Keuangan

Ingin Mengirit Biaya Perawatan Mobil Anda? Cek Disini !

Salah satu transportasi yang dimiliki masyarakat saat ini ialah mobil. Mobil sendiri bisa juga dijadikan lahan bisnis yang mampu membantu keuangan keluarga anda. Kini banyak yang memanfaatkan mobil sebagai sarana bisnis transportasi online layaknya ojek online. Cukup berbekal mobil dan aplikasi yang diunduh dan diaplikasikan pada smartphone anda saja sudah mampu membuat anda menjadi bagian dari driver online. Tak heran jika kebutuhan masyarakat akan mobil kian naik setiap tahunnya. Untuk mendapatkan sebuah mobil diperlukan dana yang lumayan besar apalagi jika anda membeli secara cash.

Anda juga harus membayar pajak kendaraan setiap tahunnya yang besarannya bisa mencapai ratusan bahkan jutaan rupiah tergantung dari harga mobil itu sendiri. Tak berhenti disitu saja anda juga akan dibebankan biaya perawatan yang tidak bisa dianggap sedikit. Untuk itu tak ada salahnya jika anda mulai membiasakan diri berhemat supaya biaya yang anda keluarkan setiap tahun tidak terlalu membengkak.

  • Luangkan Waktu Mencuci Mobil Sendiri

Poin  pertama untuk menghemat biaya perawatan mobil bisa dimulai dengan langkah kecil yakni mencuci mobil anda disaat ada waktu luang. Mencuci mobil sendiri tak harus setiap minggu jika anda sibuk cukup lakukan dua minggu sekali atau sebulan 3 kali.  Sebelum memakai sempatkan beberapa menit untuk memanaskannya serta mengecek kondisi ban mobil anda. hal ini untuk menghemat biaya perbaikan serta menjaga mobil anda agar tetap awet digunakan.

  • Gunakan Bahan Bakar Yang Tepat

Gunakan pula bahan bakar yang tepat dan direkomendasikan oleh pabrikan. Jangan sembarangan membeli bahan bakar, berhemat bukan berarti mengedepankan pembelian barang murah. Bahan bakar yang baik biasanya memiliki oktan yang tinggi sebab mampu menekan pemakaian bahan bakar. Selain itu penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi tidak akan meninggalkan residu pada mesin mobil anda.

  • Bijak Menggunakan Fasilitas Mobil Anda

Dalam menggunakan mobil cobalah untuk mematikan AC jika tidak dipergunakan. Matikan mesin mobil jika anda dalam keadaan berhenti di suatu tempat dalam kurun waktu yang lama.  Jangan lupa untuk selalu menjaga RPM atau putaran mobil serta tune up berkala.

  • Ganti Oli Itu Penting

Untuk menjaga kinerja mobil selalu baik jangan lupa untuk mengganti oli mobil anda. Gantilah oli mobil ketika sudah menempuh 5.000 km dan 10.000 km untuk oli filter. Oli berguna sebagai pelumas mesin mobil agar menjaga kinerja mesin tetap berjalan dengan baik. Cek pula keadaan busi, lampu dan timing belt. Jika anda menggunakan aki basah jangan lupa untuk mengecek setiap dua minggu sekali. Yang tidak kalah penting lagi ialah memeriksa radiator. Radiator merupakan pendingin suhu bagi mesin mobil. Anda perlu mengisi cairan radiator dengan radiator coolent.

  • Pergunakan Mobil Sesuai Kebutuhan

Untuk menghemat biaya perawatan mobil anda juga harus bijak menggunakannya. Gunakanlah mobil anda memang jika diperlukan apabila hanya untuk ke tempat yang tak begitu jauh dan tak membawa barang banyak lebih baik memakai kendaraan lain seperti sepeda atau motor.

  • Pakailah Asuransi Mobil

Tak ada salahnya bagi anda untuk ikut asuransi mobil guna memberikan perlindungan jika terjadi hal – hal yang tak diinginkan. Asuransi mobil juga akan memberikan penggantian jika terjadi kecelakaan atau kerusakaan mobil maupun tindak pencurian. Kini banyak asuransi mobil yang ditawarkan dengan iuran premi yang terjangkau.

 

 

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: