Lainnya

Inilah 5 Bidang Pekerjaan yang Harus Anda Ambil untuk Bekal Jadi Pengusaha Sukses

bidang-pekerjaan-untuk-jadi-pengusaha-sukses

Anda yang bercita-cita menjadi pengusaha sukses, maka seharusnya Anda menguasai beberapa ilmu dan wawasan. Untuk bisa mendapatkan beberapa ilmu dan wawasan yang akan mendukung impian Anda menjadi pengusaha ini bisa didapatkan dari beberapa cara. Cara pertama tentu Anda bisa mendapatkan ilmu entrepreneur ini dari bangku pendidikan. Cara kedua adalah dengan langsung menyelami ilmu bisnis ini secara langsung dari tempat bekerja di perusahaan. Memang tidak jarang beberapa pengusaha sukses yang ada, harus memulai impiannya dari menjadi pekerja atau karyawan terlebih dahulu. Dengan menjadi karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, maka selain akan mendapatkan penghasilan, seseorang juga bisa mendapatkan ilmu yang berharga. Tapi untuk bisa mendapatkan ilmu berharga dari tempat bekerja maka Anda harus memiliki hasrat untuk menyelami bisnis di perusahaan tersebut. Nah berikut ini beberapa bidang pekerjaan yang bisa menjadikan Anda memiliki bekal untuk menjadi pengusaha sukses.

  1. Ritel

Bidang pekerjaan pertama yang tepat untuk Anda jalani guna mendukung impian Anda menjadi pebisnis adalah ritel. Dunia ritel atau perdagangan memang menjadi sebuah medan usaha yang paling banyak menawarkan ilmu bisnis. Ini karena dalam dunia ritel Anda akan banyak berhadapan dengan banyak hal seperti konsumen, marketing, stok atau persediaan barang dan lainnya. Dengan banyaknya ilmu dan wawasan yang bisa didapatkan seseorang dari dunia ritel ini, maka Anda yang bekerja dibidang ini akan bisa memiliki dasar-dasar untuk memulai menjalankan usaha dan menjadi pebisnis yang sukses.

  1. Kuliner

Bidang lain yang banyak diminati konsumen dan membuat seseorang yang bekerja di dalamnya akan mendapatkan banyak ilmu bisnis adalah kuliner. Kuliner yang merupakan produk kebutuhan primer memang membuat banyak masyarakat akan membutuhkannya. Dari sinilah pangsa pasar bidang kuliner ini akan sangat besar. Nah Anda yang bekerja dibidang kuliner ini tentunya akan mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman bisnis. Beberapa wawasan dan pengalaman bisnis yang bisa Anda dapatkan saat bekerja di bidang kuliner ini antara lain bagaimana cara menarik konsumen, melayani konsumen dan juga cara mengatur keuangan yang baik dan benar.

  1. Marketing

Nah, Anda yang menyukai dan lebih tertarik dengan proses penjualan sebagai dasar untuk melangkah ke dunia entreprenur maka bidang marketing bisa menjadi tujuan Anda bekerja. Sesuai namanya, bidang pekerjaan marketing ini memang akan menawarkan banyak ilmu dan pengalaman dibidang penjualan kepada siapa pun yang menekuninya. Dari sini Anda yang mengambil bidang marketing sebagai tempat bekerja, maka akan banyak dasar-dasar penjualan yang baik untuk dikuasai dan diterapkan ke bisnis Anda nantinya ketika menjadi entrepreneur.

  1. Customer Service

Berikutnya, bidang pekerjaan yang akan memberikan Anda peluang untuk meraih impian sebagai pengusaha sukses adalah customer service. Dengan menjalani pekerjaan pada bidang ini maka Anda akan bisa memperoleh ilmu yang banyak tentang bagaimana menghadapi konsumen atau customer. Selain itu dengan bekerja dibidang customer service ini Anda juga akan mendapatkan ilmu tentang seni berkomunikasi yang baik dengan konsumen. Beberapa ilmu yang bisa didapatkan dari bidang pekerjaan ini tadi pastinya akan banyak membantu Anda ketika memutuskan menjadi pengusaha dan membuka bisnis sendiri.

  1. Manajemen

Terakhir, bidang pekerjaan yang akan mampu membuat Anda mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman saat menjadi pengusaha adalah manajemen. Dengan bekerja dibidang manajemen ini maka Anda akan bisa memperoleh ilmu, wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana cara mengelola perusahaan. Bidang manajemen sendiri terdiri dari beberapa macam seperti manajemen keuangan, manajemen karyawan (HRD) atau juga manajemen bisnis. Tentu ilmu yang bisa Anda peroleh tergantung dari bidang manajemen apa yang Anda ambil. Seperti bila Anda mengambil manajemen keuangan maka ilmu pengelolaan keuangan bisnis lah yang bisa Anda dapatkan.

Demikianlah beberapa bidang pekerjaan yang dapat membuat seseorang mendapatkan ilmu-ilmu dasar tentang bisnis. Nah Anda yang benar-benar ingin membuka bisnis dan menjadi pengusaha memang pemilihan bidang pekerjaan ini akan sangat berpengaruh. Bila Anda memilih bidang pekerjaan yang salah dan tidak sesuai, maka Anda akan mendapati kesulitan nantinya saat membuka usaha sendiri. Hal ini  dikarenakan Anda tidak mendapatkan dasar-dasar bisnis yang kuat dalam bidang entrepreneur yang penuh dengan tantangan dan lika-liku.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top