StartUp dan UKM

Ini Dia Produk Asli Indonesia Yang Pasti Anda Klaim Milik Luar Negeri

Stigma masyarakat yang menilai produk luar negeri yang lebih baik dari dalam negeri masih saja berkembang hingga kini. Tak heran jika produk dalam negeri sulit bersaing di negeri sendiri karena kepercayaan konsumen local yang masih rendah. Padahal beberapa produk local bahkan bisa menembus pasar mancanegara bahkan digunakan oleh orang ternama yang mungkin anda idolakan. Beberapa produk ini pasti anda kira brand luar negeri padahal aslinya made in Indonesia lho. Penasaran? Yuk intip produk apa sajakah yang dimaksud tersebut.

J.Co Donuts & Coffee

Anda langganan donat dari J.Co? berbanggalah bahwa merk ini asli punya Indonesia. J.Co sendiri didirikan oleh pengusaha salon bernama Johnny Andrean. Munculnya ide untuk membangun donat J.Co ialah dari pengalaman Johnny sendiri yang sering melakukan perjalanan bisnis ke AS. J.Co sendiri mengkhususkan produknya untuk donat,kopi dan yogurt beku. Ia mulai didirikan pada tanggal 18 Mei 2006 di Lippo Karawachi dan telah berdiri di berbagai negara.  Selain J.Co ternyata Johnny juga membuka franchise dibidang kuliner lainnya seperti BreadTalk.

Hoka Hoka Bento

Dari namanya saja terdengar seperti nama yang berasal dari Jepang. Memang benar Hoka Hoka Bento atau Hokben menawarkan beragam menu khas Jepang namun merek ini asli Indonesia. Hokben berdiri sejak 1985 dan gerai pertamanya didirikan di kebun kacang. Dahulunya Hokben merupakan tempat makan milik PT.Eka Bogainti yang kantor pusatnya berada di Jakarta. Siapa sangka jika restaurant ini malah laris manis di pasar dalam negeri hingga memiliki gerai sebanyak 350 di seluruh wilayah Indonesia.

Terry Palmer

Namanya boleh saja kebarat-baratan namun merk ini asli Indonesia. Produk unggulannya yaitu handuk sering dijadikan pilihan hotel-hotel kelas atas untuk kebutuhan kamar mandi kamar hotel mereka.  Handuk yang diproduksi oleh PT.Indah Jaya ini bahkan telah diekspor ke Australia, Jepang, Amerika hingga Eropa. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1962 dan dipimpin oleh generasi ketiga yang mana pabrik utamanya berdiri di tanah seluas 40 hektar yang ada di Tangerang.

Buccheri

Buccheri sering dikenal sebagai produk impor padahal aslinya produk tanah air. Merek ini pertama kali diperkenalkan ke khalayak pada tahun 1980 oleh PT.Vigano Cipta Perdana.  Buccheri sendiri merupakan merk tas kulit dan sepatu yang namanya bahkan sudah dikenal di pasar mancanegara. Ketimbang mengutamakan keuntungan Buccheri lebih focus untuk memproduksi produk yang nyaman dan berkualitas.

Nexian

Produk smartphone china memang lagi hits dikalangan pengguna smartphone. Pasalnya fitur yang ditawarkan beragam dengan RAM dan kapasitas memori yang besar. Keunggulannya tentu saja harganya yang murah. Tahukah anda dari beragam merk smartphone yang anda fikir berasal dari China ternyata ada yang berasal dari tanah air. Produk tersebut tidak lain ialah Nexian  yang mulai beroperasi sejak tahun 2006 silam. Produk Nexian sendiri juga murah meriah dan digunakan oleh banyak kalangan menengah ditanah air.

Polygon

Untuk urusan merek sepeda yang dikenal bagus,nyaman digunakan dan awet pasti kebanyakan akan merekomendasikan Polygon. Polygon ini ternyata juga produk asli buatan Indonesia yang sering difavoritkan sebagai merek sepeda andalan. Produk polygon sendiri sudah ada lebih dari 30 negara yang memproduksi sepeda mini hingga sepeda gunung.

Banyak sekali merek-merek local yang anda sangka sebagai produk luar negeri padahal buatan dalam negeri.  Setelah mengetahui banyaknya produk local yang ternyata memiliki kualitas tak kalah dengan brand luar negeri tentu anda semakin optimis untuk lebih konsumtif pada produk local, bukan?

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top