Tips

Inilah 4 Tahapan Sukses Bisnis Pakaian dari Modal Kecil Hingga Skala Besar

Bisnis fashion, khususnya bisnis pakaian adalah salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Karena, bisnis pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi manusia untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, peluang pasar dari bisnis pakaian juga sangat luas dan potensial untuk dimaksimalkan. Namun, tingginya persaingan dan minimnya modal menjadi masalah tersendiri bagi para pemula bisnis pakaian. Melihat permasalahan tersebut, kami akan memberikan gambaran tahapan untuk memulai bisnis pakaian dengan modal kecil untuk pemula hingga sukses besar. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

  1. Anda Bisa Mulai dengan Menjadi Reseller atau Dropshipper Pakaian

Beberapa point penting yang harus diperhatikan, saat menjadi reseller atau dropshipper yaitu :

  • Cari Supplier Produk

Pertama, pilihlah supplier terpercaya dan pro-aktif agar bisa diajak kerjasama. Namun, untuk mendapatkan supplier semacam ini memang gampang-gampang susah. Terkadang, ada supplier yang enak diajak kerjasama tapi barangnya kemahalan. Dalam keadaan seperti ini, Anda tidak perlu terburu-buru untuk memilih supplier produk. Hal terpenting, Anda jalani saja dulu dengan beberapa supplier. Dalam perjalanan tersebut, perlahan Anda akan menemukan supplier yang menurut Anda cocok. Dari sini, Anda bisa menentukan supplier yang tepat sebagai rekan bisnis Anda.

  • Jalin Hubungan Spesial dengan Supplier yang Sudah Anda Pilih

Setelah Anda menemukan supplier terbaik, maka jalinlah hubungan baik dengan supplier yang Anda pilih tersebut. Caranya, dengan sesering mungkin berkomunikasi dan membicarakan bisnis yang akan kalian bangun. Bicaralah tentang keinginan Anda, lalu utarakan sistem kerjasama yang ingin Anda jalin. Sehingga, supplier paham dan juga bisa mendapatkan sistem yang dapat menghasilkan solusi terbaik bagi bisnis keduanya. Hal ini, tentu sangat penting dilakukan dari awal. Supaya, supplier Anda lebih memperhatikan dan memahami kesungguhan Anda untuk menjalin kerjasama dengannya.

  • Berjualan dengan Ilmu

Jika masalah supply produk sudah beres, selanjutnya Anda harus fokus pada penjualan produk. Dengan keterbatasan modal yang Anda miliki, maka cara terbaik untuk menjual produk adalah melalui sistem online atau sistem dropship. Dengan menggunakan sistem dropship, ada keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Keuntungan yang pertama, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli produk. Keuntungan yang kedua, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat usaha. Untuk belajar teknik marketing online sendiri, Anda bisa belajar secara otodidak melalui bantuan googling. Dengan sistem dropship, Anda bisa lebih menghemat modal untuk keperluan yang lebih penting yaitu untuk keperluan investasi dalam promosi dan penjualan. Bahkan akan lebih baik, jika Anda berinvestasi lebih di bidang marketing ini. Nah, setelah Anda berhasil menguasai ilmu marketing online Anda sudah bisa mulai menjual produk fashion dan mengumpulkan keuntungan.

  1. Mempelajari Ilmu Pemasaran Offline

Setelah mempelajari ilmu pemasaran online, maka sekarang waktunya untuk mempelajari ilmu pemasaran offline. Yakni, ilmu manajemen persediaan barang. Proses dalam tahap ini pun terus berlanjut, sampai Anda bisa mengumpulkan banyak modal untuk mempersiapkan produk sendiri. Namun, sebelum memproduksi pakaian sendiri ada banyak hal yang harus Anda pelajari terlebih dahulu. Mulai dari bahan, proses produksi, hingga manajemen karyawan produksi.

  1. Mulai Memproduksi Pakaian Sendiri

Jika sudah mempelajari tentang bahan, produksi, hingga manajemen karyawan produksi. Inilah saatnya Anda untuk terjun ke tahap memproduksi pakaian sendiri. Dalam proses ini, memang akan cukup memakan banyak pikiran dan energi. Meskipun demikian, dalam proses ini Anda akan memiliki potensi keuntungan dan perkembangan yang lebih tinggi.

  1. Membangun Sistem Kemitraan

Sistem kemitraan merupakan cara terbaik untuk menjaga stabilitas produksi pakaian Anda, inilah tahap terakhir yang harus Anda jalankan. Anda bisa membuat sistem kemitraan pakaian dalam bentuk distributor, agen dan reseller. Masing-masing mempunyai fungsi tersendiri yaitu paket distributor untuk mitra yang bekerjasama dalam jumlah besar, paket agen untuk mitra dengan pembelian sedang dan paket reseller untuk pembelian dengan jumlah kecil. Dalam tahap ini, Anda juga harus mampu bekerja keras untuk membangun sistem kemitraan agar semua mitra dapat terlayani dengan baik.

Demikian uraian mengenai tips bisnis pakaian yang dimulai dengan modal kecil. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang akan memulai bisnis pakaian dengan modal kecil.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: