Lainnya

Ini Cara Untuk Mempertahankan Status Star Seller Toko Di Shopee

star-seller-shopee

Memiliki toko dengan status star seller di marketplace Shopee memang akan menjadi sebuah nilai plus tersendiri bagi Anda. Mengapa? Sebab dengan status star seller ini, Anda akan berpeluang lebih besar untuk mendapatkan pembeli. Konsumen atau pembeli memang lebih menyukai melakukan transaksi di tempat yang kredibel seperti toko dengan status star seller di Shopee. Namun meski Anda sudah memiliki status star seller di Shopee, bila Anda melakukan kesalahan, bisa jadi status tersebut akan bisa dianulir atau dihilangkan. Lalu bagaimana cara agar status star seller ini tetap bisa kita pertahankan? Jawabannya adalah dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

  1. Detail No. KTP telah sukses diterima dan disetujui oleh Shopee

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan status star seller di Shopee adlaah dengan memastikan detail KTP telah sukses diterima dan disetujui pihak Shopee. Identitas kependudukan memang akan dibutuhkan untuk proses verifikasi data yang nantinya akan dijadikan landasan Anda berkegiatan di Shopee.

  1. Toko mempunyai persentase chat dibalas >= 70%

Untuk menjadi toko star seller Anda membutuhkan angka lebih dari 80 persen chat dibalas. Nah setelah mendapatkan status star seller, tidak lantas kemudian Anda tidak mau lagi merespon chat dari konsumen. Sebab bila kemudian Anda tidak merespon chat konsumen lagi, maka bisa jadi status star seller Anda akan dicabut. Setidaknya Anda harus menjaga konsistensi Anda untuk merespon chat ini dengan persentase lebih dari 70 persen saja. Dengan tetap bisa merespon chat lebih dari 70% maka status star seller Anda akan tetap bertahan.

  1. Toko mempunyai penilaian >= 4.5

Berikutnya, syarat untuk mempertahankan status star seller di Shopee adalah memiliki penilaian lebih dari 4.5. Dalam setiap pembelian yang dilakukan konsumen memang mereka berhak melakukan penilaian atau rating. Dari 5 bintang yang ada, tentu nilai lebih dari 4.5 bukanlah hal yang mudah didapatkan. Sebab bila produk Anda tidak bisa benar-benar memuaskan pembeli, ketentuan nilai lebih dari 4.5 untuk mempertahankan status star seller ini akan sulit untuk diperoleh.

  1. Toko memiliki minimum jumlah transaksi berhasil sebesar 50 pesanan dalam sebulan terakhir

Tidak hanya harus memiliki penilaian lebih dari 4.5, Anda yang ingin mempertahankan status star seller harus juga mendapatkan jumlah transaksi berhasil minimal 50 pesanan dalam satu bulan. Mendapatkan pembeli atau pesanan sebanyak 50 order dalam sebulan bisa menjadi perkara mudah atau sulit. Menjadi sulit bila Anda menjalankan toko dengan malas. Tapi bisa saja Anda mendapatkan lebih dari 50 pesanan bila Anda menjalankan toko dengan sungguh-sungguh.

  1. Toko memiliki persentasi produk Pre-order < 20% selama < 5 hari dalam 30 hari terakhir

Mengenai produk pre-order, Anda juga diberikan ketentuan yakni kurang dari 20% selama kurang dari 5 hari dalam 1 bulan untuk bisa mempertahankan status star seller.

  1. Toko melayani 25 Pembeli berbeda dalam sebulan terakhir

Selanjutnya, cara dan ketentuan yang harus dilakukan untuk mempertahankan status star seller di Shopee adalah melayani 25 pembeli berbeda dalam satu bulan terkahir. Mendapatkan konsumen yang berbeda sebanyak 25 pembeli dalam satu bulan tentu bukan hal yang bisa dianggap enteng. Pasalnya, Anda harus bisa terus bekerja keras untuk mengelola toko dengan lebih baik lagi agar bisa menarik banyak pembeli.

  1. Toko memiliki poin penalty sebanyak < 3 poin

Jangan sampai Anda melakukan kesalahan hingga berbuah penalty. Sebab bila Anda melakukannya maka Anda akan mendapatkan poin penalty yang dapat mempengaruhi status star seller toko. Setidaknya jangan sampai Anda mengkoleksi poin penalty sebanyak 3 poin atau lebih untuk bisa mempertahankan status star seller.

  1. Tidak mempunyai riwayat pesanan yang tidak wajar, kejanggalan pada aktivitas akun, atau penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi

Terakhir, cara dan syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa mempertahankan status star seller di Shopee yaitu tidak mempunyai riwayat pesanan yang tidak wajar. Selain itu hindari kejanggalan pada aktivitas akun. Terakhir, Anda juga tidak diperkenankan melakukan penyalahgunaan program lainnya untuk kepentingan pribadi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top