Lainnya

Inilah 4 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan yang Jarang Dilakukan Pebisnis, Cari Tahu Yuk!

kepuasan-konsumen

Kepuasan pelanggan seharusnya memang menjadi hal yang diprioritaskan bagi setiap pengusaha. Sebab dari kepuasan pelanggan ini bisa membuat bisnis akan terus diminati dan laris manis. Sayangnya tidak semua pebisnis memiliki kemampuan untuk membuat konsumen atau pelanggannya puas. Selain karena salah strategi, beberapa hal yang membuat pebisnis gagal meningkatkan kepuasan konsumen adalah ketidaktahuan dan ketidakpahaman pada apa yang seharusnya dilakukan. Nah berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang jarang dilakukan para pengusaha.

  1. Meminta Feedback (Timbal Balik)

Hal pertama yang jarang dilakukan oleh pebisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah meminta feedback atau timbal balik. Memang kondisi di lapangan menunjukkan banyak pengusaha yang takut akan timbal balik (feedback) dari pembeli. Mereka takut dan khawatir bahwa feedback bisa membuat kredibilitas usahanya menurun. Padahal bila mereka tahu feedback sebenarnya merupakan sesuatu yang baik. Ini karena dari feedback bisa membuat pengusaha mengetahui apa yang salah dari bisnisnya. Ketika mengetahui apa yang salah dari bisnisnya, maka pengusaha bisa langsung bereaksi dengan melakukan pembenahan pada apa yang salah dan perlu diperbaiki. Saat bisnis sudah dilakukan pembenahan maka ke depannya bisnis akan menjadi lebih baik lagi untuk perkembangannya. Dan yang perlu diketahui pebisnis adalah bahwa feedback ini tidak melulu harus negatif, sebab bila ada pembeli yang puas terhadap bisnis Anda, maka feedback yang dapat Anda dapatkan adalah positif.

  1. Memberikan Hal atau Sesuatu yang Lebih

Berikutnya, hal yang sering dilupakan dan tidak dilakukan pengusaha untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah memberikan hal lebih dari bisnisnya. Untuk mendapatkan keuntungan yang cepat dan besar seringkali pebisnis terlalu fokus pada apa yang mereka inginkan. Mereka lupa bahwa bisnis yang menguntungkan itu haruslah berkelanjutan dan tidak sesaat. Nah ketika pengusaha terlalu fokus pada pencapaian bisnisnya dan melupakan  pelanggan maka hal ini bisa saja membuat kepuasan konsumen jadi terlupakan. Maka Anda sebagai pengusaha yang ingin bisnisnya berkelanjutan sudah seharusnya juga memperhatikan kegembiraan pelanggan. Salah satu cara untuk bisa membuat pelanggan bahagia berbelanja di tempat kita adalah dengan memberikan sesuatu yang lebih. Hal lebih ini dari bisnis sendiri wujudnya bisa bermacam-macam seperti pelayanan ekstra, garansi, gratis ongkir atau juga bentuk layanan customer service yang siap sedia 24 jam.

  1. Menerima Komplain

Salah satu hal yang sering membuat pengusaha kesal adalah komplain dari pembeli. Tak jarang memang komplain dari pembeli ini membuat pebisnis kesal, jengkel dan tak bisa habis pikir. Komplain dari pelanggan yang biasanya berwujud kritik ini memang terbilang sering membuat pebisnis pusing. Tapi bila Anda lantas tidak memperbolehkan pembeli Anda untuk komplain maka hal ini tentu membuat kredibitas bisnis Anda menurun. Akibat ini harus Anda diterima karena konsumen merasa tidak puas dengan bisnis Anda yang tertutup tidak mau dikomplain. Maka dari itu Anda yang sedang menjalankan bisnis, seharusnya tidak takut untuk dikomplain pembeli. Ini karena selain akan membuat pembeli puas, komplain dari konsumen bisa membuat Anda mendapatkan masukan penting terkait bisnis Anda yang perlu diperbaiki.

  1. Memberikan Bonus

Terakhir, cara meningkatkan kepuasan konsumen yang jarang dilakukan pebisnis adalah memberikan bonus. Bonus memang sesuatu yang akan sangat disukai konsumen karena mereka bisa mendapatkan hal lebih dari pembelian mereka. Namun bagi pengusaha, bonus yang diberikan konsumen merupakan sebuah pengorbanan. Ini karena saat memprogram bonus bagi konsumen, maka pebisnis harus mengeluarkan pengeluaran atau anggaran. Tapi demi keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang maka seorang pebisnis memang harus berkorban. Dan bentuk pengorbanan pebisnis ini bisa berwujud pemberian bonus kepada konsumen atau pelanggan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Wujud bonus yang bisa diberikan oleh pebisnis sendiri bisa berupa beragam seperti diskon, cashback, buy one get one dan layanan ongkir gratis serta lainnya.

Itulah beberapa cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang sering dilupakan dan jarang dilakukan pebisnis. Jika Anda mau menjadi pebisnis sejati maka memang ada beberapa hal lebih yang harus dilakukan. Anda sebagai pebisnis sejati tidak boleh melihat jangka pendek saja, tapi harus bisa melihat jangka panjang supaya semua hal yang Anda lakukan bisa dirasakan hasilnya di masa depan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top