StartUp dan UKM

Inilah 5 Kesalahan Fatal dalam Pemasaran Bisnis yang Sering Terjadi, Waspadai!

kesalahan-pemasaran-bisnis

Pemasaran atau marketing adalah sesuatu yang pokok dalam bisnis dan harus dilakukan. Dengan menjalankan marketing maka peluang mendapatkan pasar atau konsumen akan semakin terbuka lebar dan bisnis jadi semakin bertumbuh. Tapi sayangnya tidak semua pemasaran yang dijalankan pebisnis ini berhasil secara optimal. Dari adanya kesalahan-kesalahan yang dilakukan, membuat pemasaran tersebut bernilai nihil atau tidak menghasilkan apa-apa. Bahkan bila pemasaran yang dilakukan ini dijalankan dengan kesalahan fatal, dapat membuat bisnis jadi mengalami kerugian dan keterpurukan. Karena besarnya risiko yang ada, maka Anda yang ingin menjalankan pemasaran bisnis harus mewaspadai beberapa kesalahan fatal berikut ini.

  1. Kesalahan dalam Memilih Target Pasar (Targeting)

Pertama, kesalahan fatal saat menjalankan pemasaran bisnis adalah salah menentukan atau memilih target. Target pasar memang sangatlah penting untuk dicermati. Pasalnya, dari taget pasar ini Anda akan membidik orang-orang untuk membeli barang atau jasa dari bisnis yang Anda jalankan. Kebanyakan kesalahan terbesar yang dilakukan pebisnis adalah tidak jelas mentarget pasar yang dibidik. Dari sini maka saat menjalankan pemasaran, pebisnis tidak fokus dan tidak optimal saat melakukannya. Ketika pebisnis tidak fokus dalam membidik target pasar, maka yang akan terjadi adalah kerugian karena telah mengeluarkan dana yang besar untuk pemasaran yang tidak tertarget. Maka dari itu untuk menghindari kesalahan pertama dalam pemasaran ini adalah Anda harus menentukan target pasar yang benar-benar tepat untuk bisnis Anda. Dengan target pasar yang tepat saat dibidik maka pemasaran Anda akan menghasilkan sesuatu yang maksimal.

  1. Perspektif Pasar yang Salah (Segmentasi)

Berikutnya, kesalahan yang juga sering terjadi dalam pemasaran bisnis adalah persektif yang salah atau sering disebut kesalahan segmentasi. Dalam menentukan target pasar, pebisnis memang harus menentukan segmentasinya. Segementasi ini seperti sebuah pengelompokan atau penggolongan konsumen berdasarkan kategori tertentu seperti jenis kelamin, usia, penghasilan dan aktivitas sehari-harinya. Nah untuk mendapatkan segmentasi yang tepat ini memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Anda harus melakukan riset dengan serius agar bisa mendapatkan target pasar dengan segmentasi yang tepat.

  1. Kesalahan dalam Positioning

Sebelum benar-benar melakukan pemasaran, pebisnis memang diharuskan mengetahui posisi atau positioning bisnisnya. Positioning sendiri adalah kegiatan pebisnis atau marketer untuk menjadikan produk bisnisnya memiliki citra dan nilai yang positif di masyarakat. Semakin baik positioning produk bisnis di masyarakat maka akan semakin baik nantinya pemasaran yang akan dijalankan. Untuk bisa mengetahui positioning produk bisnis ini Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Dari riset ini Anda harus bisa mengetahui apa nilai yang muncul dari produk Anda di masyarakat. Nah kemudian dari data yang ada barulah Anda bisa menentukan apa yang seharusnya dilakukan dalam pemasaran bisnis.

  1. Kesalahan dalam Menetapkan Harga Berdasarkan Cost, Bukan Value

Kebanyakan bisnis berada dalam posisi stagnan karena ketidakpercayaan mereka untuk membentuk harga yang pantas pada produknya. Mereka menganggap bahwa konsumen akan selalu berpatokan produk pada harga. Padahal tidak semua konsumen seperti ini. Karena tidak sedikit juga konsumen yang pembeliannya beracuan pada value atau nilai. Nah dari sinilah saat akan menjalankan pemasaran, jangan sampai Anda terlalu memikirkan harga. Sebab bila produk Anda memiliki nilai atau value yang baik di masyarakat maka tak ada salahnya bila Anda meningkatkan banderol.

  1. Kesalahan dalam Promosi

Terakhir, kesalahan fatal yang sering dilakukan pengusaha saat menjalankan pemasaran adalah salah promosi. Kebanyakan iklan promosi yang ada saat ini memang terlalu mengawang dan tidak membumi. Hal ini berakibat iklan promosi pada akhirnya sulit dipahami oleh masyarakat dan target pasar. Masalah lain yang sering muncul dalam promosi iklan adalah terlalu over promise. Maka dari itu saat membuat iklan promosi pastikan Anda tidak membuatnya mengawang, down to earth (membumi) serta tidak over promise. Pastikan juga Anda menyesuaikan iklan Anda dengan hal kreatif serta sesuai dengan target pasar.

Demikianlah beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan pengusaha dalam pemasaran bisnis. Nah Anda yang ingin menjadi seorang pengusaha sukses maka menghindari kesalahan-kesalahan yang ada di atas adalah hal yang mutlak dilakukan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top