Keuangan

Inilah 3 Tips Cerdas Mengatur Budget Hobi Suami, Agar Tidak Over Dosis!

Sebagai penyokong dana terbesar, maka wajar-wajar saja kalau istri memberikan kebebasan kepada suaminya untuk melakukan aktivitas kesukaannya. Selama aktivitas tersebut tidak menyimpang, semuanya pasti akan baik-baik saja. Akan tetapi, Anda perlu menoleh kepada budget yang akan dikeluarkan untuk menyalurkan hobi sang suami. Lalu, bagaimana cara menyiasatinya agar keuangan tetap terjaga dengan baik? Berikut 3 tips cerdas mengatur budget hobi suami yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan Anda.

  1. Mengetahui Hobi Sang Suami

Tips cerdas pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatur budget hobi suami adalah mengetahui hobi suami. Setiap laki-laki tentu memiliki hobi yang berbeda-beda mulai dari hobi gaming, piknik, otomotif, mengoleksi barang-barang antik, hingga hobi memelihara hewan. Sebelum Anda melarang suami untuk bereksperimen dengan hobinya, maka tanyakan terlebih dahulu mengenai hobi sang suami dengan jelas dan detail. Hal ini penting dilakukan, agar Anda dapat mengetahui seberapa mahalnya hobi suami tersebut. Sebagian hobi tidak selalu menghabiskan dana, namun ada juga hobi yang justru bisa menghasilkan uang. Melihat positifnya hobi tersebut, banyak suami yang kini berkarya dan menggeluti hobi yang dimilikinya guna untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Jika hobi suami Anda bisa menghasilkan uang, maka manfaatkanlah dengan sebaik mungkin untuk dijadikan sebagai penghasilan tambahan. Namun jika hobi sang suami tidak bisa menghasilkan uang, Anda tetap harus mendukungnya. Selagi hobi suami Anda positif, biarkan saja dan tetap dijalankan.

  1. Mencari Tahu Kisaran Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Hobi Suami

Selain mengetahui hobi suami, Anda juga harus mencari tahu berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk menyalurkan hobi suami tersebut. Karena, biasanya hobi erat kaitannya dengan masalah biaya. Selama biaya mencukupi, menjalankan hobi pun terasa nikmat dan menyenangkan. Namun yang namanya istri pasti akan sedikit keberatan, apalagi kalau harus mengeluarkan uang banyak demi menunjang hobi sang suami. Daripada Anda dan suami malah bertengkar karena masalah budget, sebaiknya cari tahu sendiri kisaran biayanya. Jika budget yang dibutuhkan terlalu besar dan tidak masuk akal, maka cobalah diskusikan dengan suami untuk mencari solusinya. Jika memang hobi suami Anda menyimpang terhadap keuangan, beranikanlah diri Anda untuk memberikan nasihat yang sudah sepantasnya dibicarakan. Setelah mengetahui kisaran harganya, selanjutnya catat juga setiap pengeluaran yang berhubungan dengan hobi suami. Selama dia bersenang-senang menjalankan hobinya, Anda bisa meminta setiap nota kepada suami dan mengumpulkannya. Jadilah istri yang cerdas dan bijak dalam mengatur keuangan, jangan sampai Anda terkesan menjadi terlalu pelit atau bahkan terlalu boros.

  1. Mempertimbangkan Penghasilan dengan Hobi

Secara tidak langsung, jumlah penghasilan akan mempengaruhi hobi seseorang. Contohnya, hobi seorang konglomerat tentu akan berbeda dengan hobi seseorang yang status ekonominya biasa saja. Seorang konglomerat biasanya mempunyai hobi yang high class seperti bermain golf, mengoleksi mobil-mobil mewah, mengoleksi barang-barang antik dan lain-lain. Berbeda dengan orang biasa yang memiliki hobi biasa-biasa saja, seperti kuliner atau traveling. Agar kondisi keuangan Anda tetap aman dan terjaga, maka coba susun anggaran biayanya selama satu bulan. Usahakan, anggaran ini terperinci dengan disertai jenis biayanya. Selanjutnya, bandingkanlah jumlah pemasukan dan pengeluaran yang terjadi selama satu bulan tersebut. Jika penghasilan Anda ternyata masih tersisa, maka gunakanlah sebagian dari penghasilan tersebut untuk menunjang hobi sang suami. Selebihnya, gunakan penghasilan tersebut untuk rencana keuangan lainnya. Nah, menjadi seorang istri tentu sangatlah tidak mudah bukan? Sebagai istri zaman now, Anda harus bijaksana dan teliti dalam mengelola keuangan. Dengan demikian, finansial keluarga Anda akan aman dan hobi suami pun terlaksana dengan baik.

Itu dia 3 tips cerdas mengatur budget hobi suami yang bisa di praktekkan ke dalam kehidupan Anda. Hobi memang akan memakan biaya yang cukup besar, namun dengan pengelolaan keuangan yang baik penghasilan pas-pasan pun akan tetap cukup mendanai hobi suami. Jika kondisi keuangan Anda menipis, mintalah suami untuk sedikit mengurangi hobinya tersebut. Dengan cara seperti ini, maka finansial keluarga Anda akan tetap terjaga. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top