Lainnya

Inilah 4 Hal yang Anda Butuhkan Ketika Anda Ingin Berkarir di Industri Digital

industri-digital

Saat ini di tengah pertumbuhan industri digital yang semakin pesat membuat pekerjaan dibidang ini semakin bertambah banyak. Tidak hanya jumlahnya yang banyak, tapi variasi pekerjaan dibidang digital ini juga semakin bertambah. Pertumbuhan industri digital ini memang begitu pesat dan massif. Dari sini maka siapa pun memang tidak akan pernah bisa mengelak dari pertumbuhan dan perkembangan dari industri digital. Efek dari perkembangan dan pertumbuhan industri digital sendiri bukan hanya membuat masyarakat jadi konsumen, tapi mereka juga bisa menjadi pelaku dalam industri digital itu sendiri. Selain menjadi owner bisnis, masyarakat juga bisa menjadi pelaku industri digital ini sebagai pekerja. Nah bila Anda adalah salah seorang yang tertarik menjalani karir sebagai pelaku di di industri digital baik iru sebagai owner atau pekerja, maka Anda membutuhkan beberapa hal di bawah ini untuk menyongsong kesuksesan.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Pertama, hal yang Anda butuhkan untuk menjalani karir di industri digital adalah kemampuan berbahasa asing. Dengan semakin hilangnya sekat-sekat dan batas negara karena efek globalisasi dan digitalisasi maka memang membuat Anda yang ingin terjun menjadi pelaku di industri digital harus mampu berbahasa asing. Berkaitan dengan hal ini, Anda tak perlu menguasai bahasa asing yang ada diseluruh dunia. Tapi Anda hanya perlu menguasai beberapa bahasa asing yang sudah mendunia saja seperti bahasa Inggris dan mandarin. Jika mau mengerucutkan lagi maka bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling harus Anda tingkatkan untuk menjalankan industri digital. Mengapa bahasa asing ini menjadi sesuatu yang penting untuk ditingkatkan saat ini? Sebab dengan bahasa asing maka Anda akan banyak peluang yang bisa Anda dapatkan untuk mengembangkan bisnis digital atau mendapatkan pekerjaan di industri digital.

  1. Kurikulum Pendidikan yang Lebih Relevan

Bidang industri yang begitu pesat memang membuat harus ada antisipasi secara menyeluruh. Tidak hanya dari sarana dan prasarananya, tapi basic atau dasar dari datangnya pengetahuan digital ini juga perlu dicermati. Sejauh ini pendidikan yang ada memang masih belum banyak memperhatikan aspek digital. Hal ini terlihat dari kurikulum pendidikan yang sudah tidak relevan dengan perkembangan zaman yang sudah berubah menjadi serba digital. Maka dari itu kurikulum pendidikan yang relevan dengan zaman yang serba digital ini memang sangat diperlukan untuk menghadapi era industri digital. Sebab dengan adanya kurikulum yang relevan maka industri digital akan diantisipasi dengan baik.

  1. Mengerti Tentang Jenjang Karier Di Industri Digital

Dalam industri digital yang memang sudah terkonsep seperti layaknya industri lain pastinya memiliki jenjang karir yang bisa dicapai para pekerjanya. Tapi memang dengan istilah baru yang ada pada industri digital ini membuat beberapa jabatan dibidang ini terasa asing bagi yang baru terjun. Namun demikian jenjang karir di Industri digital yang baru ini memang diperlukan agar siapa pun yang terjun di dalamnya bisa merasa tertantang dan merasa senang menjalankan profesinya di industri digital. Jenjang karir dalam industri digital ini memang sudah seharusnya ada, karena pertumbuhan dan perkembangan industri ini yang menuntutnya ada. Walau ada beberapa pekerja yang berkarir secara freelance dan remote (jarak jauh), tapi jenjang karir bagi mereka sudah seharusnya tetap diperhatikan.

  1. Menyediakan Wadah Transfer Ilmu

Terakhir, hal yang dibutuhkan industri digital adalah wadah transfer ilmu. Masih belum populernya dan juga belum meratanya keberadaan industri digital di Indonesia membuat transfer ilmu sangat dibutuhkan. Sebab dengan adanya transfer ilmu maka bidang digital ini akan lebih mudah dipahami oleh masyarakat. Dan bila bidang digital ini sudah banyak dipahami masyarakat maka akan banyak orang yang mau terjun dan menjadi bagian dari industri digital di Indonesia. Tidak hanya itu saja, dengan banyaknya masyarakat yang memahami seluk beluk industri digital maka hal ini akan membuat pertumbuhan dan perkembangan industri digital di Indonesia semakin baik.

Itulah beberapa hal yang dibutuhkan industri digital ketika sudah berkembang dan bertumbuh di suatu negara. Nah kita sebagai salah satu personal yang juga tak bisa mengelak dari pertumbuhan industri digital dan mungkin menjadi salah seorang yang terjun ke industri ini haruslah memahami beberapa hal yang dibutuhkan dalam penjelasan di atas.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top