Tips

Ingin Sukses? Coba Terapkan 5 Pemikiran Gila dari Bob Sadino Ini

bob-sadino

Bicara tentang Bob Sadino, kita memang langsung akan teringat sosok pengusaha nyentrik. Bagaimana tidak, pria kelahiran Bandar Lampung, 9 Maret 1933 ini memang selalu berpenampilan apa adanya dengan menggunakan celana pendek di mana pun ia berada, termasuk saat mendatangi acara resmi sekalipun. Meski demikian nama Bob Sadino di Indonesia sudah bukan lagi nama yang asing. Sebab pria bernama lengkap Bambang Mustari Sadino ini merupakan pengusaha sukses yang banyak menjadi inspirasi bagi pengusaha lainnya. Meski kini beliau telah tiada, tapi pemikirannya tentang bisnis yang sedikit agak gila, tetap dikenang dan menjadi legenda. Nah, berikut ini adalah beberapa pemikiran gila dari Bob Sadino tersebut.

  1. Jangan Banyak Rencana, Karena Rencana adalah Bencana

Pemikiran gila pertama dari Bob Sadino yaitu jangan banyak rencana, karena rencana adalah bencana. Pemikiran semacam ini memang sangat diluar kebiasaan dalam dunia usaha. Bila kebanyakan pengusaha untuk menghindari kerugian dia harus membuat plan atau rencana, maka hal ini ternyata tidak berlakuk bagi Bob Sadino. Baginya, rencana memang tak akan selalu berjalan lurus. Maka dari itu dari pada menghabiskan waktu untuk membuat rencana, menurutnya seorang pebisnis haruslah langsung action. Menurut Bob Sadino, perencaanaan memang harus dikerjakan oleh orang tersendiri yakni orang yang belajar ilmu manajemen. Karena pebisnis tidak belajar ilmu itu, maka alangkah lebih baik menurut Bob, pebisnis langsung action atau mempraktikkannya. Bob Sadino sendiri dalam riwayat bisnisnya tidak pernah melakukan perencanaan. Termasuk untuk bisnis peternakan ayamnya yang sukses, Bob menjelaskan bahwa dirinya membangun peternakan tersebut tanpa perencanaan.

  1. Pemikiran Gila Bob Sadino “Carilah Kegagalan dan Kerugian”

Biasanya orang atau pebisnis akan sebisa mungkin menghindari yang namanya kegagalan dan kerugian. Kedua hal ini memang akan membuat seseorang akan mengalami keterpurukan. Apalagi bila pebisnis tadi tidak siap mental, maka keterpurukan yang ada bisa membuat jiwanya terguncang dan stress. Tapi anehnya Bob Sadino mengharuskan para pebisnis untuk mencari kegagalan dan kerugian. Menurutnya, dalam dunia bisnis, kerugian merupakan bagian tak terpisahkan dan pasti harus dilewati. Tapi dari kerugian inilah, pengusaha bisa belajra bagaimana caranya bisa meraih sesuatu yang lebih baik. Dan nantinya menurut Bob Sadino, kesuksesan atau keberhasilan seorang pebisnis akan muncul saat dirinya sudah melewati beberapa kegagalan dan kerugian.

  1. Jangan Kebanyakan Analisis

Berikutnya, pemikiran gila dari Bob Sadino untuk pebisnis yang ingin mencapai sukses adalah jangan kebanyakan analisis. Seperti halnya tidak kebanyakan rencana, terlalu banyak analisis menurut Bob Sadino akan membuat pebisnis sulit melangkah. Jika pebisnis sudah sulit melangkah maka ia akan sulit mendapati dirinya sukses. Alih-alih kebanyakan analisis, menurut Bob Sadino, seorang pebisnis haruslah selalu take action atau segera bertindak. Tak perlu analisis yang panjang, tapi segeralah memulai usaha karena tanpa segera memulai maka ia tidak akan pernah tahu bagaimana keuntungan dan risikonya.

  1. Orang Bodoh Jadi Bos

Karena pemikiran inilah Bob Sadino dalam riwayat hidupnya memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya di Amsterdam dan kembali ke Indonesia untuk membuka usaha. Menurut Bob Sadino, setinggi-tingginya jabatan yang diperoleh di kantor atau perusahaan, ia tetap berstatus sebagai pegawai. Tapi sekecil apapun usaha yang dimiliki seseorang maka dia tetap menjadi bosnya. Maka dari itu orang-orang sukses yang muncul dari dunia entrepreneur ini tak jarang mereka yang banyak ditolak perusahaan. Tentu penolakan perusahaan ini pasti berangkat dari penilaian yang rendah terhadap calon karyawan tersebut. Tapi saat ia menjalankan bisnis, seperti Jack Ma yang mendirikan Alibaba.com, ia kemudian meraih sukses. Menurut Bob Sadino, Anda tak perlu binggung saat sudah menjalankan bisnis. Sebab untuk mengembangkan usaha, Anda tinggal merekrut orang-orang pintar untuk membantu Anda.

  1. Menjadi Peka Berkat Jalanan

Terakhir, pemikiran gila ala Bob Sadino untuk para pebisnis yang ingin sukses adalah menjadi peka berkat jalanan. Bagi Bob Sadino, banyak hal yang bisa diperlajari dari kehidupan di jalanan. Bahkan realitas hidup sebenarnya sebenarnya ada di jalanan. Maka dari itu Bob yang pernah bertahun-tahun hidup di jalanan selalu peka dan tahu celah-celah untuk mensukseskan bisnisnya. Jadi menurut Bob Sadino, pebisnis yang ingin sukses haruslah selalu mengerti dan memahami keadaan pasar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top