Keuangan

Ini Dia Alasan Kenapa Melunasi Utang Sering Jadi Hal yang Sulit!

sulit-lunasi-hutang

Sebagian orang bisa merasakan hidupnya tentram dan nyaman, karena bisa melunasi utangnya bahkan hingga yang menumpuk sekalipun. Dengan melunasi utang, maka tidak perlu ada lagi istilah punya utang seperti dikejar setan. Pernyataan tersebut sih untuk mereka yang nggak punya utang, namun beda halnya dengan yang masih punya utang banyak. Memangnya kenapa sih, kok banyak orang yang tidak bisa melunasi utangnya? Lalu, apa saja faktor atau penyebab seseorang tidak bisa melunasi utangnya tersebut? Berikut beberapa alasan utama yang menyebabkan seseorang tidak bisa melunasi utangnya. Yuk simak, siapa tahu alasan ini sama dengan yang Anda alami.

  1. Tidak Punya Cukup Uang

Ini nih alasan utama kenapa banyak orang tidak bisa melunasi utangnya, sebut saja karena tidak punya cukup uang untuk membayarnya. Jangankan untuk membayar utang, untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya saja masih terbilang sulit bagi mereka. Jika sudah begini, tentu saja tidak bisa membayar utang. Agar bisa melunasi utangnya tersebut, maka salah satu solusinya adalah harus menambah penghasilan dan menerapkan hidup hemat. Sehingga, mereka bisa melunasi utang-utangnya dan mencegahnyaagar tidak terus menumpuk.

  1. Tidak Berniat Membayar Utang

Alasan selanjutnya yang membuat seseorang tidak bisa melunasi utangnya, yaitu karena tidak berniat untuk membayar utang. Bahkan, sering kali si pemberi pinjaman kesal karena ulah si peminjam yang mempunyai utang tapi gak punya inisiatif untuk membayarnya. Nah, orang dengan tipe seperti inilah yang biasanya akan mau membayar utangnya jika sudah ditagih oleh peminjamnya. Bahkan, ada juga sebagian orang yang baru membayar utangnya jika sudah berulang kali ditagih. Ada salah satu solusi yang bisa dilakukan jika menghadapi orang yang tidak berniat membayar utang seperti ini, yaitu sebagai penagih Anda harus sabar dan cobalah terus menyadarkan dirinya bahwa utang merupakan kewajiban yang harus di bayar. Dengan terus menyadarkannya hingga dia sadar, maka si pengutang akan lancar membayar utang kepada Anda tanpa harus ditagih terus-menerus.

  1. Mengutang Terus-Menerus

Demi memenuhi kebutuhannya, banyak orang rela mengutang. Mulai dari kalangan masyarakat biasa, pengusaha, hingga para artis pun banyak yang rela mengutang. Hal ini di contohkan oleh salah satu presenter dan selebgram Indonesia yang bernama Angela Lee dan berutang hingga Rp. 25 miliar. Alasan Angela Lee tidak bisa melunasi utangnya tersebut yaitu karena dia cenderung gali lobang tutup lobang atau ngutang untuk bayar utang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda jangan nekad ngutang sebelum utang lainnya lunas. Jika ini terjadi, bukannya utang Anda terbayar tapi malah terus menggunung dan bertambah.

  1. Merasa Utang Bukanlah Beban

Pernah tidak Anda menemui orang yang memiliki banyak utang, tapi hidupnya merasa tidak punya beban? Banyak sekali orang dengan tipe ini, mereka terlihat santai dan acuh sekali. Parahnya lagi, bukannya mereka melunasi utang dengan cara di cicil tapi malah asik belanja ini itu. Bagi Anda yang memiliki utang tapi memiliki sikap seperti ini, sebaiknya cepat sadar dan perbaiki keuangan Anda untuk segera melunasi utang-utang Anda agar cepat lunas. Jika sudah lunas, maka Anda akan benar-benar merasakan kenyamanan hidup yangsesungguhnya.

  1. Nilai Utang yang Lebih Besar Dibandingkan Pendapatan

Jika Anda mau berutang silahkan saja, namun besaran utang harus diperhitungkan juga. Karena, jangan sampai besaran utang melebihi nominal pemasukan Anda. Misalnya Anda mau mengkredit motor atau mobil, maka besaran cicilan tidak boleh melebihi 30 persen dari penghasilan Anda. Apabila melebihi batas kemampuan Anda, dikhawatirkan Anda tidak akan bisa membayar cicilan. Alih-alih untuk membayar cicilan per-bulan, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun tidak cukup. Bahkan, ada juga orang yang mempunyai utang melebihi pendapatannya. Ada yang meminjam ke bank, koperasi atau bahkan ke teman-temannya. Dengan banyaknya pinjaman di sana sini, akhirnya membuat utang mereka terus menumpuk. Supaya ini tidak terjadi pada diri Anda, maka sebelum mengutang lihatlah dan ukur kondisi keuangan Anda terlebih dahulu. Dari sini, Anda tidak akan terjerumus oleh utang yang bisa merugikan hidup Anda.

Nah, itu dia 5 alasan utama kenapa melunasi utang sering menjadi hal yang sulit dilakukan. Ingat, utang itu adalah kewajiban yang harus dilunasi. Karena, utang merupakan hak orang lain yang harus dipenuhi. Jika tidak bisa membayar utang, sebaiknya jangan pernah mau mengutang!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top