Tips

Ini Dia Wejangan Ridwan Kamil Untuk Anda Yang Hendak Membuka Usaha Di Bandung

Ini Dia Wejangan Ridwan Kamil Untuk Anda Yang Hendak Membuka Usaha Di Bandung – Siapa yang tak kenal kota Bandung? Ibukota propinsi Jawa Barat ini memang menyimpan banyak keunikan tersendiri. Mulai dari budaya, kuliner, tempat wisata, hingga fashion. Bahkan Bandung juga disebut-sebut sebagai pusat mode di Indonesia. Maka tak heran jika selain berwisata, banyak wisatawan yang berkunjung ke Bandung hanya untuk berburu aneka jenis fashion.

Jika beberapa fashion identik dengan brand keluaran merek terkenal, di Bandung aneka jenis fashion yang dijual lebih banyak diproduksi oleh tangan-tangan kreatif masyarakatnya. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen, karena produk yang mereka beli tidak akan mereka temui di toko atau kota-kota lain. Begitupun soal kualitas dan harga, semua produk-produk fashion di Bandung memiliki kualitas yang tidak main-main, serta harga yang terjangkau. Bahkan ada beberapa produk yang sudah di ekspor hingga keluar negeri.

maxresdefault

Bisnis fashion di Bandung memang memiliki peluang yang menggiurkan, akan tetapi masih banyak bisnis lainnya yang bisa anda pilih disana. Salah satunya adalah bisnis kuliner. jumlah pendatang di Bandung, kususnya mahasiswa semakin tahun semakin bertambah. Hal inilah yang menjadi salah satu factor bisnis kuliner di Bandung sangat menjanjikan. Belum lagi dengan banyaknya para wisatawan yang berkunjung. Aneka jenis makanan mulai yang dijual dipinggir jalan, hingga restoran mewah tersedia disana dan memiliki penikmatnya masing-masing. Anda yang ingin membuka bisnis kuliner disana tentunya harus pintar membuat menu atau konsep yang unik, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Selain fashion dan kuliner, industri kerajinan rumah tangga seperti usaha handmade juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Seperti dijelaskan diatas, jika jumlah mahasiswa, pendatang, dan wisatawan yang berkunjung ke bandung semakin tahun semakin bertambah. Ketika berkunjung ke suatu kota, pastinya wisatawan ingin membeli aneka kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh, begitupun di Bandung. Jenis home industri di Bandung yang bermodalkan kreativitas memang sangat banyak. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai limbah untuk bisa dijadikan suatu produk baru yang memiliki nilai seni tinggi. Selanjutnya produk-produk tersebut dapat dipasarkan keberbagai tempat wisata di Bandung.

Sebagai wali kota Bandung, Ridwan Kamil pun selalu mendukung dengan para pelaku usaha di Bandung. Beliau mengingatkan kepada para pengusaha mikro agar lebih kreatif dalam mengembangkan bisnisnya. Salah satu yang disarankan oleh beliau adalah dengan memanfaatkan teknologi digital, sehingga produk yang dijual-belikan dapat dikenal oleh masyarakat secara luas, tidak hanya di kota Bandung saja.maxresdefault-1

“jadi saya lagi memotivasi warga Bandung untuk menggunakan media digital, supaya usahanya gak hanya dikenal di kota Bandung,” kata Ridwan Kamil

Ridwan kamil percaya, hingga saat ini kota Bandung termasuk salah satu daerah yang cukup aktif dalam trasaksi jual beli secara online. Bahkan untuk membantu masyarakat Bandung memperkenalkan produk-produknya Ridwan Kamil bekerjasama dengan Pemkot dan salah satu aplikasi toko jual beli online terkenal di Indonesia. Melalui kerjasama tersebut, Bandung memiliki laman khusus di aplikasi toko jual beli online, sehingga memudahkan warganya yang akan membuka usaha.

Sebelumnya, Ridwan Kamil juga telah memberi dukungan nyata terhadap para pelaku usaha mikro di Bandung dengan menghapus izin bagi usaha kecil. Artinya, semua pelaku usaha seperti UKM bisa langsung berjalan dengan tanpa adanya pengajuan izin. Hal ini dilakukan, Karena menurutnya pendirian usaha baru seperti UKM rawan terhadap pungutan liar. Selain soal penghapusan izin, Pemkot Bandung juga telah menerapkan berbagai layanan pemerintah berbasis online yang akan memberikan kejelasan antara waktu dan pelayanan.

Berbagai kemudahan pelayanan yang telah diberikan oleh Pemkot bandung tentunya memiliki harapan tersendiri bagi Ridwan Kamil. Beliau meminta supaya pelaku usaha menengah di Bandung bisa segera go international dengan mendaftarkan produk-produknya ke catalog international. Selain mendorong untuk segera go international, beliau juga meminta remaja kota Bandung agar selalu aktif dan terus berinovasi sehingga dapat membuka peluang usaha yang lebih baik lagi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: