Keuangan

Inilah 4 Kebiasaaan Sepele yang Dapat Membuat Anda Boros, Waspadai!

boros

Dalam menjalankan kehidupan ini tentu Anda harus bisa selalu bersikap bijak dalam hal apapun, termasuk dalam pengeluaran. Sebab bila Anda bersikap seenaknya dalam pengeluaran maka hidup Anda bisa saja menjadi berantankan. Jangankan bersikap sembrono, bahkan beberapa kebiasaan yang kita anggap sepele, juga bisa saja membuat kita terpuruk karena finansial yang kacau. Maka dari itu, Anda yang tidak ingin mengalami keterpurukan finansial, maka Anda harus bisa menghindari kebiasaan sepele yang membuat Anda boros. Tapi kebiasaan sepele seperti apa yang bisa membuat kita boros dan pada akhirnya menjadikan keadaan finansial kita berantakan? Berikut penjelasannya.

  1. Terlambat Membayar Tagihan

Kebiasaan sepele pertama yang bisa membuat Anda boros adalah selalu terlambat membayar tagihan. Bila Anda memiliki beberapa tagihan bulanan, tentu membayarnya menjadi kewajiban yang tak boleh diremehkan. Alih-alih meremehkan dan lantas membayarnya di waktu yang tidak tepat alias terlambat. Membayar tagihan yang jatuh tempo memang akan membuat Anda banyak merugi. Selain Anda akan kehilangan waktu, Anda juga akan kehilangan banyak uang ketika Anda terlambat membayar tagihan. Ini karena saat Anda terlambat membayar tagihan maka Anda akan dikenakan denda dan itu artinya ada uang lebih yang harus Anda bayarkan. Ketika Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar tagihan yang sering terlambat dibayar ini maka Anda pun akan menjadi boros.

  1. Membeli Secara Kredit

Anda yang memiliki kartu kredit atau sering membeli sesuatu secara kredit, usahakan hentikan mulai sekarang bila Anda ingin hidup hemat. Mengapa? Sebab pembelian atau pembayaran yang dilakukan secara kredit akan membuat Anda harus menanggung beban bunga. Beban bunga dalam transaksi secara kredit ini tentu akan membuat Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk pembayaran setiap bulannya. Apalagi bila Anda memiliki banyak tagihan kredit, tentu akan semakin besar beban bunga dan uang yang harus Anda keluarkan. Nah dari sinilah maka Anda yang seringkali terbiasa dengan membayar secara kredit, hal tersebut akan membawa Anda pada sikap boros. Dan apabila Anda tidak segera mengubah kebiasaan ini maka hal tersebut bisa mengancam keadaan finansial Anda.

  1. Berpergian Tanpa Tujuan atau Tanpa Perencanaan

Berikutnya, kebiasaan sepele yang bisa membuat Anda boros adalah bepergian tanpa tujuan dan tanpa perencanaan. Seperti halnya keuangan yang membutuhkan perencanaan, maka Anda yang bepergian tanpa perencanaan atau tujuan maka hal ini bisa membuat Anda mengeluarkan banyak uang. Jalan-jalan dan aktivitas yang menyertainya memang akan membutuhkan uang. Tapi bila Anda mau merencanakan kepergian Anda terlebih dahulu maka bisa jadi pengeluaran yang sembarangan bisa Anda hindari. Saat bepergian tanpa perencanaan maka ada banyak hal yang akan membuat Anda mengeluarkan banyak uang. Ini karena saat bepergian tanpa tujuan dan perencanaan, akan ada beberapa pengeluaran yang tak terduga yang bisa Anda dapati. Nah dari pengeluaran tak terduga inilah maka Anda akan bisa menjadi boros.

  1. Membeli Secara Mengecer

Terakhir, kebiasaan sepele yang bisa membuat Anda boros yakni membeli secara mengecer. Tentu barang yang dibeli secara mengecer, termasuk dalam hal ini pembelian barang dalam ukuran kecil, akan membuat Anda terkena harga ecer atau harga satuan yang mahal. Tapi bila Anda membeli barang secara banyak atau dalam ukuran besar, maka akan ada harga grosir lebih hemat yang bisa Anda dapatkan. Dengan membeli barang dalam jumlah banyak atau dalam ukuran besar, maka Anda juga bisa berkesempatan mendapat potongan harga atau diskon yang biasanya dihadirkan oleh pihak penjual. Nah dari sinilah Anda akan bisa lebih menghemat bila membiasakan diri untuk membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus atau dalam ukuran besar. Namun untuk yang satu ini Anda tentu harus memikirkan biaya yang lain untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang bisa membuat Anda menjadi boros dalam pengeluaran keuangan. Tentu sikap boros ini bukanlah kebiasaan yang baik. Sebab bila Anda terbiasa dengan perilaku boros, akan ada akibat buruk yaitu kesengsaraan hidup yang harus siap dhadapi. Kesengsaraan yang Anda pikul ini sendiri muncul karena finansial Anda yang berantakan dan kacau akibat perilaku boros.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top