Peluang Usaha

Ini Dia 6 Bisnis Sampingan Terbaik dengan Modal Minim

Di zaman yang serba modern ini, ada banyak jenis usaha sampingan yang bisa ditekuni. Mungkin Anda saat ini belum menemukan pilihan yang tepat mengenai usaha sampingan yang terbaik, modal minim dan untungnya besar. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar dalam mencari bisnis sampingan yang sesuai dengan keinginan tersebut. Ada banyak jenis usaha sampingan, namun tidak semua pekerjaan dipandang baik dan menjanjikan. Berikut ini adalah 6 bisnis sampingan terbaik dengan modal minim, siapa tahu cocok untuk Anda jalankan.

  1. Usaha Broker

Usaha broker atau makelar adalah salah satu bisnis sampingan yang bisa Anda geluti di sela-sela pekerjaan utama. Untuk memulainya, Anda cukup menawarkan atau mempromosikan produk orang lain kepada calon pembeli. Misalnya, ada salah seorang pemilik properti yang ingin menjual rumahnya seharga Rp. 200 juta. Sementara itu, Anda mengenal salah seorang calon pembeli yang sedang mencari rumah atau hunian. Di sinilah tugas seorang broker, Anda bisa menjadi perantara atau penghubung antara penjual dan pembeli rumah. Kepada pemilik properti tersebut, Anda juga harus menawarkan calon pembeli rumah dengan catatan Anda harus diberi komisi. Besarnya komisi sesuai dengan kesepakatan, misalnya 5 persen atau 10 persen dari harga rumah. Jadi, Anda bisa mendapatkan komisi sebesar Rp. 10 juta hingga Rp. 20 juta per-unit rumah.

  1. Bisnis MLM

Siapa yang tidak mengenal bisnis Multi Level Marketing atau MLM? Bisnis MLM ini memang semakin menggeliat dari waktu ke waktu, meskipun persaingannya semakin sengit. Selain itu, usaha bisnis MLM juga penuh tantangan karena dalam menjalankannya Anda dituntut untuk bisa meyakinkan para konsumen agar membeli produk dengan harga yang mahal. Ada banyak produk jenis MLM yang bisa Anda tekuni seperti kosmetik, alat kesehatan, peralatan rumah tangga dan lain-lain. Agar keuntungan yang didapatkan lebih besar, maka Anda harus pintar mengatur jaringan. Dimana semakin banyak anggota yang direkrut, maka penghasilan yang akan didapatkan juga semakin besar. Begitupun seterusnya, hingga beberapa tingkatan dibawahnya.

  1. Bisnis Investasi

Bisnis investasi merupakan salah satu bisnis sampingan yang hampir tidak membutuhkan usaha apa-apa, bahkan Anda tetap bisa menjalankannya di tengah kesibukan aktivitas yang padat. Hal yang perlu Anda lakukan di sini adalah menggelontarkan dana untuk membeli aset yang bernilai, kemudian menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi. Saat harga jual jauh lebih tinggi dari harga beli, maka Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga tersebut. Semakin tinggi marginnya, potensi keuntungan yang didapatkan pun akan semakin besar. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda coba seperti rumah, tanah, kendaraan, perhiasan dan lain-lain.

  1. Bisnis Waralaba

Semakin hari, keberadaan usaha franchise atau bisnis waralaba semakin berkembang. Ada banyak peluang usaha tersedia mulai dari usaha makanan, minuman, pakaian, produk kosmetik, hingga brand-brand tertentu. Banyak juga peluang usaha tersedia yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda, termasuk menyesuaikan waktu yang dimiliki untuk menjalankan bisnis waralaba. Hal pertama yang harus Anda lakukan saat menjalankan bisnis waralaba adalah memilih produk yang tepat dan laris, menentukan margin keuntungan, teknik pemasaran dan lain sebagainya.

  1. Bisnis Pulsa Elektrik

Jenis usaha sampingan yang satu ini merupakan bisnis yang tergolong mudah dijalankan, modal minim dan untung besar. Sebab, bisnis pulsa elektrik bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja. Misalnya di lokasi tempat kerja, di sekolah, di kampus atau bahkan membuka konter pulsa kecil-kecilan. Meskipun margin keuntungan yang didapatkan tidak terlalu besar dari setiap kali transaksi, tetapi nilainya akan besar jika jumlah pembeli semakin banyak. Untuk memulai bisnis pulsa elektrik, Anda cukup mempunyai modal awal dari mulai Rp. 500 ribu hingga Rp. 1 juta.

  1. Usaha Air Minum Isi Ulang

Jika Anda memilih usaha air minum isi ulang sebagai bisnis sampingan, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Pasalnya, kebutuhan manusia terhadap air minum tidak akan pernah ada habisnya. Bahkan manusia modern saat ini lebih menyukai hal-hal yang praktis, termasuk untuk air minum cepat saji yang bisa langsung di minum. Untuk memulainya, Anda cukup membeli seperangkat alat galon dan alat pendukung lainnya. Pastikan, air sumur Anda steril dan baik untuk diminum. Dari sini, Anda bisa langsung beroperasi dan melayani konsumen.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: