Lainnya

Ini Dia 6 Daftar Sekolah untuk Anda yang Ingin Langsung Kerja Setelah Lulus Kuliah

Mendapatkan pekerjaan yang lebih mapan setelah lulus kuliah merupakan salah satu alasan kenapa seseorang memilih sekolah ataupun kampus. Namun, ada juga sebagian orang yang baru lulus atau fresh graduate justru tidak langsung bekerja. Tingkat pengangguran di Indonesia pun masih tergolong tinggi, diantaranya adalah anak muda yang mendominasi penggangguran tersebut. Meskipun demikian, kini ada lebih dari 4.500 perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta di Indonesia yang diantaranya memastikan peluang kerja bagi lulusannya. Kampus tersebut adalah yang memiliki ikatan dinas dengan para mahasiswanya. Bagi Anda yang ingin cepat kerja setelah lulus kuliah, berikut adalah 6 daftar sekolah yang bisa langsung kerja setelah lulus.

  1. Akademi Militer di Magelang

Sekolah pertama yang berpeluang langsung kerja setelah lulus kuliah adalah akademi militer. Sesuai dengan namanya, kampus ini khusus mendidik calon perwira militer. Nah, bagi Anda yang bercita-cita menjadi seorang tentara maka bisa masuk ke akademi militer ini. Dijamin, setelah Anda lulus langsung bisa berkarya. Untuk bisa masuk ke akademi militer ini, ada syarat tertentu antara lain berusia 17-22 tahun dan tentunya tidak bertindik atau bertato. Selain itu, ada syarat lainnya yang bisa Anda lihat di situs resminya. Di situs resmi inilah, Anda bisa sekaligus mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru akademi militer.

  1. Politeknik Statistika di Jakarta Timur

Selain akademi militer di Magelang, ada juga politeknik statistika sebagai sekolah yang berpeluang langsung kerja setelah lulus kuliah. Bagi Anda yang suka mengulik data dan matematika, bisa mencoba daftar ke politeknik statistika ini. Apalagi, politeknik statistika dikelola langsung oleh Badan Pusat Statistik dengan sistem kedinasan lho. Syarat untuk bisa mendaftar ke politeknik statistika cukup lumayan, yaitu Anda harus memiliki nilai mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris minimal 7. Selain itu, juga harus berusia 16-21 tahun. Jika sudah memenuhi syarat dan kriteria, maka Anda bisa menjadi mahasiswa di politeknik statistika ini.

  1. Akademi Kepolisian di Semarang

Berkaitan dengan sekolah akademi militer, akademi kepolisian ini khusus mendidik calon perwira polisi. Jika masuk ke akademi kepolisian, maka setelah lulus akan langsung menjadi seorang polisi. Untuk bisa mendaftar ke akademi kepolisian ini, Anda harus berusia minimal 18 tahun dan belum pernah dipidana. Bagi Anda yang ingin mendaftar, bisa langsung daftar secara online melalui situsnya.

  1. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Tangerang

Jika melihat posisi Indonesia yang terletak di zona bencana, maka bekerja di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika sepertinya akan sangat menyenangkan. Bagi Anda yang tertarik bekerja di bidang ini, coba saja mendaftar di sekolah tinggi meteorologi, klimatologi dan geofisika yang berlokasi di Tangerang. Tentu saja berpeluang langsung kerja, karena sekolah ini berada di bawah Badan Meteorologi. Namun sama seperti sekolah lainnya, sekolah ini juga memiliki peraturan tertentu sebagai syarat masuk. Diantaranya yaitu harus berusia minimal 16 hingga 21 tahun. Jika Anda berkacamata boleh saja, asalkan minusnya maksimal 2. Nah, bagi Anda yang berminat lihat saja situs resmi STMKG. Di sini, informasinya lengkap lho.

  1. Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional di Yogyakarta

Sekolah tinggi pertahanan nasional, berada dalam pengelolaan Badan Pertahanan Nasional yang juga memberi ikatan dinas. Akan tetapi, tidak semua lulusan programya otomatis menjadi calon pegawai negeri sipil. Sebagai salah satu syarat utama, harus berusia maksimal 23 tahun. Selanjutnya, Anda bisa akses info dan pendaftaran melalui website STPN.

  1. Akademi Ilmu Pemasyarakatan di Depok

Tidak jauh dari urusan pertahanan negara dan hukum, akademi ilmu pemasyarakatan ini berada di bawah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Bagusnya lagi lulusannya bisa langsung bekerja yaitu di badan yang dikelola oleh Kemenkumham, seperti lembaga pemasyarakatan dan imigrasi. Untuk bisa sekolah di akademi ilmu pemasyarakatan, Anda harus berusia 18-22 tahun. Selanjutnya, Anda juga bisa mencari informasi lebih lengkap di situs resminya.

Itu dia 6 daftar sekolah yang bisa langsung bekerja setelah lulus, keberadaan 6 sekolah itu pastinya sangat membantu mengurangi tingkat pengangguran bukan? Namun, ada beberapa yang harus Anda ingat yaitu syarat dan ketentuan untuk masuk sekolah tersebut. Bahkan, diantaranya ada yang memberi beasiswa dan uang saku lho. Meskipun demikian, tidak lantas Anda terbebas dari tanggung jawab. Sebab, sekolah kedinasan tersebut umumnya menerapkan disiplin yang amat ketat. Jadi, Anda juga harus mempersiapkan mental untuk mengahadapi segala resiko yang akan dihadapi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top