Tips

Ingin Sukses di Tahun 2019? Tingkatkan Personal Branding Anda di Tahun Babi Tanah Ini!

Di zaman sekarang yang serba berbasis teknologi informasi, hampir semua orang bergantung pada teknologi informasi untuk memanfaatkannya sebagai ranah mencari kepopuleran. Seperti mendapat durian runtuh, mereka bisa terkenal dalam waktu yang dekat dan cepat bahkan berkat hal-hal yang unik serta ekstrim. Tidak heran, banyak orang yang semakin berlomba-lomba untuk membuat sensasi demi populer di dunia maya. Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya popularitas yang didapatkan secara spontan tidak akan bertahan dalam waktu yang lama? Oleh karena itu, diperlukan personal branding yang sangat kuat agar seseorang tersebut dapat bersaing secara sehat khususnya dalam hal mendapatkan popularitas atau karir. Nah, bagaimana dengan Anda sendiri? Sudahkah memiliki personal branding yang kuat? Kalau belum, pastikan untuk meningkatkannya sekarang juga. Apalagi, di tahun babi tanah ini akan menjadi hal yang sangat pas untuk meningkatkan personal branding yang salah satunya muncul semangat baru untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Lalu seperti apa cara sukses untuk meningkatkan personal branding? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Kenali dan Pahami Diri Sendiri dengan Baik

Mengenal dan memahami diri sendiri memang menjadi suatu hal yang kelihatannya mudah, namun sebenarnya sulit untuk dilakukan oleh banyak orang. Apalagi adanya pengaruh dari orang sekitar, sehingga menyulitkan bahkan menjauhkan Anda dalam proses mengenali diri sendiri. Akibatnya, Anda jadi tidak bisa mengenali jati diri yang sebenarnya termasuk soal pengembangan diri. Memang benar kesuksesan tidak terlepas dari pengaruh orang sekitar, akan tetapi sebaiknya Anda harus fokus untuk mengenali diri sendiri sebelum mendengarkan perkataan orang lain. Dengan cara seperti ini, tentu Anda akan lebih mudah memilah mana yang baik untuk perkembangan diri. Jika Anda mendapatkan perkataan orang lain yang sifatnya menjatuhkan, maka sebaiknya jauhkan diri Anda segera dari mereka agar tidak terpengaruh dan menghambat proses penemuan jati diri.

  1. Milikilah Karakter yang Kuat dan Kreatif

Setelah Anda mampu mengenali diri sendiri dengan baik, tentu Anda juga akan mampu membangun karakter diri yang kuat dan baik dalam meningkatkan personal branding bukan? Dalam diri seseorang pasti memiliki karakter yang berbeda-beda, namun pilihlah sifat yang kreatif dan inovatif untuk lebih dimunculkan. Maksudnya karakter tersebut harus memiliki keunikan tersendiri serta tidak pasaran, jadi karakter unik yang Anda miliki akan lebih mudah dikenali oleh banyak orang.

  1. Tentukan Positioning yang Tepat dan Benar

Positioning memang tidak pernah lepas dari yang namanya sebuah brand, karena positioning ini dapat membangun karakter brand seseorang agar lebih dikenal oleh banyak orang. Dalam personal branding, Anda dituntut untuk menonjolkan keunggulan diri sendiri demi mendapatkan perhatian orang lain. Cobalah bersikap lebih totalitas dalam melakukan segala hal, apabila Anda ingin mendapatkan positioning yang baik di tengah masyarakat. Contohnya Anda berkeinginan menjadi seorang fashion blogger, maka Anda harus totalitas dan menunjukan yang terbaik dalam urusan pakaian sehingga dapat menginspirasi banyak orang.

  1. Perbaiki Konten-Konten Anda di Sosial Media

Hampir semua orang pasti tahu, sosial media memang dapat meningkatkan popularitas seseorang dengan cepat. Bahkan tanpa di sadari, sosial media juga dapat merenggut privasi seseorang. Artinya, orang lain dapat dengan mudahnya menilai kualitas dan kepribadian seseorang hanya melihat dari postingan yang diunggah dari sosial media miliknya. Oleh karena itu, perbaikilah konten-konten Anda dan sebaiknya jangan mengunggah konten yang berbau SARA di sosial media. Hal ini dikarenakan, konten yang berbau SARA dapat memicu pertentangan di masyarakat yang secara tidak langsung bisa merusak citra dalam dunia kerja Anda. Sebaliknya, unggah saja konten yang berkualitas dan bermutu sesuai dengan karakter Anda yang dapat menginspirasi banyak orang untuk menjadi seseorang yang baik dan patut diacungi jempol atas prestasinya.

  1. Promosikan Diri Anda Secara Tepat

Jangan lupa untuk mempromosikan diri secara tepat dan baik, karena promosi ini dibutuhkan agar audiens dapat lebih mengenal sosok diri Anda yang sebenarnya. Untuk mendapatkan hasil yang baik, Anda dapat melakukan promosi dengan cara membagikan konten yang menarik, kreatif dan berkualitas secara rutin baik itu sehari sekali atau tiga kali. Jika perlu, Anda bisa membangun interaksi dua arah dengan audiens ataupun bisa dengan sering mengikuti event guna memperluas jaringan sosial Anda. Dari sini, Anda bisa lebih dikenal dengan mudah oleh banyak orang.

Setelah Anda mampu memperbaiki dan meningkatkan personal branding, sebaiknya jangan langsung berpuas diri. Namun, pikirkan dengan baik cara yang paling tepat untuk mempertahankan reputasi tersebut sehingga tidak mudah tergoyahkan oleh isu-isu miring dan negatif dari masyarakat yang dapat menurunkan reputasi Anda. Terus berhati-hati dalam melakukan apapun, termasuk saat mengunggah sebuah konten. Jika terjadi kesalahan yang tidak disengaja pun, segeralah untuk meminta maaf kepada publik agar kesalahan tidak terus berkepanjangan di kemudian hari. Dengan begini, reputasi dan personal branding Anda akan tetap terjaga dan dapat terus berkembang dengan baik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top