Keuangan

Inilah 5 Sikap Bijak yang Bisa Anda Lakukan Saat Dollar Naik untuk Membuat Keadaan Finansial Tetap Sehat

sikap_bijak_dollar_naik

Saat ini dollar memang terpantu sedang merajai beberapa mata uang di negara lain termasuk di Indonesia dengan rupiahnya. Menguatnya dollar terhadap rupiah sendiri memang bisa berdampak pada perekonomian negara dan masing-masing individu. Contoh gejolak yang bisa ditimbulkan dari naiknya dollar ini adalah naiknya harga barang-barang karena pengaruh inflasi yang juga mengalami peningkatan. Kita sebagai individu tentu tak ingin keadaan ini terus-menerus terjadi. Selagi pemerintah berusaha menekan pergerakan kurs dollar, kita sebagai individu masyarakat juga bisa melakukan sesuatu untuk menghidari efek buruk dari naiknya dollar ini. Nah, untuk bisa membuat keadaan finanasial kita tetap aman saat terjadi kenaikan dollar, maka kita bisa bersikap bijak dengan melakukan beberapa tindakan berikut ini.

  1. Hindari Belanja Barang Impor

Sikap bijak pertama yang bisa kita lakukan sebagai individu untuk membuat keadaan finansial tetap sehat ketika dollar naik adalah menghindari belanja barang-barang impor. Jadi sebelum Anda akan berbelanja, coba telusuri apakah barang yang akan Anda beli berasal dari luar negeri atau bukan? Jika barang tersebut berasal dari luar negeri maka Anda pastikan Anda menahan keinginan Anda berbelaja. Mengapa harus menghindari berbelanja  barang-barang dari luar negeri? Sebab, ketika dollar naik maka produk-produk yang didatangkan dari luar negeri dengan cara impor ini juga akan ikut naik. Bila kenaikan dollar ini begitu signifikan maka produk-produk impor dari luar negeri ini juga akan naik signifikan. Barang-barang impor dari luar negeri yang biasanya naik tajam saat dollar naik adalah produk-produk elektronik seperti gadget, laptop, TV dan lainnya. Jadi supaya keadaan finansial Anda tetap aman dan sehat saat terjadi kenaikan dollar maka Anda harus menghindari belanja impor. Solusinya, beralihlah untuk belanja produk-produk dalam negeri yang harganya jauh lebih murah.

  1. Tunda Rencana Liburan Ke Luar Negeri

Berikutnya, sikap bijak untuk membuat keadaan finansial tetap sehat meski dollar sedang naik adalah menunda rencana liburan ke luar negeri. Dalam bulan-bulan dimana dollar sedang naik signifikan memang akan membuat perjalanan ke luar negeri ini menjadi semakin mahal. Hal ini dikarenakan ketika Anda akan berangkat liburan ke luar negeri, Anda harus menukarkan rupiah Anda dengan dollar yang harganya sedang tinggi. Dari sinilah maka untuk satu dollar yang biasanya Anda dapatkan dengan harga lebih murah maka saat dollar naik, Anda harus menebusnya dengan rupiah yang lebih besar. Itu untuk satu dollar, bagaimana bila Anda menukarkan 1000 dollar? Tentu akan makin mahal harga dollar yang harus Anda beli. Maka dari itu Anda yang ingin membuat keadaan finansial tetap sehat cobalah untuk menahan rencana liburan ke luar negeri.

  1. Berinvestasi

Anda yang ingin menjadikan uang lebih berfaedah, maka cobalah untuk berinvestasi. Walau rupiah nilainya sedang turun, investasi masih mumpuni untuk dilakukan. Menurut beberapa pakar, beberapa investasi masih sangat layak dijalankan meski keadaan perekonomian negara masih tidak stabil karena efek naiknya dollar. Beberapa investasi yang mumpuni untuk Anda jalankan saat dollar naik adalah emas, properti, saham, dan reksa dana. Dengan melakukan invetasi, Anda akan menyimpan masa depan yang gemilang di masa depan. Pasalnya ketika pengaruh kenaikan dollar ini terus terjadi, maka nantinya investasi Anda akan sangat membantu untuk mendapatkan finansial yang menguntungkan.

  1. Jangan Simpan Dollar

Terakhir, cara bijak yang harus Anda lakukan ketika dollar menguat atas rupiah agar keadaan finansial tidak jeblok adalah dengan menukarkan dollar. Anda sebagai warga negara yang baik memang wajib ikut membantu negara agar keadaan ini cepat berakhir. Cara membatu negara paling efektif untuk membuat rupiah kembali menguat adalah dengan tidak menyimpan dollar. Alih-alih menyimpan dollar, Anda harus menjual dollar dan menukarkannya dengan rupiah. Dengan cara ini maka bukan hanya negara yang terselamatkan, tapi keadaan finansial individu, termasuk Anda juga terselamatkan.

Itulah beberapa sikap yang bijak untuk Anda lakukan ketika nilai mata uang dollar sedang naik. Dengan melakukan beberapa sikap di atas maka Anda akan membuat keadaan finansial Anda menjadi tetap aman dan sehat. Tentu supaya keadaan menjadi lebih aman, pemerintah harus memastikan dan berusaha untuk membuat rupiah kembali menguat terhadap dollar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top