Lainnya

Ini Lo Yang Bisa Dilakukan Samsat Online Untuk Melayani Anda

Ini Lo Yang Bisa Dilakukan Samsat Online Untuk Melayani Anda – Masyarakat merupakan suatu komponen penting dalam suatu negara, karena salah satu syarat agar suatu negara dapat dibilang negara adalah dengan terdapatnya masyarakat didalamnya. Untuk mewujutkan kehidupan masyarakat yang tentram dan sejahtera. Diperlukan sistem pemerintahan yang dapat memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat. Pelayanan publik merupakan salah satu tugas dan fungsi penting pemerintah, dalam menyelengarakan tugas-tugas pemerintahannya untuk menuju pemerintahan yang baik. Dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang.

Munculah inovasi baru yaitu sistem informasi managemen (SIM) berbasis online web service (esamsat). Bisa juga disebut dengan samsat online menjadi salah satu solusi. Samsat merupakan suatu sistem administrasi yang dibentuk untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat.  Kegiatan SAMSAT diselengarakan dalam satu gedung. Kantor bersama SAMSAT (sistem administrasi manunggal satu atap) merupakan salah satu tempat pelayanan publik yang menangani pembayaran pajak kendaraan bermotor (BBNKB), pengesahan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK), dan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLL), yang akan selalu berubah. Menyesuaikan dengan kondisi perkembangan masyarakat yang selalu menuntut adanya peningkatan pelayanan publik

Samsat merupakan kerjasama suatu sistem kerjasama terpadu antara polri, dinas pendapatan provinsi, dan PT jasa raharja (persero). Dalam hal ini, polri memiliki fungsi penerbitan STNK. Dinas pendapatan provinsi menetapkan besarnya pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN_KB). Sedangan PT jasa Raharja mengelola sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SDKLL). Lokasi kantor bersama samsat umumnya berada dilingkungan kantor polri disetiap daerah yang ada di Indonesia.

Layanan yang bisa anda peroleh dari SAMSAT online atau berjaring ini adalah:

Pembayaran Pajak

Memudahkan warga masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Yakni dengan pelayanan ini warga masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan. Cukup mendatangi kantor SAMSAT terdekat. Tentang kebijakan SAMSAT online bertujuan agar masyarakat lebih mudah untuk melakukan kewajiban mengurus perpanjangan/pengesahan STNK, membayar pajak maupun SWDKLLJ dikantor SAMSAT dimana saja yang mereka inginkan dengan mudah dan cepat. Penerapan samsat online ini juga bertujuan untuk mebatasi ruang gerak calo, mencegah kebocoran dan meningkatkan PAD. Samsat online merupakan hal yang dibutuhkan oleh masyarakat wajib pajak . penerapan samsat online memberikan manfaat dan kemudahan kepada masyarakat dan pemerintah daerah dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor yang tidak terikat domisili dan tempat tinggal.

SAMSAT payment point dan SAMSAT Delivery dikantor pos

Layanan lainnya yang bisa anda dapatkan dari SAMSAT On Line kini pembayaran pajak kendaraan bermotor  kian mudah dengan tersedianya jaringan SAMSAT payment point dan SAMSAT Delivery dikantor pos. Setiap kantor pos diseluruh Indonesia dapat menerima pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. Selain itu juga tersedia SAMSAT Delivery pos yaitu jasa antar jempun(pick up-delivery) berkas perpanjangan PKB atau STNK bagi mereka yang karena kesibukan tak sempat mengurus.

Masyarakat yang menginginkan layanan jemput antar dapat menownload aplikasi SAMSAT Delivery pada google playstore. Begitu melakukan order, pak pos akan langsung meluncur menjemput berkas dan mengurus seluruhnya hingga tuntas serta mengantarkan langsung kealamat wajib pajak. Besaran pajak yang harus dibayar dan biaya admin tercantum secara transparan pada aplikasi. Prosedur untuk melakukan order yaitu dengan menghubungi halopos 161 melalui telepon local atau 021-161 (melalui hanphone) menyampaikan maksut kepada petugas HALOPOS 161, yaitu untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor serta pengurusan pencetakan notis dan pengesahan melalui kantor pos.

Yang harus anda siapkan untuk pembayaran pajak aalah menyiapakan  STNK asli+KTP asli pemilik kendaraan+ surat kuasa (disiapkan oleh petugas kantor pos, anda tinggal menandatanganinya saja). Data pemilik kendaraan harus sama dengan KTP. Petugas pick up akan melakukan transaksi ditempat anda serta memberikan resi sebagai bukti transaksi pembayaran pajak dan layanan pick up. Petugas pos akan melakukan pengurusan pencatakan notis dan pengesahan melalui mesin embosser elektronik di kantor pos atau dikantor layanan samsat. Anda tinggal menunggu dirumah, paling cepat dua hari setelah transaksi kemudian dokumen yang telah diurus akan diantar kembali kepada anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: