Keuangan

Inilah 5 Pos Pengeluaran yang Harus Anda Siapkan Jelang Lebaran

pos-pengeluaran-lebaran

Menjelang lebaran memang seringkali membuat Anda perlu mempersiapkan segala kebutuhan. Banyaknya hal yang diperlukan dan dibutuhkan ketika lebaran memang membuat Anda mau tak mau harus mengeluarkan uang yang lebih dari biasanya. Sebagai seorang yang bijak tentu Anda harus mempersiapkan segala kebutuhan yang akan muncul pada saat lebaran tiba. Sebab dengan persiapan inilah Anda akan bisa tetap mempertahankan kondsi finansial tetap sehat. Persiapan untuk lebaran sendiri harus Anda lakukan sejak jauh-jauh hari. Semakin jauh persiapan yang Anda lakukan maka akan semakin baik untuk lebaran yang akan Anda sambut. Nah berikut ini adalah beberapa pos pengeluaran yang memang perlu Anda siapkan saat jelang lebaran tersebut.

  1. Pos Pengeluaran untuk Baju Lebaran

Pos pengeluaran pertama yang harus Anda siapkan jelang lebaran adalah pengeluaran untuk baju lebaran. Baju lebaran memang sudah menjadi tradisi dalam merayakan lebaran. Karena begitu menjadi tradisi maka Anda pun pasti harus mempersiapkannya sejak awal. Pastikan Anda membeli baju lebaran untuk kebutuhan keluarga ini dengan bijak pada waktu yang tepat. Pasalnya ada momen-momen tertentu yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Pasalnya di momen-momen tertentu itulah banyak pusat perbelanjaan yang menghadirkan harga promo. Entah itu dalam bentuk diskon, cashback atau hadiah, pastinya promo yang dihadirkan akan menguntungkan Anda.

  1. Pos Pengeluaran untuk Kue Lebaran

Berikutnya, pos pengeluaran yang perlu Anda siapkan jelang lebaran adalah untuk kebutuhan kue-kue lebaran. Untuk menyambut tamu yang datang ke rumah Anda memang akan tepat bila Anda menyuguhkan kue. Dan dalam tradisi di Indonesia, kue lebaran yang disajikan di setiap rumah memang telah menjadi hal yang lumrah. Maka dari itu Anda yang akan menyambut lebaran sudah seharusnya menyiapkan kebutuhan untuk kue lebaran. Agar Anda bisa menghadirkan kue lebaran yang tepat dan hemat maka Anda bisa merencanakannya dengan beberapa strategi. Selain membeli pada masa promo, strategi lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kue lebaran dengan tepat dan hemat adalah dengan membuatnya sendiri.

  1. Pos Pengeluaran untuk Liburan

Entah itu Anda melakukan mudik ke kampung halaman atau tidak, tak jarang orang kemudian melakukan liburan di tempat di mana mereka berlebaran. Sebab dengan berlibur maka perayaan lebaran mereka akan jadi jauh lebih berkesan mendalam. Maka dari itu Anda yang selalu mengagendakan liburan pada masa lebaran pastikan Anda untuk merencanakan dengan cermat. Pastikan Anda sudah membooking tempat penginapan sejak jauh-jauh hari. Sebab dengan membooking tempat penginapan untuk liburan jauh-jauh hari maka Anda pun akan bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Sebaliknya bila Anda mendadak melakukan booking tempat penginapan jelang hari-H, maka tarif yang mahal harus bersiap Anda keluarkan.

  1. Pos Pengeluaran untuk Pemberian THR

THR atau Tunjangan Hari Raya memang sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang saat lebaran. Tidak hanya oleh Anda yang menjadi karyawan, tapi THR ini juga sangat diharapkan oleh anak, adik dan juga keponakan dalam keluarga besar Anda. Dari sinilah dalam menyambut hari raya idul fitri maka Anda harus mempersiapkan kebutuhan untuk pos pengeluaran THR tersebut. Agar tidak membuat keuangan Anda jebol, pastikan Anda untuk bijak dalam pengeluaran THR tersebut. Pastikan saja pengeluaran ini hanya terfokus atau diprioritaskan pada anggota keluarga besar saja. Untuk besaran THR sendiri Anda bisa menentukan bagaimana pasnya.

  1. Pos Pengeluaran untuk Mudik

Untuk merayakan lebaran tak jarang ada beberapa orang yang melakukan mudik ke kampung halaman. Nah saat Anda juga merencanakan hal yang sama untuk mudik ke kampung halaman maka Anda harus juga melakukan persiapan. Kenapa harus melakukan persiapan untuk mudik? Sebab ketika melakukan mudik tidak sedikit dana yang bisa saja dikeluarkan. Nah untuk membuat keuangan Anda tetap sehat dalam memenuhi pos pengeluaran untuk mudik ini maka Anda harus bisa cermat. Salah satu hal cermat yang bisa Anda jalankan untuk pos pengeluaran mudik ini adalah dengan membeli tiket mudik jauh-jauh hari. Sebab Anda yang membeli tiket mudik jauh-jauh hari akan bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top