Bisnis Online

Inilah 5 Bisnis Jasa Transportasi Online yang Praktis Bagi Masyarakat Indonesia

Tingginya tingkat kemacetan saat ini menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan masyarakat perkotaan menggunakan layanan jasa transportasi online. Jasa transportasi online dipilih karena memang banyak sekali keuntungannya. Salah satu keuntungan yang bisa diraih oleh para pengguna layanan jasa transportasi online tersebut adalah bisa menghemat waktu tempuh. Selain itu mereka juga bisa menghemat uang karena banyak sekali promo yang ditawarkan. Transportasi online pun sekarang telah menjadi sebuah pilihan agar bisa pergi ke suatu tempat dengan cepat dan praktis. Dengan semakin diminatinya transportasi online oleh masyarakat maka banyak para pelaku bisnis yang kemudian tertarik membuka jasa transportasi online. Berikut beberapa bisnis layanan jasa transportasi online yang telah ada dan muncul di Indonesia.

  1. Go-Jek

Jasa transportasi online pertama adalah Go-Jek. Perusahaan ojek online yang bernama PT Go-Jek Indonesia ini pertama kali didirikan sejak tahun 2010 di Jakarta. Saat ini, CEO dijabat oleh seorang pemuda Indonesia jebolan Hardvard Business School yakni universitas Hardvard, Amerika Serikat. Ada banyak layanan yang ditawarkan oleh perusahaan jasa transportasi online Go-Jek. Salah satunya yaitu menawarkan layanan jasa transportasi ojek, layanan kurir dan layanan kirim barang atau makanan dengan menggunakan tarif sesuai kilometer yang dituju. Sejauh ini, perusahaan ojek online Go-Jek sudah memiliki mitra pengendara ojek sekitar 10.000 orang. Semua mitra pengendara ojek tersebut tersebar di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya dan Makassar.

  1. Grab

Selanjutnya, jasa transportasi online bernama Grab. Jika Go-Jek hanya menggunakan layanan transportasi ojek, maka Grab menggunakan layanan yang lebih komplit yakni transportasi pemesanan taxi dan juga ojek berbasis aplikasi online. Dalam operasinya sendiri, Grab telah menggandeng beberapa mitra sopir dan taxi yang sudah lama beroperasi di Jakarta dan sekitarnya hingga kemudian menghadirkan GrabTaxi. Saat ini, GrabTaxi juga telah hadir di beberapa kota besar yakni Jakarta, Surabaya dan Padang. Selain Grabtaxi, GrabBike juga menjadi salah satu layanan ojek online yang disediakan oleh Grab. Dalam operasinya, GrabBike memiliki sistem yang sama seperti Go-Jek yaitu pemesanan ojek melalui aplikasi online. Ada keuntungan yang bisa diraih oleh pelaku bisnis GrabBike, di sini menggunakan bagi hasil keuntungan untuk pengendara ojek yaitu sebesar 90 % dan 10 % untuk perusahaan GrabBike sendiri.

  1. Uber

Layanan transportasi online yang bernama Uber ini berdiri sejak tahun 2009 dan berpusat di San Francisco, Amerika Serikat. Sama seperti layanan transportasi online lainnya, Uber juga berfungsi sebagai akses transportasi berbasis online yang menggunakan sebuah aplikasi khusus. Anda bisa mengunduhnya di aplikasi Play Store, Windows dan IOS. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, barulah Anda bisa menggunakan layanan transportasi online yang bernama Uber ini.

  1. Blue-Jek

Layanan transportasi online berikutnya adalah Blue-Jek. Nama Blue-Jek diambil dari kata ‘’blusukan’’ dan ‘’ojek’’. Aplikasi Blue-Jek ini resmi diluncurkan pada 17 september 2015 di Jakarta. Meskipun Blue-Jek terbilang bisnis yang sangat baru, namun bisnis transportasi Blue-Jek ini sudah memiliki 1000 pengendara ojek yang tersebar di beberapa kota besar seperti Bandung, Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

  1. Bangjek

Terakhir, layanan transportasi online yang praktis dan murah adalah jasa transportasi bernama Bangjek. Layanan jasa transportasi online bernama Bangjek ini didirikan oleh Andri Harsil. Jika Anda menggunakan layanan ini sebagai jasa transportasi, maka Anda bisa sampai ke tempat tujuan dengan membayar tarif sebesar Rp. 4000 untuk km pertama dan tarif Rp. 3,4 per meter selanjutnya. Selain harga tarifnya yang murah, ada keuntungan lain yang juga bisa Anda raih sebagai pengguna layanan jasa transportasi online Bangjek. Keuntungannya yaitu bisa menikmati wifi gratis, disediakan plastik pelindung rambut, jas hujan dan kotak penyimpanan.

Itulah 5 bisnis jasa transportasi online yang praktis dan murah. Untuk Anda yang ingin menjadi pengendara di salah satu jasa transportasi online tersebut, maka segera daftarkan diri Anda dengan mengikuti syarat-syarat yang ditentukan oleh masing-masing perusahaan jasa transportasi online.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: