Keuangan

Ini Cara Sri Mulyani Atur Uang, Yakin Gak Mau Ikutan?

Sri Mulyani merupakan salah satu wanita yang cukup berpengaruh di negeri ini. Mantan pegawai World Bank tersebut menduduki jabatan menteri keuangan hingga dua periode. Kemampuan Sri Mulyani dalam  mengatur keuangan tak perlu dipertanyakan lagi. Berkat Sri Mulyanilah peningkatan pajak bisa terjadi berkat terobosan tax mnesty yang diusulkannya. Sri Mulyani juga punya beberapa tips keuangan untuk anda yang ingin hidup hemat berikut ini !

Tentukan Prioritasmu

Keuanganmu tak akan pernah  stabil bila tak mau menentukan prioritas. Sri Mulyani pernah menyatakan prioritas tak bisa didikte oleh orang lain. Hanya anda sendiri yang bisa mengatur dan menetapkan prioritas itu sendiri. Ini artinya dalam soal atur duit hanya andalah kunci dari keuangan tersebut. saat membeli sesuatu jangan langsung tergoda dengan barang tersebut. Coba pikirkan dahulu apakah anda benar-benar membutuhkan produk tersebut atau tidak.

Jangan Melebihi 10 % Untuk Buying Online

Kesalahan milenial zaman now ialah terpaku pada smartphone. Mereka mudah tergiur untuk belanja online apalagi jika ada diskon dan promo. Membiasakan diri untuk terbiasa membeli barang online bisa berakibat fatal. Kelihatannya tak nampak secara langsung namun lama-lama bikin kantong kempes. Ada baiknya untuk membeli barang online tidak lebih dari 10 % apalagi jika tidak benar butuh. Selalu sisakan 20 % pendapatan anda untuk menabung setiap bulannya.

Ingat Jangan Menumpuk Hutang

Utang biasa jadi andalanmu untuk menutupi semua tagihan tersebut. tidak ada yang melarang untuk melakukan hutang. Biarpun begitu ingatlah jangan selalu bergantung padanya. Banyak utang tidak baik untuk kesehatan keuangan. Dalam utang tak jarang anda juga harus melunasi beban bunganya. Untuk menghindari utang akan lebih baik membayar semua tagihanmu dulu di awal pendapatan diterima. Setelahnya baru distribusikan untuk keinginanmu sendiri.

Be Yourself, Jangan Kebanyakan Gaya

Bergayalah sesuai dengan dompetmu, jangan mudah ikut-ikutan orang lain. Jadilah diri anda sendiri. Untuk apa mengikuti  gaya hedon orang lain yang malah  membuat anda rugi setelahnya. Jangan mau jadi boneka yang didikte oleh orang lain. Apalagi hanya untuk mendapatkan pujian keren dari teman-temanmu. Misalnya saja anda melihat teman  memakai sepatu bagus. Andapun termotivasi untuk membeli sepatu baru biarpun yang anda gunakan saat ini masih bagus.

Berinvestasilah !

Entah baby bloomers, milenial ataupun generasi Z sekalipun membutuhkan investasi. Apapun generasinya investasi selalu akan direkomendasikan dari generasi ke generasi. Investasi merupakan cara mengamankan keuangan di masa depan. Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa anda coba. Ada investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Anda bisa memilih investasi yang menawarkan resiko rendah. Beberapa investasi dengan resiko rendah ialah deposito, emas hingga reksadana.

Manfaatkan Waktu Untuk Hal Yang Berguna

Tidak hanya dari segi belanja aja anda perlu fokus namun segi waktu juga perlu diperhatikan. Manfaatkan waktu anda untuk hal-hal yang lebih berguna. Jangan hanya terpaku pada akun gossip yang tak ada gunanya. Anda bisa menyimak berita terkait investasi, pola hidup sehat hingga reportase terkait berita saat ini. Menggunakan waktu untuk hal yang tak ada gunanya akan menjerumuskan anda dalam kebiasaan yang tak baik.

Berhemat itu bisa sukses bilamana anda punya komitmen pada diri sendiri. Tidak mudah terperdaya oleh orang lain. Banyak bersyukur atas apa yang diterima saat ini. Tidak lupa selektif dalam memilih teman. Teman bisa jadi motivator anda untuk menjadi pribadi yang baik atau salah satu faktor yang membuang anda bangkrut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top