Bisnis Online

Ingin Ubah Pelanggan di Media Sosial Menjadi Brand Ambassador? Terapkan Tips Ini

Brand-Ambassador

Memiliki pelanggan di media sosial tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Dengan semakin banyaknya pelanggan maka tingkat penjualan produk Anda juga akan semakin baik. Namun keuntungan Anda sebagai pebisnis akan berkali-kali lipat bila Anda bisa mengubah pelanggan jadi brand ambassador. Brand ambassador atau duta merk memang hal yang sangat menguntungkan bagi bisnis bila dimiliki. Hal ini karena dengan adanya brand ambassador maka Anda bisa mendapatkan promosi produk bisnis Anda. Namun biasanya untuk bisa mendapatkan brand ambassador ini Anda harus menyiapkan dana untuk membayar mereka. Tapi bila Anda mampu menjadikan pelanggan sebagai brand ambassador tentunya Anda tak perlu membayar mereka. Tentu sangat menarik kan bila Anda bila menerapkannya dalam bisnis. Nah bila Anda mau mengubah pelanggan di media sosial menjadi brand ambassador maka Anda bisa menerapkan beberapa tips ini.

  1. Jadilah Cepat Tanggap

Pertama, tips yang perlu Anda terapkan untuk bisa mengubah pelanggan jadi brand ambassador adalah dengan menjadi cepat tanggap. Konsumen memang tidak suka dengan menunggu ketika mereka ingin membeli atau menggunakan jasa bisnis Anda. Bisnis online yang mampu menanggapi konsumennya dengan cepat dan tidak memang akan memiliki perbedaan. Perbedaannya adalah bisnis yang bisa menanggapi konsumen dengan cepat mereka akan mendapatkan feedback dan testimoni yang baik dari pembelian yang dilakukan konsumen atau pelanggan. Nah dengan Anda menjaga konsistensi untuk selalu cepat tanggap melayani konsumen maka Anda akan bisa mengubah para pelanggan menjadi brand ambassador untuk bisnis Anda.

  1. Jadilah Transparant

Keterbukaan di media sosial merupakan sesuatu yang penting untuk pembeli. Sebab, di media sosial yang merupakan dunia online, pembeli sering kali menjadi korban yang mengakibatkan kerugian karena ketidakterbukaan penjual. Maka dari itu untuk menghindari kekecewaan konsumen atau pelanggan maka Anda sebagai pebisnis sudah seharusnya bersikap terbuka atau transparan. Bersikap terbuka atau transparan sendiri bukan berarti Anda harus membuka rahasia perusahaan. Tapi menjadi transparan ini maksudnya adalah harus terbuka dengan produk yang Anda jual. Jangan membohongi konsumen dengan melebih-lebihkan produk. Karena bila hal ini diketahui konsumen maka akan membuat mereka kecewa. Sementara itu bila Anda selalu konsisten dengan keterbukaan mengenai produk maka mereka bukan hanya akan selalu membeli produk Anda tapi untuk menjadi brand ambassador, mereka juga tak akan keberatan.

  1. Jadikan Semuanya Terorganisir

Selanjutnya, untuk bisa mengubah pelanggan menjadi brand ambassador, tips yang harus Anda terapkan adalah menjadikan semuanya terorganisir. Dalam perusahaan, termasuk bisnis online yang semakin berkembang, maka manajemen organisasi memang penting untuk selalu diperhatikan. Sebab hanya dengan manajemen yang terorganisir maka Anda akan bisa menciptakan layanan yang paling memuaskan untuk konsumen. Untuk mengubah pelanggan menjadi brand ambassador memang dibutuhkan sebuah hal yang tidak main-main. Sebab, pelanggan yang mempromosikan brand Anda adalah sebuah keuntungan luar biasa karena Anda tak perlu membayar mereka. Maka dari itu Anda tak perlu ragu untuk menjadikan manajemen organisasi dalam bisnis online selalu optimal. Pasalnya dengan optimalnya manajemen organisasi, konsumen atau pelanggan bisa merasakan maksimalnya bisnis Anda sehingga mereka juga merasakan kepuasan. Dari kepuasan yang dirasakan pelanggan inilah maka mereka pun akan mau untuk menjadi brand ambassador tanpa Anda minta sekalipun.

  1. Jadilah Konsisten

Terakhir, tips mengubah pelanggan menjadi brand ambassador adalah dengan menjadi konsisten. Konsistensi memang menjadi penentu bagi Anda untuk mencapai keberhasilan melaksanakan tips-tips di atas. Sebab semua hal memang membutuhkan konsistensi yang selalu terjaga setiap waktunya. Dan bila Anda menjalankan tips-tips ini hanya sewaktu-waktu saja maka apa yang Anda kerjakan tidak akan jadi maksimal atau bukan tidak mungkin mengalami kegagalan. Jadi pastikan saja Anda ketika menjalankan satu tips, terapkan terus secara konsisten hingga terbiasa dan kemudian Anda bisa berpindah ke tips lainnya untuk diterapkan secara konsisten pula.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengubah pelanggan di media sosial menjadi brand ambassador. Dengan keutamaan dan keuntungan luar biasa yang bisa didapatkan dari menjalankan tips ini maka Anda sebagai pebisnis seharusnya tak perlu ragu untuk menerapkannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top