Keuangan

Inilah 4 Solusi untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan dengan Cara Kekinian, Coba Yuk!

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan, Anda harus berusaha mendulang uang dengan memanfaatkan kreativitas yang Anda punya. Misalnya, disela-sela kegiatan harian Anda. Entah itu saat kuliah ataupun kerja, Anda bisa sambil mengerjakan hal lain yang berpotensi menghasilkan uang tambahan. Apalagi, kalau Anda pintar mengelola waktu yang Anda punya di tengah kesibukan tersebut. Nah, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Berikut 4 cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa Anda coba.

  1. Menjadi Pekerja Lepas atau Freelancer

Jika Anda memiliki keahlian, Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda tersebut untuk dijual sebagai jasa bagi perusahaan yang membutuhkan. Misalnya, Anda mempunyai keahlian di bidang desain grafis. Dari pada hanya dimanfaatkan untuk sekedar membuat meme-meme lucu, lebih baik Anda manfaatkan dengan menjadi freelancer desain grafis. Anda bisa menjual keahlian Anda di bidang desain grafis tersebut sebagai bentuk jasa kepada orang atau perusahaan yang membutuhkan. Anda tidak perlu khawatir dan susah payah mencari orang atau perusahaan yang membutuhkan jasa Anda. Karena, zaman sekarang ini sudah banyak sekali proyek-proyek freelancing di internet. Mulai dari fiverr, upwork atau projects.co.id. Setiap hari, pasti ada saja proyek baru yang bisa Anda lamar dari situs tersebut. Selain menjadi desain grafis, Anda juga bisa memanfaatkan keahlian lainnya yang Anda punya. Seperti menulis, virtual assistant, terjemahan, mengelola, menganalisa media sosial perusahaan dan lain sebagainya. Jadi, sembari Anda belajar meningkatkan keahlian ternyata Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

  1. Mencari Peruntungan dengan Cara Membangun Blog Sebagai Passive Income

Selain memiliki keahlian di bidang menulis yang disalurkan menjadi freelance writer, Anda juga bisa membuat blog sendiri untuk menyalurkan ide-ide tulisan Anda. Apalagi, jika Anda mempunyai keahlian khusus. Misalnya, Anda memiliki keahlian khusus di bidang pengembangan website berbasis WordPress. Dari sini, Anda bisa membagikan tips dan trik atau pun tutorial seputar topik tertentu. Biasanya, orang-orang yang sedang mencari informasi mengenai tips dan trik tertentu akan sangat tertarik untuk berkunjung ke blog dan membaca tulisan-tulisan Anda. Contohnya, jika Anda seorang mahasiswi kedokteran Anda bisa membagikan pengetahuan tentang ilmu medis lewat blog Anda. Selain membagikan apa yang Anda pahami, Anda juga bisa meraup keuntungan melalui iklan yang terpasang di blog Anda tersebut. Hal ini bisa Anda raih asalkan Anda rajin mengupdate blog Anda. Lambat laun, blog Anda pun bisa menjadi sumber passive income yang senantiasa akan membuat Anda terus mendapatkan penghasilan tambahan.

  1. Menjual Barang dengan Skema Reseller atau Dropshipping

Saat ini, banyak sekali jumlah supplier di berbagai jenis produk. Dari banyaknya jumlah supplier yang tersedia, Anda bisa memanfaatkan produk-produk yang mereka miliki. Caranya Anda beli produk tersebut, lalu Anda jual kembali dengan harga yang lebih besar sesuai dengan perhitungan keuntungan yang akan Anda miliki. Misalnya, Anda membeli produk olahraga dari supplier dengan harga normal Rp. 300.000 per item. Sebagai reseller, Anda jual kembali produk olahraga tersebut kepada konsumen yang akan membeli dengan harga Rp. 360.000 per item. Jika Anda lebih memilih menjadi dropshipping juga bisa, karena dengan menjadi dropshipping Anda tidak harus membeli produknya terlebih dahulu. Untuk menjualnya, Anda bisa melalui media sosial seperti facebook atau instagram. Selain itu, Anda juga bisa membangun toko online sendiri atau pun memanfaatkan online markerplace yang sudah banyak tersedia.

  1. Cobalah Berinvestasi Agar Uang yang Anda Miliki Bisa Bertambah Nilainya di Kemudian Hari

Banyak orang yang beranggapan bahwa berinvestasi itu beresiko dan membutuhkan modal besar. Namun, ternyata anggapan itu adalah salah. Zaman sekarang, investasi memiliki beragam pilihan instrument. Selain itu, ada risk tolerance yang bisa Anda kondisikan menurut pemahaman dan kondisi keuangan terhadap investasi yang Anda pilih. Anda juga bisa membuka rekening deposito, obligasi atau saham. Biasanya, investasi saham lah yang paling sering menarik perhatian untuk dicoba. Jika Anda memiliki dana yang lebih besar lagi, maka cobalah investasi emas dan properti yang keuntungannya sangat besar. Dari pada Anda membiarkan uang menjadi tidak menghasilkan atau malah habis digunakan untuk tujuan yang tidak penting, maka lebih baik investasikan saja agar nilainya bisa bertambah di kemudian hari. Sehingga, keuntungan dari hasil investasi bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

Nah, dari ke-4 daftar diatas adakah yang bisa Anda terapkan sekarang juga? Semoga berhasil!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: