Lainnya

Ini Dia Tahapan-Tahapan Pendidikan Yang Wajib Ditempuh Seorang Pilot

Pada masa kecil, salah satu cita-cita yang menjadi favorite oleh anak laki-laki adalah seorang pilot. Terkadang ada juga anak perempuan yang ingin menjadi seorang pilt. Pilot memang menjadi daya tarik yang kuat sebagai jenis profesi yang bergengsi sampai sekarang. Menjadi pilot adalah salah satu pekerjaan yang menyenangkan menurut sebagian orang. Namun, sebagian orang juga beralasan tidak menyukai perkerjaan ini disebabkan takut akan ketinggian serta menempuh pendidikan yang sedikit sulit tahapannya. Nah berbicara mengenai pilot, profesi ini juga salah satu profesi yang memiliki penghasilan cukup tinggi. Penghasilan seorang pilot ini erat hubungannya dengan jam terbang setiap pilot. Jam kerja tinggi seorang pilot mempengaruhi pangkat seorang pilot. Jam kerja ini ditentukan dalam peraturan yang berlaku. Dapat disebut jam kerja seorang pilot ini adalah kurun waktu yang dihitung saat melapor ke dinas terbang sampai seorang pilot menyelesaikan tugas-tugas resmi yang telah dilakukan. Jadi, semakin tinggi pangkat seorang pilot semakin banyak pula penghasilan yang didapat.

Sebelum menjadi pilot yang profesional, terdapat rangkaian tahap yang harus dilalui oleh calon pilot. Anda dapat menyimak beberapa ulasan di bawah ini tentang tahapan-tahapan pendidikan menjadi seorang pilot. Berikut ulasannya:

Memilih Sekolah Penerbangan Dan Melakukan Pendaftaran

Setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), yang harus anda lakukan adalah telah menyiapkan beberapa nama sekolah penerbangan. Memilih sekolah penerbangan yang terbilang terpandang sehingga nantinya siswa yang telah lulus di sekolah tersebut mendapatkan pekerjaan yang menjamin dan terikat kerja dengan maskapai yang bersangkutan agar tidak kesulitan mencari kerja di maskapai lainnya. Di samping itu, anda juga dapat mencari sekolah penerbangan yang menyediakan beasiswa agar biaya tak memberatkan anda dalam menempuh pendidikan. Jika sudah menemukan sekolah yang akan dituju, anda dapat melakukan pendaftaran dengan menyiapkan berkas dan formulir yang ditentukan sekolah penerbangan tersebut. Usahakan anda lolos dalam administrasi data sebelum melakukan tahap selanjutnya. Sebab administrasi data adalah kunci awal anda masuk ke tahap berikutnya.

Test

Point terpenting dari kelas penerbangan adalah melakukan test. Mulai dari psikotest, TPA (Teks Potensi Akademik), TOEFL, TOEIC, Medical Check Up, Aptitude test, dan wawancara. Semua test tersebut harus anda kuasai jika ingin mengejar impian sebagai pilot profesional. Sebab, jika anda gagal disalah satu test saja anda akan gagal dalam mengejar impian sebagai pilot. Test tersebut saling berkaitan satu sama lain. Jadi persiapkan matang-matang untuk dapat masuk ke tahap selanjutnya.

Mendapatkan Licence

Dalam sekolah pilot atau penerbangan, anda akan wajib mendapatkan tanda kelulusan yang berupa ‘license’ atau dalam dunia kendaraan biasa disebut SIM (Surat Izin Mengemudi). Gambaran license ini ada tahap tersendiri diantaranya adalah PPL (Private Pilot License) dan CPL (Commersial pilot License. Untuk mendapatkan PPL anda perlu mengumpulkan 50-70 jam terbang. Ketika sudah mendapatkan license ini ada sudah berhak mengemudikan pesawat tanpa dipunggut biaya. Namun PPL ini belum dapat digunakan untuk bekerja dan sebagai mata pencaharian. Berbeda dengan CPL, CPL adalah tahap lanjutan dari PPL. Untuk mendapatkannya, kalian harus menyelesaikan PPL terlebih dahulu setelah itu anda dapat mengatur 150-160 jam terbang. Barulah anda dapat terjun ke dunia penerbangan.

Setelah Lulus Sekolah Penerbangan

Setelah melalui beberapa rangkaian tahapan dari sekolah penerbangan. Setelah lulus dari sekolah penerbangan, anda tidak langsung diizinkan mengemudikan sebuah pesawat. Terlebih dahulu anda harus masuk ke dalam kelas penerbangan lagi selama 3-5 bulan. Anda juga akan mengikuti simulator, dan beberapa pengecekkan pesawat. Setelah itu, akan akan dimasukkan ke dalam penerbangan seorang observer selama 5 kali. Kemudian anda akan diangkat sebagai Co-Pilot terlebih dahulu untuk dipantau sejauh mana perkembangan anda. Barulah setelah itu anda akan diangkat sebagai pilot sesungguhnya.

Itulah beberapa rangkaian tahapan pendidikan yang harus dilakukan untuk menjadi seoraang pilot. Bagaimana? lumayan panjang bukan? Oleh karena itu, untuk mengejar impian anda sebagai seorang pilot profesional, sebaiknya persiapkanlah matang-matang sebelum anda mencobanya! Good Luck!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top