Lainnya

Ini Dia 5 Kesalahan dalam Membangun Brand yang Sering Dilakukan Pebisnis, Waspadai!

bangun-brand-bisnis

Dalam bisnis, brand memang merupakan sesuatu yang penting dan tak boleh terlupakan. Dengan adanya brand maka sebuah bisnis bisa dikenali dan diingat dengan baik oleh konsumen. Tidak hanya itu ketika brand sudah populer dalam waktu yang lama, hal ini akan membuat produk bisnis akan melekat dalam alam bawah sadar konsumen. Saat ini terjadi maka bisnis Anda pun bisa terjual secara otomatis. Sayangnya tidak semua pebisnis mampu membangun brand bisnis dengan baik. Alih-alih membangun brand dengan baik, mereka malah melakukan kesalahan yang berbuntut pada kegagalan tujuan bisnis. Nah inilah beberapa kesalahan yang sering dilakukan pebisnis dalam membangun brand.

  1. Menjadikan Pesaing Sebagai Orientasi

Kesalahan pertama yang sering dilakukan pebisnis dalam membangun brand adalah menjadikan pesaing sebagai orientasi. Membangun brand memang harus bertujuan atau berorientasi pada pelanggan bukan pesaing. Karena bisnis yang sama bisa jadi punya target pasar yang berbeda. Walaupun target pasar kedua bisnis sama, tetap saja ada faktor karakteristik dari masing-masing konsumen atau pelanggan yang bisa jadi berbeda-beda. Maka dari itu dari pada pusing-pusing memikirkan pesaing, lebih baik Anda fokus pada konsumen atau pelanggan ketika membangun brand. Pahami mereka dengan baik dan buat dan bangunlah brand bisnis Anda sesuai dengan karakteristik pelanggan.

  1. Berpikir Bahwa Nama Tidaklah Penting

Ketika membuat dan membangun brand bisnis tentunya Anda harus menyiapkan sebuah nama. Nah ketika akan memberikan nama maka Anda harus lebih cermat. Pasalnya nama brand ini sesuatu yang penting. Sebab dari nama brand ini bisnis Anda akan diperkenalkan ke publik. Jika nama brand Anda tepat untuk sebuah promosi penjualan, maka masyarakat akan mudah menerima brand tersebut. Ketika masyarakat sudah bisa menerima brand bisnis Anda maka tujuan bisnis akan berpeluang lebih tercapai. Sayangnya beberapa pebisnis yang ada beranggapan bahwa nama brand ini tidak terlalu penting. Tentu saja anggapan ini sesuatu yang keliru. Untuk membuat nama brand sendiri usahakan tidak rumit atau sederhana, mudah diingat serta tidak mengandung arti negatif di suatu daerah.

  1. Tidak Mendefinisikan Fokus

Brand bisnis yang baik adalah yang mampu mendefinisikan fokus dan tujuannya. Ketika brand dibuat dengan definsi fokus yang tepat, maka akan dapat dengan mudah untuk mencapai apa yang diharapkan. Sayangnya di lapangan, tidak sedikit pebisnis yang membangun brand tanpa fokus yang jelas. Mereka membuat dan membangun brand dengan dasar keharusan saja. Padahal brand ini merupakan identitas bisnis yang mampu membawa perusahaan pada eksistensi dan keberlanjutan. Maka dari itu Anda yang sedang membangun brand bisnis cobalah untuk mengarahkan pada fokus definisinya agar apa yang dicita-citakan dalam bisnis Anda akan mudah untuk dicapai.

  1. Tidak Menggunakan Konten Visual yang Kuat

Berikutnya, kesalahan pebisnis saat membangun brand adalah tidak menggunakan konten visual. Ketika membangun brand bisnis, Anda memang tidak boleh melewatkan konten visual. Masyarakat yang sudah sangat terbiasa dengan konten visual membuat Anda sebagai pebisnis juga tak boleh melupakannya. Jadi saat membangun brand, jangan hanya berfokus pada teks saja, tapi cobalah hadirkan juga gambar atau video. Ketika menghadirkan gambar atau video ini, Anda juga harus membuatnya dengan sungguh-sungguh. Pastikan gambar dan video yang ditampilkan mampu mewakili brand Anda dan juga dapat menarik minat publik. Dengan menghadirkan konten visual yang kuat maka brand bisnis Anda akan lebih mudah diterima masyarakat.

  1. Berasumsi Bahwa Brand Akan Cepat Mengudara

Terakhir, kesalahan yang seringkali dilakukan pebisnis ketika membangun brand adalah berasumsi bahwa brand akan cepat mengudara. Untuk mencapai suskes, termasuk sukses brand, tentu ada proses yang terlebih dulu harus dilewati. Dan dalam proses menuju keberhasilan mempopulerkan brand ini bisa jadi ada banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Sebagus apapun brand yang Anda buat, perlu usaha dan perjuangan yang harus dilakukan supaya brand jadi populer. Semua brand bisnis besar yang ada saat ini pun juga pernah mengalami lika-likunya. Jadi jika Anda berpikir bahwa brand bisnis yang Anda bangun akan cepat mengudara dan populer tentu hal tersebut merupakan sebuah kesalahan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top