Keuangan

Inilah 5 Kesalahan dalam Berinvestasi yang Sering Dilakukan, Waspadai!

 

kesalahan-investasi

Investasi adalah hal yang banyak menjadi pilihan seseorang untuk mengamankan sekaligus untuk menyehatkan keuangan di masa depan. Dengan banyaknya investasi yang bisa dipilih membuat Anda semakin berkesempatan untuk berinvestasi. Sayangnya, tidak sedikit orang yang melakukan kesalahan ketika melakukan investasi. Tentu saat seseorang melakukan kesalahan dalam berinvestasi, maka akan ada dampak negatif berupa kerugian yang harus ditanggung. Maka dari itu Anda yang ingin menjalankan investasi dengan baik mau tak mau Anda harus sebisa mungkin menghindari beberapa kesalahan dalam berinvestasi. Nah berikut ini adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari saat berinvestasi.

  1. Gagal Menilai Risiko dengan Benar

Kesalahan pertama yang perlu diwaspadai saat akan berinvestasi adalah kegagalan menilai risiko. Setiap investasi memang memiliki risikonya tersendiri. Nah karena ada risiko maka Anda sebagai investor memang diharuskan benar-benar cermat untuk menilai seluk-beluk dibalik investasi. Tidak hanya bagaimana prospek invetasi saja, tapi sebelum berinvestasi Anda juga harus memahami dengan baik risikonya. Dalam dunia invetasi, pemahaman terhadap risiko ini disebut manajemen risiko. Manajemen risiko memang menjadi hal yang penting dipahami dan dikuasai setiap orang yang akan melakukan investasi. Sebab dengan manajemen risiko yang baik maka Anda bisa terhindar dari kerugian dan kegagalan.

  1. Hanya Melihat Peluang Keuntungan

Dalam beberapa investasi yang ada memang Anda bisa saja mendapatkan keuntungan besar dalam waktu sesaat. Mencermati keuntungan dalam investasi memang merupakan hal-hal yang wajar saja. Namun bila Anda terbuai hanya pada keuntungan saja, maka bisa jadi investasi kurang optimal. Pasalnya, investasi yang paling baik adalah investasi yang menguntungkan, minim risiko dan juga memiliki prospek jangka panjang. Nah hal-hal selain keuntungan inilah yang harus juga diperhatikan oleh setiap orang yang akan berinvestasi. Sayangnya banyak orang yang melakukan kesalahan saat berinvestasi karena hanya melihat satu sisi yakni keuntungan saja.

  1. Menunggu Waktu yang Tepat

Dalam beberapa jenis investasi, momentum atau waktu yang tepat memang dapat menjadi sebuah hal penting. Ini dikarenakan saat berinvestasi pada waktu yang tepat maka akan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Namun untuk segera mengamankan uang dan aset Anda, menunggu waktu yang tepat tentu bukanlah pilihan yang terlalu baik. Ini karena ada banyak kesempatan dan peluang bagus yang bisa diperoleh dalam investasi secara keseluruhan tanpa harus menunggu waktu tepat. Jika Anda hanya menunggu waktu berinvestasi yang tepat maka bukan tidak mungkin Anda melewatkan banyak hal dalam jangka waktu menunggu yang lama tersebut.

  1. Tidak Melakukan Diversifikasi Portofolio

Kesalahan berikutnya yang harus diwaspadai saat akan melakukan investasi adalah tidak melakukan diversifikasi portofolio. Diversifikasi portofolio ini maksudnya adalah dengan memperbanyak jenis investasi yang diambil. Menempatkan seluruh uang dan aset hanya pada satu investasi memang bukan pilihan yang tepat. Pasalnya, ada risiko besar jika kemudian investasi Anda gagal. Tapi bila Anda berinvestasi pada beberapa hal, maka Anda bisa menghindari risiko gagal total pada kegiatan investasi. Sebab, bila disatu bidang investasi Anda kurang beruntung, Anda masih memiliki beberapa investasi lain yang mampu menghasilkan keuntungan.

  1. Tidak Memahami Investasi Anda Sendiri

Terakhir, hal yang seringkali membuat seseorang salah dalam berinvestasi yakni tidak memahami invetasi yang dilakukan. Berinvestasi memang memerlukan kesadaran diri. Sayangnya dalam beberapa kasus di lapangan, banyak masyarakat yang berinvestasi karena saran atau dorongan oleh orang lain. Mereka tidak punya inisiatif atau keinginan dari diri sendiri untuk berinvestasi. Nah ketika mereka menjalankan invetasi tanpa kesadaran diri maka hal ini seringkali membuat seseorang lantas kurang peduli dengan investasinya. Yang penting mereka bisa mendapatkan untung seperti apa yang dijelaskan orang lain. Nah berinvestasi tanpa kesadaran dan pemahaman memang bukanlah hal yang baik. Karena Anda tidak punya modal untuk mengerti prospek dan peluangnya secara lebih gamblang.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang saat melakukan investasi. Tentu beberapa kesalahan dalam berinvestasi tadi harus Anda hindari. Sebab, dengan menghindari beberapa kesalahan tadi maka Anda akan bisa mendapatkan apa yang diinginkan dalam investasi tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top