yang akan mengharumkan nama bangsa ini. Nah, sudah pasti profesi sebagai atlet akan terus ada bukan?

  1. Praktisi Personalia

Praktisi personalia juga merupakan profesi yang menjanjikan dan tidak akan punah karena teknologi. Namun, mereka yang bekerja di sektor ini tentu harus memiliki kelihaian terutama dalam membaca karakter seseorang. Selain itu, tentu saja harus banyak mengerti perasaan orang lain. Nah, tidak mungkin teknologi bisa menggantikan peranan seorang praktisi personalia. Akan tetapi, peran teknologi di sini hanya membantu mereka untuk mengumpulkan data serta menyelesaikan pekerjaannya.

  1. Jurnalis

Terakhir, profesi yang tidak akan punah karena teknologi adalah jurnalis. Jurnalis, memang termasuk profesi dengan level stres yang cukup tinggi lho. Namun, profesi ini akan tetap ada sampai kapan pun. Secanggih apapun teknologi yang bisa mengumpulkan data-data seputar peristiwa yang terjadi, hal ini tetap tidak akan luput dari hasil laporan jurnalis. Selain itu, di dalam proses liputan peristiwa para jurnalis juga harus memiliki keahlian berkomunikasi yang baik agar pesan yang disampaikan dapat dicerna oleh seluruh masyarakat.

Demikian ulasan tentang 8 profesi yang menjanjikan dan diprediksi  tidak akan punah oleh perkembangan teknologi. Jika Anda merupakan salah satu orang yang ingin bekerja dalam kurun waktu yang lama, maka tidak ada salahnya bukan mencoba jenis pekerjaan di atas. Selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top