Tips

Inilah 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Akan Membuka Toko Onderdil Sepeda Motor

buka-toko-onderdil-sepeda-motor

Keberadaan sepeda motor yang semakin tahun semakin bertambah jumlahnya menjadikan peluang usaha dibidang otomotif memperoleh dampak yang menguntungkan. Salah satu usaha dibidang otomotif yang bisa Anda jalankan adalah membuka toko onderdil. Seiring penggunaan, sepeda motor memang akan mengalami aus, terutama pada beberapa komponenya. Nah saat ada beberapa komponen sepeda motor yang mengalami aus maka dibutuhkan komponen atau onderdil penggantinya. Onderdil atau suku cadang sepeda motor memang akan selalu dibutuhkan selama ada penggunaan sepeda motor oleh masyarakat. Tapi supaya toko onderdil yang Anda buka dapat meraih sukses maka ada beberapa hal perlu Anda perhatikan. Berikut ulasannya.

  1. Besarnya Modal

Pertama, hal yang perlu diperhatikan saat akan membuka toko onderdil sepeda motor adalah besaran modal. Untuk membuka toko onderdil sepeda motor memang membutuhkan modal yang tak sedikit. Meski hanya onderdil sepeda motor tapi harga beberapa produk untuk suku cadang ini terbilang besar. Mahalnya harga onderdil ini disebabkan oleh banyaknya suku cadang yang berasal dari luar negeri sehingga harus diimpor. Selain itu Anda yang harus membeli aneka onderdil dengan jumlah banyak untuk semua jenis pabrikan sepeda motor membuat modal besar pastinya dibutuhkan. Jadi Anda yang berencana akan membuka toko onderdil sepeda motor harus mempersiapkan modal yang besar. Tapi bila Anda hanya memiliki modal yang terbatas maka solusinya Anda bisa menjadi sales freelance (penjual lepas) dengan jalinan kemitraan dengan distributor.

  1. Tempat atau Lokasi Usaha

Berikutnya, hal yang perlu diperhatikan saat akan membuka toko onderdil sepeda motor adalah tempat atau lokasi usaha. Supaya sukses, Anda memang tidak bisa sembarangan menempatkan lokasi usaha toko onderdil Anda di sebarang tempat. Hal ini karena sepinya pembeli akan membuat usaha Anda sulit berkembang. Nah agar toko onderdil Anda cepat bertumbuh maka Anda harus mencari lokasi yang strategis dan ramai dilewati orang. Semakin strategis dan ramai lokasi toko onderdil sepeda motor Anda maka akan semakin cepat berkembang. Jangan lupa juga untuk menyediakan lahan atau halaman parkir yang luas untuk para customer yang datang membeli.

  1. Karyawan

Untuk melayani customer yang bisa datang dalam jumlah banyak, toko onderdil sepeda motor Anda membutuhkan karyawan. Dengan adanya karyawan maka Anda akan dibantu dimudahkan untuk mencari onderdil yang sesuai dengan keinginan pembeli. Pencarian onderdil yang tepat memang tidak bisa mudah. Sebab Anda harus mencari digudang dan mencocokkan onderdil yang dibutuhkan pembeli. Dari sini maka dengan adanya karyawan akan ada pelayanan yang maksimal yang membuat toko Anda makin disukai masyarakat. Namun untuk mendapatkan karyawan yang tepat untuk toko onderdil motor, Anda harus mencari orang yang punya pengetahuan tentang seluk beluk sepeda motor dan onderdilnya. Sebab, bukan tidak mungkin ada beberapa pembeli yang akan bertanya-tanya beberapa hal berkaitan dengan solusi untuk sepeda motornya. Nah dengan merekrut karyawan yang memiliki pengetahuan mendalam tantang sepeda motor dan onderdil, maka usaha Anda akan semakin digemari masyarakat.

  1. Layanan

Dengan semakin sengitnya persaingan dalam bisnis onderdil memang membuat Anda harus kreatif. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi persaingan ini adalah dengan menghadirkan layanan tertentu. Contoh layanan di toko onderdil yang bisa Anda hadirkan adalah bengkel untuk pemasangan onderdil. Dengan adanya bengkel di toko onderdil Anda maka customer yang sedang terburu-buru atau tak punya kemampuan memasang, akan dimudahkan untuk pemasangan onderdil. Layanan lain yang bisa Anda coba yakni layanan delivery atau antar kirim pesanan onderdil.

  1. Limbah Onderdil

Terakhir, sesuatu yang perlu Anda perhatikan saat membuka toko onderdil sepeda motor adalah permasalahan limbah. Seperti bisnis lain, bisnis toko onderdil sepeda motor Anda juga akan menciptakan limbah. Nah Anda harus memikirkan mau dikemanakan limbah ini? Tentu Anda tidak boleh merusak ligkungan dengan membuang limbah onderdil secara sembarangan. Anda harus memikirkan bagaimana imbah onderdil tersebut tidak merusak dan mengganggu lingkungan. Akan lebih baik lagi bila Anda mampu membuat limbah oderdil ini untuk didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top