Tips

Inilah 4 Prinsip Sukses Jalankan Bisnis dari Pengusaha dan Owner Inter Milan Erick Thohir

erick-thohir

Sukses berbisnis adalah harapan semua orang yang sedang menjalankan kegiatan wirausaha. Namun untuk bisa mencapai sukses dalam bisnis tentu tidak semudah dibayangkan. Perlu perjuangan ekstra keras dan banyak pengorbanan yang harus dilakukan. Seperti apa yang dilakukan pengusaha sukses Erick Thohir. Pengusaha yang merupakan pendiri Mahaka Group dan juga pemilik klub sepak bola Inter Milan ini memang memiliki segudang pengalaman bisnis yang mumpuni. Dari sini maka pria yang telah mensukseskan Asia Games ini sekarang telah menikmati hasilnya sebagai pengusaha sukses. Nah untuk Anda yang juga ingin meniru jejak sukses dari Erick Thohir, maka Anda bisa menerapkan beberapa prinsip sukses yang dimiliki pria berusia 48 tahun tersebut.

  1. Mulai Bisnis Dari Hal yang Anda Suka

Prinsip sukses berbisnis pertama dari Erick Thohir adalah memulai bisnis dari hal yang disukai. Tahukah Anda bahwa Erick Thohir adalah orang yang sangat menggemari olahraga. Maka dari itu kemudian pria kelahiran Jakarta ini membeli saham beberapa klub olahraga seperti Satria Muda, Philadelphia 76ers, DC United dan juga Inter Milan. Selain menyukai olahraga, Erick Thohir juga sangat menyukai bidang media massa. Dari kesukaannya inilah kemudian Erick menggeluti beberapa bisnis media massa yang terhimpun dalam Mahaka Media. Media yang tergabung dalam Mahaka Media ini antara lain Gen FM & Jak FM, ANTV, TV One, Jak tv, Harian Republika dan lain sebagainya.

  1. Pentingkan Visi dan Misi Bisnis, Uang Akan Mengikuti

Kebanyakan pengusaha selalu menjadikan profit bisnis sebagai tujuan utama. Tapi berbeda dengan Erick Thohir yang tidak terlalu mementingkan uang sebagai hasil usaha. Alih-alih memikirkan keuntungan, Erick lebih berfokus pada visi dan misi bisnis. Menurut suami dari Elizabeth Tjandra, visi dan misi bisnis adalah pondasi utama yang bisa mengantarkan usaha pada kesuksesan. Jadi jika Anda concern memperjuangkan visi dan misi bisnis, maka profit akan mendatangi Anda dengan sendirinya. Dari pentingnya visi dan misi usaha maka Erick Thohir kemudian menyarankan pada setiap pengusaha agar menghadirkan visi-misi yang hebat dan menginspirasi. Jangan lupa juga untuk memperjuangkan visi-misi tersebut dengan sungguh-sungguh.

  1. Ikuti Orang yang Menginspirasi Anda

Setiap pebisnis biasanya akan memiliki orang yang dianggap sebagai orang yang menginspirasi dalam hidup dan riwayat bisnisnya. Begitu pula dengan Erick Thohir, pria yang pada gelaran Asian Games ditunjuk sebagai ketua INASGOC ini juga memiliki orang-orang yang dianggap berjasa telah menginspirasinya. Beberapa orang yang dianggap telah menginspirasi Erick adalah orang tua, Jacob Oetama, Dahlan Iskan dan juga pemain basket Jerry West. Nah orang-orang yang menginspirasi ini oleh Erick akan selalu diikuti jejaknya. Karena mengikuti jejaknya, maka Erick kemudian bisa meraih sukses seperti orang-orang tersebut. Nah Anda yang juga ingin sukses berbisnis, disarankan oleh Erick untuk mengikuti jejak langkah dari orang-orang yang menginspirasi Anda.

  1. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Terakhir, prinsip sukses berbisnis dari Erick Thohir adalah tidak pernah berhenti belajar. Untuk sukses memang diperlukan sikap untuk terus-menerus belajar tanpa henti. Perkembangan bisnis yang dinamis dan terus berubah-ubah membuat seorang pengusaha dituntut untuk terus-menerus meng-update dirinya dengan pengetahuan. Bukti bahwa bisnis yang dinamis dan menuntut seorang pengusaha harus terus belajar adalah massifnya pertumbuhan dunia teknologi online. Bila pengusaha tidak mau belajar di era modernisasi seperti ini maka bisa dipastikan usahanya akan tergerus dengan perubahan zaman tersebut. Contoh sikap prinsip tidak kenal lelah belajar yang juga diterapkan oleh Erick Thohir adalah bagaimana kemudian ia mengelola event besar Asian Games yang belum pernah dilakoninya. Namun karena dirinya yang terus ingin belajar, maka Erick pun mengambil project Asian Games ini yang kemudian berlangsung dengan sukses.

Demikianlah beberapa prinsip sukses bisnis yang dimiliki oleh pengusaha Erick Thohir. Tentu beberapa prinsip bisnis dari Erick Thohir ini sangat layak untuk ditiru dan diaplikasikan oleh setiap pengusaha. Dengan menerapkan prinsip bisnis yang sudah telah terbukti kesuksesannya oleh Erick Thohir ini, maka Anda pun dengan bisnis yang dijalankan juga bisa berpeluang meraih kesuksesan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top