Lainnya

Inilah 5 Penyebab yang Bisa Membuat Anda Sulit Kreatif Saat Bekerja

tidak-kreatif-saat-bekerja

Saat ini kreativitas memang menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi setiap perusahaan. Ini karena dengan kreativitas maka perusahaan bisa melakukan terobosan untuk bisa menumbuhkan bisnisnya dengan lebih baik lagi. Dengan semakin besarnya tingkat persaingan diberbagai bidang memang membuat setiap orang harus menghadirkan kreativitas. Tidak hanya para pebisnis, tapi seorang pekerja pun harus memiliki kreativitas untuk bisa meningkatkan karirnya. Sayangnya, tidak setiap saat ketika bekerja, seseorang bisa menghadirkan kreativitas. Sebab, ada beberapa penyebab yang ternyata dapat membuat mereka merasa terbatas saat akan menghadirkan kreativitasnya. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat membuat pekerja merasa terbatas ketika akan menghadirkan kreativitas.

  1. Rutinitas Kerja yang Membosankan

Pertama, penyebab yang bisa membuat pekerja terbatas ketika menghadirkan kreativitas adalah rutinitas kerja yang membosankan. Bekerja dengan hal itu-itu saja setiap harinya memang akan menciptakan kebosanan. Dan tenyata dalam kebosanan dan kejenuhan ini bisa membuat kreativitas jadi menurun. Untuk memunculkan kreativitas memang dibutuhkan suasana yang selalu baru dan mungkin beberapa tantangan. Tapi bila Anda bekerja setiap hari dengan rutinitas yang sama maka akan muncul kebosanan dan kreativitas pun akan terhenti. Maka supaya kreativitas Anda tidak mati begitu saja maka Anda harus bisa bekerja dengan rutinitas yang berbeda disetiap waktunya. Agendakan saja dalam waktu-waktu tertentu bila memang Anda tidak bisa membuat rutin kegiatan sehari-hari untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda dalam pekerjaan. Dengan bekerja denga rutinitas yang berbeda-beda maka pekerjaan Anda tidak akan lagi membosankan dan kreativitas Anda akan terus terasah.

  1. Stress Karena Ada Masalah

Masalah memang akan selalu ada dalam setiap kehidupan. Jadi sebenarnya masalah ini adalah sesuatu yang wajar. Tapi masalah bisa menjadi sesuatu yang berbahaya jika kemudian membuat seseorang menjadi stress. Stress memang sesuatu yang perlu dihindari karena bisa membuat segalanya jadi berantakan. Saat stress semua bisa tidak terkendali, termasuk solusi jadi tidak tercipta. Tidak hanya solusi, saat stress kreativitas pun jadi mati dan tidak muncul. Maka dari itu pekerja yang sering mengalami stress biasanya akan sulit untuk mengerjakan sesuatu dengan cara kreatif. Alih-alih mengerjakan pekerjaan dengan cara kreatif, stress bisa membuat mereka kacau dan tak karuan.

  1. Berpikir pada Umumnya

Sesuatu yang bersifat umum memang menjadi hal yang biasa-biasa saja. Sebab, hal yang umum sudah sering orang lihat dan rasakan. Maka dari itu Anda yang terbiasa bekerja dengan berpikir sesuatu yang umum bisanya akan sulit untuk menghadirkan kreativitas. Sebab kreativitas ini hanya muncul pada orang-orang yang selalu berpikir berbeda secara out of the box. Berpikir secara out of the box memang menjadi cara untuk otak bekerja keras berpikir kreatif menghasilkan sesuatu yang berbeda dan lain dari pada yang lain. Maka dari itu Anda yang merasa sulit menghadirkan kreativitas dalam bekerja maka Anda harus melatih berpikir out of the box.

  1. Kurangnya Wawasan

Kreativitas memang membutuhkan sebuah pengetahuan dan wawasan yang luas. Sebab untuk bisa berpikir out of the box yang berbeda dengan lainnya maka Anda membutuhkan banyak informasi dan wawasan. Nah, para pekerja yang memiliki wawasan yang kurang memang akan sulit untuk bekerja kreatif. Pasalnya, ia akan sulit untuk melakukan terobosan dan menghadirkan ide yang unik dan berbeda. Maka dari itu bila ingin menjadi pekerja yang selalu kreatif maka Anda harus rajin menambah wawasan dan juga pengetahuan. Untuk bisa menambah wawasan sendiri ada banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti membaca buku, melakukan riset atau penelitian atau juga banyak bergaul atau berpetualang.

  1. Takut akan Pendapat Orang

Terakhir, penyebab seorang pekerja sulit untuk menghadirkan kreativitas adalah takut dengan pendapat orang. Seseorang yang sulit untuk menerima pendapat orang lain memang akan sulit untuk berkembang dan kreatif. Padahal dengan sering mendengarkan pendapat orang lain maka Anda akan bisa mendapatkan banyak wawasan dan informasi. Nah dari banyaknya wawasan inilah maka Anda pun bisa menghadirkan ide-ide kreatif saat bekerja. Tapi sayangnya tidak sedikit pekerja yang mau merespon pendapat orang lain. Mereka beranggapan bahwa hanya pendapatnya lah yang benar. Dari sinilah kemudian mereka menjadi pekerja yang kurang kreatif.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top